ADVERTISEMENT

Ini Tanda Seseorang Punya Tingkat Kecemasan Tinggi, Ada di Kamu?

Erika Dyah - wolipop Jumat, 28 Okt 2022 14:46 WIB
Ilustrasi Orang Cemas Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kecemasan menjadi salah satu gangguan kesehatan mental yang paling umum terjadi. Apalagi sebagian besar orang sulit untuk menyembunyikan gejala tersebut apabila tingkat kecemasannya tinggi.

Rasa cemas tentu akan memberikan dampak negatif pada produktivitas seseorang. Pasalnya sejumlah kasus ditemukan seseorang yang memiliki tingkat kecemasan tinggi cenderung tidak fokus dengan apa yang dikerjakan. Hasilnya pekerjaan pun tidak bisa maksimal karena rasa cemas tersebut.

Nah, dilansir dari Rose Hill Center, berikut adalah ciri-ciri seseorang memiliki rasa kecemasan berlebih. Yuk simak.

1. Kerap Berpikir Berlebihan

Berpikir secara berlebihan atau overthinking merupakan salah satu ciri seseorang mengalami rasa cemas berlebih. Sejumlah penelitian menyebutkan 73% orang berusia 25 hingga 35 tahun terlalu berpikir secara kronis serta kerap dialami oleh perempuan.

Overthinking terjadi biasanya disebabkan karena seseorang kerap merasa takut kalau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Faktor lainnya karena seseorang cenderung berpikir soal masa lalu sehingga tidak fokus dalam menghadapi masa depan.

Untuk mengurangi overthinking seseorang bisa memulai dengan membiasakan diri bermeditasi. Cara ini tergolong mudah dilakukan karena seseorang akan diajak untuk berlatih pada fokus lainnya. Sehingga overthinking yang melanda bisa dialihkan untuk hal-hal lainnya.

2. Merasa Takut Gagal

Takut gagal merupakan hal wajar yang kerap dirasakan oleh seseorang. Apalagi jika seseorang sedang melakukan hal baru.

Meskipun hal tersebut tergolong wajar, akan tetapi jika perasaan takut gagal selalu dirasakan maka hal tersebut merupakan gejala seseorang merasakan kecemasan berlebih.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan mengurangi hal tersebut, salah satunya dengan membangun rasa percaya diri yang besar dan mempersiapkan segala sesuai dengan teliti.

Sebagai contoh, saat sedang akan melakukan presentasi, agar rasa takut gagal tidak menghantui, seseorang harus mempersiapkan berbagai bahan yang diperlukan saat presentasi. Materi yang bakal dipresentasikan pun harus dikuasai dengan sepenuhnya agar setiap pertanyaan yang diberikan bisa dijawab dengan sempurna.

3. Kelelahan

Ketika seseorang mengalami kelelahan maka kerap dibarengi dengan rasa cemas berlebih. Imbasnya dalam menjalankan sesuatu hal menjadi tidak fokus.

Oleh karena itu, ketika sedang merasa lelah sebaiknya segera beristirahat. Dengan begitu maka pikiran akan lebih rileks dan fokus kembali terjaga. Serta usahakan saat beristirahat jangan melakukan kegiatan yang menguras tenaga karena hal tersebut tidak akan menghilangkan rasa lelah yang dialami.

4. Kesulitan Mengekspresikan Emosi

Alexithymia merupakan kondisi mental yang berkaitan dengan kesulitan dalam mengekspresikan emosi. Meskipun hal tersebut bukan merupakan hal bagian dari gangguan mental.

Biasanya hal tersebut disebabkan karena seseorang sulit mengidentifikasi perasaan, emosi, dan mengalami kecemasan. Imbasnya memiliki keterbatasan untuk mengkomunikasikan perasaan kepada orang lain.

5. Cenderung Memikirkan Kesalahan Masa Lalu

Sebenarnya memikirkan kesalahan masa lalu tidak ada salahnya asalkan jangan dilakukan secara berlebih. Sebab hal tersebut merupakan bagian untuk mengintrospeksi diri.

Namun jika memikirkan kesalahan masa lalu secara berlebihan, maka hal itulah yang merupakan ciri-ciri seorang mengalami rasa cemas berlebih. Ketika hal tersebut melanda sebaiknya alihkan pikiran dengan realitas yang dihadapi di masa sekarang.

Sebagai contoh ketika seseorang mengalami peristiwa yang tidak diinginkan seperti tertipu karena keteledoran atau kurangnya memproteksi diri. Maka salah satu cara yang bisa dilakukan agar hal tersebut tidak terulang yakni dengan memberikan proteksi kepada diri sendiri.

Sama hal dengan dengan DANA, dompet digital ini mampu memberikan proteksi agar setiap penggunanya bisa Bebas Cemas, salah satunya dengan memberikan layanan Garansi 100% Uang Kembali.

DANA Bebas CemasFoto: DANA

Melalui layanan tersebut para pengguna tidak perlu khawatir lagi kalau saat bertransaksi mengalami gangguan. Pasalnya, uangnya akan dikembalikan dengan syarat dan ketentuan berlaku yang infonya bisa kamu cek di sini.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk download dan gunakan dompet digital DANA.

(fhs/ega)