ADVERTISEMENT

10 Makanan Penyebab Jerawat Menurut Dokter, Pisang Termasuk!

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 25 Okt 2022 11:32 WIB
Ilustrasi Skincare Jerawat Makanan Penyebab Jerawat. Foto: Dok. iStock

Jakarta -

Jerawat ternyata bisa dipicu dari makanan. Ada beberapa makanan penyebab jerawat yang sebaiknya kamu hindari, terutama jika termasuk tipe kulit sensitif.

Faktor lingkungan dan genetika mungkin bekontribusi pada jerawat. Namun ragam makanan penyebab jerawat juga bisa memperburuk kondisi kulitmu.

Yuk hindari makanan penyebab jerawat untuk menjaga kesehatan kulit. Tak melulu soal junk food, susu pun bisa menjadi salah satu penyebab jerawat.

Berikut deretan makanan penyebab jerawat yang sebaiknya kamu jauhi, seperti dilansir dari Byrdie:

Japanese woman drinking milkMakanan dan minuman penyebab jerawat. Foto: thinkstock

1. Susu skim

Menurut Bobby Buka, MD, JD, dokter kulit New York dan CEO The Dermatology Specialists, susu skim dapat memperburuk jerawat. Susu ini sering dicampur dengan kopi agar cita rasanya lebih lezat.

"Ini mengandung hormon pertumbuhan sapi yang larut dalam lemak. Karena tidak ada lemak dalam susu skim, mereka tidak larut. Hormon-hormon itu, yang tertinggal di dalam tubuh, dapat menyebabkan jerawat," ujar Bobby.

Jennifer MacGregor, MD, sekaligus dokter kulit bersertifikat yang berspesialisasi dalam operasi laser dan prosedur dermatologis di Union Square Laser Dermatology, merekomendasikan lebih baik pilih susu almond atau oat.

2. Pasta

Resep Spaghetti Tuna Cabe KeringMakanan Penyebab Jerawat. Foto: iStock

Menurut MacGregor, setiap makanan olahan, tepung putih, gula, atau berbasis biji-bijian (pasta, roti putih, jus, atau soda) adalah makanan yang tinggi pada indeks glikemik dan melepaskan gula ke dalam aliran darah sehingga menjadi makanan penyebab jerawat.

"Ini mendatangkan malapetaka pada tubuh kita, menyebabkan kerusakan kulit (dan kerusakan sistem tubuh lainnya), memicu peradangan, dan memperburuk jerawat, rosacea, serta gangguan kulit lainnya," ujar MacGregor.

3. Makanan penutup yang manis

Kafe dessert ala KoreaMakanan penyebab jerawat. Foto: Instagram

Makanan penutup atau dessert termasuk makanan penyebab jerawat. Tidak hanya kue-kue yang tinggi kalori dan rendah nilai gizi tapi menurut sebuah penelitian, mengonsumsi makanan yang kaya lemak dan gula ternyata berkorelasi positif dengan jerawat.

4. Pisang

Makanan yang mendapat skor tinggi pada grafik indeks glikemik Harvard juga tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan jerawat. Pisang termasuk salah satunya, mencetak skor 62 (skor glikemik tertinggi adalah 100).

Menikmati smoothies pisang setiap pagi? Jangan menyalahkan diri sendiri jika menjadi makanan penyebab jerawat.

Ada manfaat kesehatan untuk makan pisang (terutama pagi hari), tapi jika sedang berjerawat mungkin jauhi pisang sementara. Pisang dapat berkontribusi pada jerawatmu.

5. Kopi tertentu

Jangan memesan orange mocha frappuccino jika tak mau memperburuk kondisi kulit berjerawat.

"Kafein, gula, dan karbohidrat olahan menyebabkan lonjakan kortisol dalam tubuh. Kortisol adalah hormon stres dan itulah yang dilepaskan tubuh saat stres. Lonjakan ini dapat menyebabkan tubuh memproduksi minyak secara berlebihan yang mengakibatkan berjerawat," papar Shani Darden, seorang ahli kecantikan selebriti.

(eny/eny)
Adu Perspektif
×
Geger Capres Rambut Putih Keriput
Geger Capres Rambut Putih Keriput Selengkapnya