8 Makanan yang Menyebabkan Jerawat, Perlu Dihindari Agar Wajah Mulus

Lukita Wardhani - wolipop Jumat, 21 Jan 2022 14:30 WIB
Artis pejuang jerawat Ilustrasi makanan yang menyebabkan jerawat. Foto: Getty Images/iStockphoto/happy_lark
Jakarta -

Jerawat bukan hanya disebabkan karena kamu malas membersihkan wajah. Asupan kamu sehari-hari pun mempengaruhi munculnya jerawat di wajah. Apa saja makanan yang menyebabkan jerawat?

Kenapa menjaga makan bisa membantu kamu memiliki wajah mulus? Karena ternyata makanan yang kamu konsumsi juga berpengaruh untuk kesehatan kulit wajah. Pada beberapa orang, makanan yang mengandung susu atau tinggi lemak dapat memicu timbulnya jerawat.

Berikut daftar makanan yang menyebabkan jerawat:

1. Gula

Gula yang dimaksud di sini bukan hanya gula pasir atau halus yang kamu konsumsi di rumah. Melainkan dalam bentuk lainnya seperti soda, jus kemasan, madu, dan minuman kemasan lainnya yang mengandung karbohidrat olahan. Kandungan karbohidrat olahan ini dapat diserap dengan cepat ke dalam aliran darah sehingga meningkatkan kadar gula kamu. Peningkatan kadar insulin juga mendorong kelebihan gula ke dalam sel kamu yang pada gilirannya menyebabkan jerawat.

2. Produk Susu

Sebuah penelitian yang dilakukan pada remaja menunjukkan bahwa mengonsumsi susu rendah lemak dan susu skim menyebabkan peningkatan jerawat. Namun, hubungan antara susu dan jerawat masih belum jelas. Jika kamu melihat jerawat pasca konsumsi susu, yang terbaik adalah menghindari produk susu.

3. Makanan Cepat Saji

Burger dan kentang goreng termasuk makanan yang menyebabkan jerawat. Mereka yang mengonsumsi makanan cepat saji dalam jumlah tinggi diketahui lebih cepat mengalami jerawat. Namun, hubungan antara makanan cepat saji dan bahan apa yang sebenarnya menyebabkan jerawat belum ada riset yang pasti.

Yang pasti diketahui adalah burger dan kentang goreng atau makanan cepat saji lainnya mengandung indeks glikemik tinggi. Hal ini lah yang menjadi penyebab jerawat. Dalam sebuah riset yang dilakukan di Amerika Serikat terhadap 2.258 pasien yang melakukan diet mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah ditemukan bahwa 87% dari mereka jerawatnya berkurang.

4. Cokelat

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada pria, ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 100% kakao tanpa pemanis mengalami peningkatan jerawat yang signifikan. Studi menyimpulkan bahwa makan cokelat (yang biasanya mengandung susu - produk susu dan gula) membuat sistem kekebalan tubuh bereaksi kuat terhadap bakteri penyebab jerawat.

5. Makanan Berminyak

Makanan yang digoreng atau makanan seperti bacon dan burger yang memiliki banyak lemak, juga memiliki lemak ekstra di dalam dagingnya. Kelebihan minyak dan lemak dapat menyebabkan jerawat.

6. Biji-bijian Halus

Biji-bijian olahan atau tepung putih halus biasanya ditemukan dalam roti, pasta, sereal, dan bihun. Ini memiliki indeks glikemik tinggi dan meningkatkan kadar gula darah. Insulin membuat hormon androgen lebih aktif, menyebabkan pertumbuhan sel lebih cepat dan produksi sebum yang menyebabkan jerawat.

7. Makanan yang Mengandung Lemak Omega-6

Makanan yang mengandung lemak Omega-6 seperti mentega dan mayonaise dapat meningkatkan risiko jerawat. Kandungan omega-6 pada makanan memiliki sifat pro-inflamasi yang dapat memperburuk jerawat. Jika kamu ingin wajah lebih mulus, perbanyak makanan yang diperkaya lemak omega-3 baik karena dapat menurunkan risiko terkena jerawat.

8. Daging

Beberapa orang memiliki jerawat yang cukup besar dan berwarna merah tua. Dan jerawat jenis tersebut juga muncul di sepanjang garis rahang dan leher, selain pipi. Makanan yang menyebabkan jerawat pada orang tersebut adalah karena konsumsi daging merah dan ayam. Kenapa makan daging dan ayam bisa menyebabkan jerawat?

Seperti dikutip dari verywellhealth, tubuh manusia mengandung protein kompleks yang disebut mammalian target of rapamycin complex 1 (mTORC1). mTORC1 bertanggungjawab pada pertumbuhan sel sehat. Beberapa peneliti mengatakan mTORC1 menentukan akan munculnya jerawat. Dan mTORC1 ini akan aktif ketika mendapat konsumsi nutrisi amino acids seperti leucine. Daging dan ayam termasuk makanan yang tinggi kandungan leucine.



Simak Video "Digelar Besok, Akad Nikah Ketua MK dan Adik Jokowi Dihadiri 200 Tamu"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)