ADVERTISEMENT

Teknik Pernapasan untuk Melepaskan Emosi Dalam Diri Agar Mental Sehat

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 23 Okt 2022 16:00 WIB
Nabila Gasani sebagai Hypnoteraphist & Human Designer Reader menjelaskan proses hipnoterapi. Foto: Gresnia/Wolipop.
Jakarta -

Kesehatan mental di masa sekarang ini menjadi permasalahan yang kerap ditemui. Salah satu cara menjaga kesehatan mental bisa dengan melepaskan energi negatif dalam tubuh. Seperti apa?

Melalui acara dXpertise Going to The Extra Mile of Yourself, Nabila Gasani Hypnotherapist Human Design Reader Energy Balancing Therapist berbagi tips cara melepaskan energi negatif dalam tubuh. Menurutnya ada tiga langkah yang bisa dilakukan yaitu: Terima, Jujur dan Lepaskan.

Pertama kamu harus mengakui atau menerima perasaan yang ada dalam diri. Apakah kamu sedang merasa sedih, marah, kecewa atau apapun itu.

Nabila mengibaratkan perasaan tersebut seperti sedang membawa sebuah ransel. Cobalah menaruh ransel tersebut artinya kamu menaruh beban yang ada di dalam diri.

Saat kamu sudah menyadari bahwa ada perasaan tersebut di dalam diri, putuskan mau di bawa ke mana perasaan tersebut. Apakah kemarahan, kesedihan atau kekecewaan tersebut akan terus kamu bawa atau dilepaskan.

Melepaskan perasaan sedih, marah atau kecewa di dalam diri, menurut Nabila, biasanya dilakukan seseorang dengan berteriak, menangis atau bahkan membanting barang. Sebenarnya ada cara mudah dan lebih positif dalam melepaskan perasaan tersebut yaitu dengan bernafas.

Bagaimana teknik pernafasan yang baik untuk melepaskan energi atau perasaan marah, sedih hingga kecewa yang ada di dalam tubuh? Berikut penjelasan Nabila Gasani:

1. Rasakan di tubuh di mana kamu merasa tidak nyaman. Rasa itu tersimpan di tubuh. Seringkali adanya di dada atau kepala, tapi bisa juga di bagian tubuh lainnya.

2. Kemudian nafas yang panjang, keluarkan atau alirkan melalui mulut secara perlahan.

3. Lakukan sambil tersenyum. Lepaskan emosi atau perasaan tersebut dengan tersenyum penuh cinta kasih.



Simak Video "3 Tips Menjaga Kesehatan Mental Menurut WHO"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)
dMentor
×
Awas! Gelombang Ganas PHK
Awas! Gelombang Ganas PHK Selengkapnya