Teknik Pernapasan 4-7-8 yang Diklaim Bisa Bantu Terlelap dalam 60 Detik

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 24 Sep 2019 21:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Sulit tidur di malam hari bisa mengganggu kesehatan dan aktivitas. Banyak orang mengatasinya dengan ramuan herbal hingga obat. Sebuah trik mudah tidur cepat pun diungkap oleh seorang dokter kini cukup viral di dunia maya. Dinamakan teknik pernapasan 4-7-8, dikatakan jika metode itu bisa membantu orang terlelap dalam waktu 60 detik saja.

Adalah Dr. Andrew Weil yang mengajarkan sebuah teknik pernapasan untuk meredakan rasa stres dan cemas sekaligus membantu tidur. Tak hanya itu, metode tersebut dilaporkan juga bisa menekan amarah dan keinginan untuk ngemil. Cara tersebut memang membutuhkan beberapa kali latihan agar terbiasa melakukan. Namun menurut Dr. Andrew, ini patut dicoba karena bisa menjadi cara termudah untuk menenangkan diri.

"Semakin banyak studi mengungkap bahwa pernapasan yang dalam dan sadar, kadang dinamakan 'pernapasan diapragmatis' dalam riset literatur bisa bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental," jelas Dr. Andrew Weil.

Dikatakan jika belakangan semakin banyak orang yang sulit tidur karena gangguan kecemasan padahal sebenarnya tubuh sudah kelelahan. Hal tersebut bisa membuat mereka sulit untuk menjalani aktivitas dengan baik di keseharian sehingga perlu diatasi segera. Dr. Andrew Weil menawarkan solusinya dengan lima langkah berikut ini.

1. Buang napas melalui mulut sampai terdengar suara.
2. Tutup mulut dan tarik napas pelan-pelan melalui hidung selama empat detik.
3. Tahan napas hingga hitungan ke-tujuh.
4. Buang napas melalui mulut sampai terdengar suara hingga hitungan ke-delapan.
5. Ulangi proses-proses di atas hingga tiga kali lagi.

Dr. Andrew Weil mengaku telah mengajarkan hal ini kepada banyak orang yang kemudian merasakan hasilnya. Tak hanya tidur jadi lebih cepat dan berkualitas, sejumlah orang mengaku juga merasakan perubahan pada cara mereka bernapas.

Di Tumblr, banyak orang yang memberikan testimoni mengenai teknik pernapasan 4-7-8. Beberapa mengungkap sukses bisa tidur cepat tapi tak sedikit pula yang mengaku klaimnya berlebihan.

"Aku menggunakan teknik ini setahun dan aku bisa mengatakan ini mentransformasi tidurku secara efisien dari beberapa jam kesulitan tidur menjadi terlelap dalam beberapa menit saja," tulis santagivemeapony.
"Aku sudah melakukannya tiga kali dan hampir langsung terlelap. Itu sukses," kata the-half-american-reject.
"60 detik adalah pernyataan yang berlebihan untuk kebanyakan orang tapi itu bisa benar-benar membantu untuk kecemasan dan tidur lebih cepat," tulis quinnception.

Simak Video "Tradisi Nimung Rame, Bentuk Syukur Masyarakat di Pulau Sumbawa "
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)