ADVERTISEMENT

Ini Penyebab Jerawat di Punggung, Hormon Hingga Stres

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 18 Okt 2022 10:32 WIB
Penyebab Jerawat di Punggung Penyebab Jerawat di Punggung. Foto: Getty Images/iStockphoto/Voyagerix

Jakarta -

Jerawat dapat muncul di bagian tubuh mana pun, termasuk punggung. Apa penyebab jerawat di punggung? Di bawah ini ada penjelasan tentang penyebab jerawat di punggung dan cara mengatasinya.

Jerawat punggung menyebabkan jerawat yang muncul sebagai benjolan merah, whiteheads atau komedo. Jerawat punggung bisa mengakibatkan tidak sedap dipandang, mengganggu dan menyakitkan.

Jerawat terjadi ketika minyak, kotoran, sel kulit mati dan bakteri menyumbat pori-pori kulit. Jerawat punggung biasanya terjadi ketika keringat terperangkap di bawah kemeja atau baju olahraga. Pakaian bergesekan dengan kulit yang berkeringat, yang menyebabkan jerawat atau memperburuknya.

Apa penyebab jerawat di punggung?

Ada banyak alasan orang mendapatkan jerawat, jadi penting untuk mengetahui mengapa dan bagaimana jerawat terbentuk. Untuk jerawat punggung penyebabnya adalah akumulasi sel kulit mati dan minyak.

"Jerawat punggung adalah hasil dari akumulasi sel kulit mati dan minyak [sebum] di dalam pori-pori di kulit, dikombinasikan dengan pertumbuhan berlebih dari bakteri kulit yang umum, Cutibacterium acnes, yang memicu respons peradangan," kata Kara Shah, MD. Dermatology di Cincinnati seperti dikutip dari Everyday Health.

Berikut ini beberapa penyebab jerawat di punggung yang perlu diketahui:

1. Genetika

Masalah jerawat bisa terjadi dalam keluargamu. Termasuk jerawat punggung yang disebabkan oleh faktor bawaan atau keturunan. Jika ada salah satu anggota keluargamu mengalami jerawat punggung, kemungkinan kamu pun dapat mengalaminya.

2. Obat-obatan

Jerawat dapat berkembang sebagai efek samping dari beberapa obat seperti antidepresan tertentu. Jika kamu mengalami jerawat punggung, cek apakah obat-obatan yang sedang dikonsumsi menjadi penyebabnya.

(eny/eny)