7 Cara Mengatasi Jerawat di Punggung yang Ampuh

Lusiana Mustinda - wolipop Jumat, 21 Feb 2020 05:33 WIB
Health problem, skin diseases. Young woman showing her itchy back with allergy rash urticaria symptoms Jerawat di punggung. Foto: iStock
Jakarta -

Jerawat tidak hanya muncul di area wajah. Beberapa orang juga mengalami jerawat di punggung. Salah satu pemicunya adalah keringat, hormon dan stres.

Jerawat di punggung juga bisa diakibatkan oleh penumpukan sel kulit mati. Tumpukan sel kulit mati yang bercampur dengan sebum dan bakteri dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat di punggung.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat di Punggung?

1. Eksfoliasi Punggung

Seperti wajah, tubuh bagian atas dan punggung seseorang memiliki lebih banyak kelenjar sebaceous (penghasil minyak) daripada area tubuh lainnya yang berarti ia menghasilkan lebih banyak minyak alami kulit, meningkatkan kemungkinan mengembangkan jerawat tubuh di area ini. Pengelupasan kulit secara teratur penting, karena sel-sel kulit di bagian belakang mungkin tidak mengelupas secara optimal agar tidak terjadi penumpukan sel kulit mati. Maka dari itu eksfoliasi merupakan salah satu cara mengatasi jerawat di punggung.

2. Pilih Pakaian yang Longgar

Cara mengatasi jerawar di punggung selanjutnya adalah dengan memakai baju longgar. Sebab, keringat berlebih dapat memperparah jerawat di punggung. Sangat penting untuk kita untuk memilih pakaian yang longgar dan menyerap keringat. Pakaian berbahan sejuk dan longgar ini dapat mengurangi iritasi kulit.

Jerawat di pungung.Jerawat di pungung. Foto: thinkstock

3. Mandi Setelah Olahraga

Keringat yang menempel di bagian punggung terlalu lama bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat. Mandi setelah olahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga kebersihan kulit juga mengatasi jerawat di punggung. Jangan biarkan keringat menempel terlalu lama karena ini bisa memicu tumbuhnya jerawat punggung.

4. Olesi Minyak Tea Tree

Biasanya jerawat di punggung akan membuat kulit terasa gatal. Jika hal ini terjadi maka kamu bisa mengolesi bagia yang berjerawat dengan minyak tea tree. Minyak ini berasal dari pohon tea tree atau Melaleuca Alternifolia. Minyak tea tree memang sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat di punggung karena bakteri.

5. Jauhkan Rambut dari Punggung

Rambut yang panjang bisa berkontribusi dalam penambahan minyak atau kotoran ke kulit di bagian punggung yang menyebabkan jerawat di punggung bawah. Maka dari itu untuk mengatasi jeawat di punggung, keramas secara teratur dan kuncir rambut jika sedang berkeringat.

6. Pilih Produk Tabir Surya yang Tepat

Untuk melindungi kulit dari sinar matahari umumnya orang menggunakan tabir surya. Akan tetapi penggunaan tabir surya yang berlebih dapat menyumbat pori-pori. Pastikan untuk memilih produk yang bebas minyak dan lebih ringan pada kulit.

Jerawat di punggung.Jerawat di punggung. Foto: thinkstock

7. Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang tidak sehat dapat berpengaruh terhadap tubuh. Beberapa makanan tertentu juga bisa memicu timbulnya jerawat, termasuk jerawat di punggung. Penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi indeks glikemik (IG) dapat menyebabkan gula darah naik dengan cepat sehingga bisa timbul jerawat.

Untuk mengatasi jerawat di punggung, konsumsi makanan seperti roti putih, pasta, nasi putih dan kentang sebaiknya jangan berlebihan. Hindari juga makanan yang digoreng agar jerawat di punggung tak muncul. Pilih pola makan seimbang dan perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak dan biji-bijian.



Simak Video "Tips & Trick Menggunakan Eyeshadow bagi Pemula"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
dMentor
×
Ciptakan Mental Baja Dalam Berbisnis
Ciptakan Mental Baja Dalam Berbisnis Selengkapnya