6 Penyebab Jerawat di Punggung yang Jarang Orang Tahu

Anggi Mayasari - wolipop Senin, 14 Mar 2022 14:15 WIB
Penyebab jerawat di punggung. Foto: iStock Penyebab jerawat di punggung. Foto: iStock
Jakarta -

Jerawat bukan hanya berada di wajah saja, tapi jerawat juga bisa muncul di punggung dan menimbulkan ketidaknyamanan. Apa saja penyebab jerawat di punggung?

Wajah memang bukan satu-satunya tempat di mana jerawat bisa muncul. Jerawat dapat muncul di bagian tubuh mana pun yang memiliki kelenjar penghasil minyak atau folikel rambut, termasuk punggung, dada, dan bahu, menurut Mayo Clinic.

Jerawat di punggung terkadang bisa sangat merepotkan, karena efek yang ditimbulkan seperti perih. Beberapa penyebab umum jerawat adalah genetika, obata-obatan, hormon, hingga stres.

Namun, ada perbedaan tentang penyebab jerawat di punggung. Berikut ini penyebab jerawat di punggung yang perlu kamu ketahui:

1. Jenis Kulit di Punggung

Kulit di punggungmu sebenarnya sangat rentan terhadap jerawat. Ada tiga faktor utama yang berkontribusi terhadap jerawat. Kelenjar minyak yang terlalu aktif, sel kulit mati yang berlebihan, dan pertumbuhan berlebih dari bakteri penyebab jerawat dapat bergabung untuk menciptakan jerawat yang tidak menyenangkan di bagian tubuh mana pun. Sayangnya, kulit di punggung kita sangat rentan terhadap masalah kulit.

"Kulit di punggung kita sangat tebal, sehingga potensi pori-pori tersumbat sangat tinggi," kata dokter kulit Dr. Justine Kluk kepada Marie Claire.

Menurut Verywell Health, bagian atas tubuh juga memiliki lebih banyak kelenjar minyak atau sebaceous per inci persegi daripada bagian bawah. Kedua faktor ini menciptakan badai yang sempurna untuk jerawat punggung.

2. Penggunaan Shampo

Produk yang kamu gunakan pada rambut mungkin menyebabkan berjerawat. Sampo dan kondisioner dapat menjadi penyebab jerawat di punggung.

Sama seperti minyak alami tubuh yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat, zat dalam rambut dan produk tubuh juga dapat memicu jerawat, menurut American Academy of Dermatology. Membiarkan kondisioner rambut mengalir di punggungmu di kamar mandi juga dapat memberikan zat penyumbat pori dalam jumlah besar ke kulit. Pastikan untuk membilas rambut secara menyeluruh dan menggunakan produk yang memiliki label tidak akan menyumbat pori-pori, bebas minyak, non-komedogenik, dan non-aknegenik.

3. Keringat Penyebab Jerawat di Punggung

Tidak mandi segera setelah sesi olahraga berkeringat mungkin menyebabkan jerawat punggung. Menunggu terlalu lama untuk membilas setelah berolahraga dan berkeringat justru dapat memicu kasus jerawat punggung.

Membiarkan keringat dan kotoran menempel di kulit setelah berolahraga dapat menjadi penyebab utama munculnya jerawat di punggung dan bahu, menurut Stylecaster. Jangan menunda mandi setelah situasi apa pun yang membuatmu panas dan berkeringat, termasuk hari yang terik di pantai atau jogging di sekitar lingkungan.

4. Jarang Mencuci Baju

Jangan biarkan pakaianmu terlalu lama dicuci. Mencuci pakaian itu penting. Hanya karena kaus itu masih berbau segar bukan berarti kaus itu tidak menyebabkan jerawat di tubuh.

Seperti yang disarankan The American Academy of Dermatology, mencuci pakaian yang berkeringat sebenarnya adalah cara yang baik untuk menjaga bakteri penyebab jerawat dan kotoran keluar dari pori-pori.

Apalagi penyebab jerawat di punggung? LANJUT DI HALAMAN BERIKUTNYA YA.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]