ADVERTISEMENT

Fitness Influencer Bagikan 5 Tips Olahraga Pound Fit buat Pemula

Inkana Izatifiqa R Putri - wolipop Senin, 12 Sep 2022 11:05 WIB
Olahraga pound fit Foto: dok. Tokopedia
Jakarta -

Pandemi COVID-19 mendorong kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang mulai lebih sering berolahraga demi menjaga kesehatan.

Bicara soal olahraga, pound fit juga menjadi salah satu tren olahraga yang terpopuler saat ini. Meski terlihat mudah dan menyenangkan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan olahraga kardio dengan memanfaatkan stik drum dan musik ini.

Menyambut Hari Olahraga Nasional pada 9 September lalu, Tokopedia bersama Instruktur Pound Fit dan Fitness Influencer, Sistya Windasari membagi 5 tips untuk memulai olahraga pound fit bagi pemula. Simak tipsnya berikut ini.

1. Lakukan Pemanasan

Sama halnya dengan olahraga lainnya, diperlukan pemanasan yang cukup sebelum melakukan pound fit. Kamu bisa mulai dengan melakukan peregangan secara statis maupun dinamis.

"Regangkan otot paha dan betis, lalu membungkuk ke bawah sambil tangan menyentuh ujung jari kaki. Arahkan kepala ke kanan, kiri, atas dan bawah beberapa kali," jelas Sistya dalam keterangan tertulis, Senin (12/9/2022).

2. Bergerak Sesuai Kemampuan

Pound fit memang kerap disebut sebagai olahraga yang cocok dilakukan oleh semua usia. Namun, pastikan kamu melakukannya sesuai kemampuan. Tak hanya itu, Sistya juga mengingatkan untuk memastikan tubuh dalam keadaan sehat saat melakukan olahraga yang satu ini.

"Walau pound fit bisa dicoba oleh seluruh usia dan jenis badan, pastikan tubuh dalam keadaan fit mengingat pound fit cenderung menguras lebih banyak tenaga," tambah Sistya.

3. Hindari Pakaian Olahraga Terlalu Ketat

Saat berolahraga, beberapa orang, terutama wanita kerap mengenakan pakaian olahraga yang terlalu ketat. Padahal, pakaian yang ketat justru dapat mempersempit gerakan tubuh. Untuk itu, sebaiknya gunakan pakaian yang sedikit longgar atau nyaman dipakai untuk melakukan gerakan pound fit.

Saat ini ada banyak pilihan UMKM lokal yang menyediakan pakaian olahraga yang berkualitas di Sportacular Tokopedia dengan beragam promo, seperti cashback hingga Rp 500 ribu, Flash Sale mulai dari Rp 10 ribu dan promo lainnya.

4. Perhatikan Ketebalan dan Bahan Matras

Selain stik, matras juga menjadi alat olahraga yang digunakan untuk melakukan pound fit. Adapun kegunaannya yakni untuk mengurangi risiko cedera. Namun, Sistya menyebut tak semua jenis matras cocok digunakan untuk olahraga ini.

"Matras yoga dengan ketebalan 6-10mm cocok untuk pemula karena meminimalisasi risiko cedera saat berolahraga. Gunakan matras berbahan TPE karena selain mudah dibersihkan dan ringan, bahan tersebut juga lebih ramah lingkungan," saran Sistya.

5. Ikuti Kelas

Meski olahraga dilakukan untuk menjaga kesehatan, namun bukan berarti olahraga tidak bisa dilakukan secara fun. Biar lebih seru dan semangat, kamu bisa mengikuti kelas pound fit. Atau ajak teman atau keluarga agar lebih semangat dalam membentuk kebiasaan berolahraga dalam jangka panjang.

Selain munculnya berbagai tren olahraga, Tokopedia juga mencatat adanya peningkatan transaksi produk olahraga di tahun 2022. Salah satunya melalui Sportacular yang menampilkan berbagai produk kebutuhan olahraga terkurasi dari pegiat usaha lokal.

"Subkategori Sepeda, Hiking dan Camping, Aksesoris Olahraga, Sepak Bola hingga Alat Pancing menjadi yang paling populer pada kategori Olahraga di Tokopedia selama semester I 2022," ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz dalam keterangan tertulis, Senin (12/9/2022).

"Salah satunya HappyFit. UMKM lokal ini mengalami kenaikan nilai transaksi hingga 1,5 kali lipat di Agustus 2022 dibandingkan bulan yang sama di 2021," tambah Rizky.

Selain Sportacular, Tokopedia menggiatkan inisiatif Hyperlocal dengan mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual setempat. Melalui inisiatif ini, masyarakat bisa berbelanja dengan lebih efisien dan UMKM di seluruh Indonesia berkesempatan sama untuk tumbuh.

Bangga Buatan Indonesia menjadi contoh manifestasi Hyperlocal yang mengkurasi berbagai produk dari UMKM lokal, termasuk di kategori Olahraga. Pendekatan Hyperlocal juga diterapkan pada layanan fulfillment Dilayani Tokopedia sehingga penjual produk olahraga dapat menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Berkat Hyperlocal, Tokopedia juga mencatat peningkatan transaksi kategori Olahraga selama semester I 2022 di Pekanbaru, Palembang, Manado, Bandung Barat dan Malang.

"Beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi tertinggi adalah Palembang, Bandung Barat, Malang, Manado dan Pekanbaru, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 2x lipat. Sedangkan wilayah dengan peningkatan jumlah penjual tertinggi adalah Manado, Semarang, Gianyar, Malang dan Balikpapan, dengan rata-rata peningkatan hampir 3,5x lipat," pungkas Rizky.



Simak Video "Minat Fashion Muslim Tinggi, Tokopedia Gelar 'Muslim Fash Forward'"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)