ADVERTISEMENT

Alasan Penting Punya Gigi Rapi Menurut Dokter, Bisa Lebih Mudah Dapat Kerja

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 09 Sep 2022 14:45 WIB
Ilustrasi gigi Foto: Shutterstock
Jakarta -

Gigi menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk menunjang penampilan. Dengan gigi yang rapi tentunya dapat membuat penampilan lebih menarik serta meningkatkan kepercayaan diri.

Saat ini sudah ada berbagai macam cara untuk membuat gigi menjadi lebih rapi, seperti dengan menggunakan behel ataupun aligner. Melalui acara press conference Klar Smile pada Kamis (8/9/22), Drg. Stephanie Adelia Susanto, MM, Sp. Ort, memberikan penjelasan terkait pentingnya memiliki gigi yang rapi.

Ternyata tak hanya dari segi estetik, memiliki gigi rapi juga memiliki berbagai manfaat. Berikut ini beberapa alasan pentingnya punya gigi rapi menurut dokter Adel.

Estetik

Penampilan menjadi salah satu hal cukup penting yang bisa menunjang kepercayaan diri. Biasanya ketika bertemu dengan seseorang, senyuman menjadi center point atau pusat perhatian. Dengan gigi yang rapi maka tentunya akan memberikan nilai estetik wajah yang lebih baik. Tak hanya itu saja, dokter Adel juga menyebutkan jika dengan gigi yang rapi dan sehat, penampilan bisa terlihat jadi lebih muda, sekalipun sudah menjadi kakek dan nenek.

Kesehatan

Menurut penuturan dokter Adel, gigi yang tidak rapi atau bertumpuk bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Pasalnya gigi bertumpuk atau tidak rapih bisa membuat sisa-sisa makanan lebih mudah terselip dan sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu gigi jadi lebih mudah berlubang.

"Gigi yang bertumpuk atau berjejal akan membuat plak-plak gigi atau sisa-sisa makanan akan berkumpul di sela-sela. Jadi ketika kita makan jadi lebih gampang nyangkut dan ketika kita sikat gigi itu lebih susah dibersihkan," terang dokter Adel.

Risiko Patah / Retak Jadi Lebih Tinggi

Dokter Adel menjelaskan bahwa gigi yang berantakan bisa meningkatkan risiko patah atau retak pada gigi. Hal itu disebabkan karena ada beberapa gigi yang jadi harus bekerja lebih maksimal dari yang seharusnya.

"Kalian bisa liat ini gigi taringnya ini nggak berkontak dengan gigi bawahnya. Yang berkontak adalah gigi-gigi sebelahnya. Padahal gigi taring itu adalah gigi yang kuat. Gigi taring berfungsi untuk mencabik makanan. Tapi posisi yang seperti ini gigi taringnya itu naik ke atas. Jadi ketika giginya mengunyah, dia nggak kena gigi. Jadi gigi-gigi yang sebelahnya harus berperan besar di situ. Nah gigi-gigi sebelahnya nggak bisa untuk itu. Akibatnya kerja beratlah dia. Risiko untuk patah dan retaknya menjadi semakin tinggi," ucap dokter Adel.

Bisa Mendapatkan Pekerjaan yang Lebih Baik

Diungkapkan dokter Adel jika berdasarkan penelitian, memiliki gigi yang rapi bisa membuat seseorang mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Hal itu dikarenakan dengan gigi rapi bisa meningkatkan kepercayaan diri dan orang yang melihat pun jadi lebih tertarik.

"Dikatakan bahwa orang yang giginya rapih, ini ada sebuah penelitian, kalo nggak salah dari jurnal tahun 2012, mengatakan bahwa 45% orang yang giginya rapih itu mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik lagi dibanding yang giginya nggak rapih," terang dokter Adel.



Simak Video "Selamat! Gelar Putri Pariwisata Indonesia 2022 Jatuh Kepada Tania Saputra "
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)