ADVERTISEMENT

5 Penyebab Uban Muncul di Usia Muda, Perokok Wajib Tahu

Tim Beautynesia - wolipop Kamis, 18 Agu 2022 11:47 WIB
A young woman with gray hair. Early gray hair concept. Penyebab uban di usia muda. Foto: Getty Images/iStockphoto/Alina Humeniuk
Jakarta -

Kamu masih usia 20-an atau 30-an tapi sudah beruban? Berikut lima penyebab uban muncul di usia muda.

Saat ini tak sedikit anak muda yang mengeluh rambutnya tumbuh uban. Perubahan warna rambut menjadi putih tersebut dapat membuat seseorang insecure dengan usianya yang bertambah tua.

Uban terjadi karena folikel rambut kehilangan pigmen yang mengubah warna rambut hitam menjadi putih. Kehilangan pigmen pada folikel rambut umumnya terjadi pada usia 30 tahun ke atas, namun bisa juga terjadi pada usia 20 tahun yang disebabkan oleh faktor tertentu.

Lantas apa penyebab uban muncul di usia muda? Berikut berbagai faktor yang menjadi pemicu rambut berubah warnanya dari hitam jadi putih:

1 Stres

Setiap orang pasti menghadapi stres dari waktu ke waktu. Melansir dari laman Healthline, folikel rambut mengalami penipisan yang dikarenakan oleh stres sehingga warna rambut berubah menjadi putih lebih cepat.

Tingkat stres dapat meliputi masalah tidur, gangguan kecemasan, perubahan nafsu makan, dan tekanan darah. Terlalu banyak stres juga dapat meningkatkan perkembangan beberapa penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Karena itu kamu perlu melakukan manajemen stres yang baik ya, Beauties.

2. Merokok

Rokok tidak hanya memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh, namun juga pada kesehatan rambut. Merokok dapat mempersempit aliran darah ke folikel rambut yang menyebabkan rambut menjadi mudah rontok dan memutih, demikian seperti yang dilansir dari laman Live Strong.

3. Paparan Sinar UV Matahari

Penyebab uban di usia muda bisa karena sering terkena sinar matahari. Paparan sinar UV matahari tidak hanya memiliki dampak buruk untuk kulit, namun juga berdampak pada kesehatan rambut kita. Berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan beruban.

Oleh karena itu, jika diharuskan beraktivitas di bawah sinar matahari, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelindung kepala, seperti topi, payung, ataupun syal untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari yang berlebih. Demikian yang dilansir dari laman Times of India.

Apalagi penyebab uban muncul di usia muda? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "Selamat! Gelar Putri Pariwisata Indonesia 2022 Jatuh Kepada Tania Saputra "
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)