ADVERTISEMENT

Kata Dokter Soal Penyebab Rambut Ubanan di Usia Muda

Arina Yulistara - wolipop Jumat, 12 Agu 2016 06:26 WIB
Foto: raduga21/Thinkstock
Jakarta - Rambut ubanan di usia muda bisa membuat wanita insecure dengan usianya. Padahal uban timbul tidak selalu karena faktor usia tapi justru lebih ke genetik.

dr. Amaranila Lalita Drijono, Sp.KK menjelaskan kalau rambut ubanan di usia muda muncul karena faktor genetik. "Uban adalah faktor genetik. Kalau genetiknya dia datangnya lebih cepat tumbuh ubannya bisa lebih cepat. Artinya bukan dia tambah tua tapi memang dia bakat (beruban), tapi lifestyle juga berpengaruh," ujar dr. Amaranila ketika ditemui Wolipop di acara soft opening Hair Care Center, Rumah Puan, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (11/8/2016).

Gaya hidup yang tidak sehat tentu akan mempengaruhi kesehatan rambut termasuk munculnya uban. Faktor pekerjaan yang meningkatkan stres bisa membuat uban lebih cepat tumbuh daripada yang menikmati profesinya.

"Stres itu lifestyle, kalau dia pekerjaannya berat tapi nggak pernah stres nggak berpengaruh ke rambut. Tapi ada juga yang duduk di depan komputer doang, santai pekerjaannya tapi stresnya tinggi ada, itu karena dia bosan. Kurang tidur bisa sebabkan stresn kebosanan stres, stres itu banyak, stres kalau nggak di-manage dengan baik bisa berpengaruh terhadap tubuh juga termasuk kulit kepala," jelas pemilik klinik kecantikan Rumah Puan itu.

Menurut dokter kulit lulusan Universitas Indonesia tersebut, rambut yang ubanan di usia muda bisa diatasi dengan gaya hidup yang sehat. Misalnya saja Anda memiliki faktor keturunan cepat beruban. Usia 40 tahun sudah banyak rambut beruban seperti saudara-saudara yang memiliki hubungan darah dengan Anda.

Ketika Anda memiliki gaya hidup yang sehat, uban tidak hilang tapi akan melambat. Pertumbuhan uban di kepala Anda tidak secepat saudara lain yang mempunyai lifestyle berantakan. Maka dari itu, dr. Amaranila menyarankan agar Anda mengonsumsi makanan sehat dan mengatur pola hidup yang teratur. Selain itu, perawatan rambut yang tepat juga penting untuk membuat akar, batang rambut, serta kulit kepala tetap sehat.

"Perkaya makanan yang sehat dan perawatan mahkota Anda juga harus tepat, kalau antioksidannya kurang juga bisa berpengaruh," tambah dr. Amaranila. (aln/eny)