6 Faktor Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Hestianingsih - wolipop Minggu, 08 Nov 2020 11:00 WIB
Wanita Rambut Beruban Ilustrasi rambut beruban. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Uban pada rambut biasanya muncul seiring bertambahnya usia. Semakin tua produksi pigmen akan makin menurun yang menyebabkan rambut memutih.

Tapi pada beberapa orang, uban bisa muncul saat usia masih terbilang muda. Ada beberapa faktor penyebab rambut beruban di usia muda. Apa saja?

1. Kekurangan Vitamin B12

Ilmuwan dari Departemen Dermatologi, Hairline International Hair Clinic, di Bengaluru, Karnataka, India menemukan bahwa kekurangan B12 merupakan salah satu penyebab paling umum timbulnya uban di usia muda. Kurang asupan vitamin ini juga bisa berakibat penipisan dan kerontokan rambut.

Maka dari itu disarankan mencukupi kebutuhan vitamin B12 setiap hari. Kamu bisa mendapatkannya dari konsumsi telur, daging merah, ikantuna dan salmon. Bisa juga konsumsi suplemen jika dari diet saja tidak cukup.

2. Masalah Tiroid

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menunjukkan masalah tiroid bisa langsung berefek pada folikel rambut. Jika sudah muncul uban di usia muda dan diikuti dengan rambut yang berminyak serta mudah rapuh, maka kemungkinan terjadi gangguan pada tiroid. Sebaiknya periksakan diri ke dokter.

3. Lebih Banyak Konsumsi Junkfood daripada Diet Sehat

Junkfood umumnya tinggi kalori tapi rendah nutrisi. Kebanyakan junkfood yang beredar di pasaran tinggi garam, gula, lemak trans dan karbohidrat.

Terlalu banyak konsumsi junkfood dan tidak mengimbanginga dengan makanan sehat bisa menjadi penyebab rambut memutih lebih cepat. Sebab saat kamu memakan lebih banyak junkfood, tubuh akan kekurangan kalsium, vitamin D-3, zinc dan zat besi yang bisa memicu tumbuhnya uban. Nutrisi tersebut penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Woman looking at the first grey hair on her scalpRambut beruban. Foto: Thinkstock

4. Stres Berkepanjangan

Penyebab rambut beruban di usia muda selanjutnya adalah stres. Penelitian yang dilakukan Harvard University menunjukkan bahwa stres berkaitan erat dengan munculnya uban lebih cepat. Ketika stres, stem cell akan ikut terganggu. Perlu diketahui bahwa stem cell adalah induk sel yang bertanggungjawab dalam regenerasi semua sel, termasuk rambut.

5. Faktor Keturunan Jadi Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Menurut para pakar kulit, faktor genetik berperan besar dalam menentukan di usia berapa rambut seseorang akan muncul uban. Biasanya dari orangta atau kakek-nenek.

Maka jika ada anggota keluarga yang sebagian besar sudah tumbuh uban di usia muda, maka besar kemungkinan kamu juga akan mengalaminya. Untuk faktor yang satu ini tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah atau menghindarinya.

6. Terlalu Banyak Memakai Produk Penataan Rambut

Produk penataan rambut seperti hairspray, wax, gel atau pewarna bisa memicu tumbuhnya uban lebih cepat. Terlebih lagi jika kamu menata rambut dengan catokan, pengeriting atau hairdryer setiap hari.

Penggunaan produk penataan yang berlebihan bisa merusak rambut dan menurunkan tingkat melanin. Membuat rambut kehilangan warna alaminya.

Itulah enam penyebab rambut beruban di usia muda. Selain dari faktor keturunan, beberapa cara bisa dilakukan agar rambut kamu tak cepat beruban. Beberapa di antaranya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian, banyak minum air putih, menjalani hidup sehat, menghindari stres dan rajn merawat rambut.

(hst/hst)