5 Tips Olahraga Saat Ramadan agar Tubuh Tak Cepat Lemas

Erika Dyah - wolipop Jumat, 22 Apr 2022 22:38 WIB
Ilustrasi Gaya Hidup Sehat Foto: Shutterstock
Jakarta -

Bulan Ramadan tak jadi alasan apalagi penghalang bagi kamu untuk berolahraga. Sebab, olahraga justru dapat membantu tubuh kamu lebih sehat dan bugar dalam menjalani ibadah puasa sebulan lamanya.

Bagi sebagian orang, berolahraga di bulan puasa memang menjadi tantangan tersendiri karena di siang hari umat Islam harus menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan serta minuman apapun selama berpuasa. Namun, hal ini bukan sesuatu yang mustahil apabila dilakukan dengan cara yang tepat.

Ingin tetap sehat dan bugar selama Ramadan? Cobalah ikuti beberapa tips dari personal trainer berikut yang dilansir dari Independent.co.uk

1. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Ilustrasi Gaya Hidup SehatFoto: Shutterstock

Salah satu cara yang dapat membantu kamu berolahraga dan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan ialah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Untuk itu, kamu perlu minum air putih sebanyak mungkin (sesuai anjuran 8 gelas per hari) di antara waktu berbuka hingga waktu sahur.

Ketika tubuh terhidrasi, kamu akan terhindar dari risiko dehidrasi di siang hari. Apalagi jika kamu berencana untuk berolahraga di pagi atau siang hari. Hidrasi tubuh yang baik akan membantumu tetap segar dan bertenaga untuk berolahraga.

2. Tentukan Waktu yang Tepat

Ilustrasi Gaya Hidup SehatFoto: Shutterstock

Adanya waktu sahur dan berbuka membuat rutinitas sehari-hari mau tak mau pun ikut berubah. Bisa jadi, waktu olahragamu juga menjadi salah satu yang harus bergeser selama Ramadan.

Sebagai pihak yang paling memahami kekuatan diri sendiri, kamu perlu menentukan waktu olahraga yang tepat untukmu di bulan Ramadan. Misalnya, berolahraga ringan di pagi hari untuk membantu tubuh lebih berenergi sepanjang hari. Bisa juga memilih waktu olahraga di malam hari selepas berbuka agar tak takut kehausan setelah berolahraga.

Tak hanya memahami waktu yang tepat untuk berolahraga, kamu juga perlu memahami waktu terbaik untuk mulai memberi perlindungan ekstra bagi diri sendiri. Salah satunya, dengan melindungi kesehatan tubuh kini dan nanti dengan paket perlindungan kesehatan dari Garda Healthtech.

Asuransi kesehatan rawat jalan Garda Healtech ini menawarkan perlindungan berupa jaminan konsultasi online yang dapat dilanjutkan dengan konsultasi tatap muka. Selain itu ada 3 jenis paket yang ditawarkan yaitu Fit, Classy, dan Ultima yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Dengan harga yang terjangkau, proses pembeliannya juga sangat mudah. Cukup buka website gardaoto.com dan pilih paket perlindungan sesuai kebutuhan, isi data diri, dan lakukan proses pembayaran, lalu dapatkan diskon hingga 15% pembelian Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Garda Healthtech khusus untuk pembelian di gardaoto.com selama periode 1-30 April 2022.

3. Pilih Olahraga yang Sesuai dengan Kemampuan

Ilustrasi Gaya Hidup SehatFoto: Shutterstock

Di tengah Ramadan, latihan kardio dengan intensitas tinggi (High Intensity Interval Training/HIIT) mungkin tidak direkomendasikan buat Anda. Sebab, metode yang satu ini menguras cukup banyak energi dalam waktu yang singkat.

Sebagai alternatif olahraga yang berat, kamu bisa coba menggantinya dengan latihan yang tak terlalu intens. Misalnya, mencari gerakan dengan repetisi lebih rendah atau memilih latihan kekuatan yang tak terlalu menuntut banyak gerak. Kamu juga bisa pilih olahraga yang lebih mild, seperti yoga atau jogging santai.

4. Makan yang Cukup Saat Sahur

Ilustrasi Gaya Hidup SehatFoto: Shutterstock

Sahur merupakan sunah di bulan Ramadan, sehingga tidak jadi masalah jika kamu sesekali melewatkannya. Namun, jika kamu ingin tetap aktif berolahraga selama Ramadan, sahur tentunya tak boleh ditinggalkan.

Ahli kebugaran menyarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat komplek yang cukup sebelum fajar selama Ramadan. Misalnya, dengan gandum dan kacang-kacangan, serta tambahan kurma dan pisang. Karbohidrat kompleks akan membuat pelepasan energi lebih lambat sehingga kamu bisa merasa kenyang lebih lama.

5. Istirahat yang Cukup

Ilustrasi Gaya Hidup SehatFoto: Shutterstock

Istirahat juga merupakan bagian penting dari olahraga. Sebab tanpa istirahat yang cukup kamu tidak bisa menjaga keseimbangan tubuh. Waktu tidur juga tak hanya memberi tubuh kesempatan untuk beristirahat, tapi juga memberi tubuh kesempatan untuk melepas racun (detoksifikasi).

Oleh karena itu, ada baiknya untuk tidur yang cukup di malam hari dan juga menyempatkan tidur siang untuk memulihkan tenaga jika memungkinkan.

Dengan menerapkan 5 tips di atas, kamu bisa tetap berolahraga di bulan Ramadan tanpa merasa khawatir merasa lemas.



Simak Video "Ringgo Agus Tak Paksa Bjorka untuk Jalani Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)