Alami Insomnia? Berikut 5 Tips Ampuh Bikin Tidur Malam Berkualitas

Dea Duta Aulia - wolipop Rabu, 13 Apr 2022 16:43 WIB
insomn Foto: Shutterstock
Jakarta -

Sulit tertidur di malam hari adalah salah satu momen yang cukup menyebalkan. Apalagi jika hal itu terjadi ketika esoknya ada kegiatan di pagi hari. Efeknya, rasa kantuk luar biasa pasti akan terasa di siang harinya.

Jika sulit tidur di malam hari tidak segera diatasi maka akan berisiko menghadirkan sejumlah masalah seperti kesehatan, aktivitas terganggu, dan kurang fokus sehingga mengakibatkan penurunan produktivitas. Bagi yang ingin terbebas dari hal tersebut, berikut adalah tips atasi susah tidur.

Jangan Konsumsi Kafein di Sore Hari

Meskipun baik untuk tubuh, namun konsumsi kafein di sore hari ternyata bisa membuat seseorang sulit tidur di malam hari. Sejumlah penelitian menyebutkan mengonsumsi kafein hingga 6 jam sebelum tidur secara signifikan bisa memperburuk kualitas tidur.

Pasalnya, kafein berkadar tinggi tetap bisa bertahan 6-8 jam di dalam darah seseorang. Oleh karena itu untuk memperbaiki kualitas tidur sebaiknya jangan mengonsumsi kafein di sore hari.

Kurangi Tidur Siang Tidak Teratur dan Panjang

Untuk memperbaiki kualitas tidur di malam hari, usahakan tidur siangan jangan terlalu panjang dan tidak teratur. Sekalipun siang hari harus tertidur usahakan hanya memakan waktu 30 menit saja.

Pasalnya, dengan tidur siang 30 menit maka kamu sudah bisa menghilangkan rasa kantuk, konsentrasi kembali terjaga, dan badan lebih segar.

Agar tidur malam kamu tidak terganggu, usahakan kamu tidur siang secara teratur. Sebab berdasarkan penelitian, mereka yang yang terbiasa tidur siang teratur maka tidak akan mengganggu kualitas tidur di malam hari.

Jangan Minum Alkohol

Agar mendapatkan tidur malam yang berkualitas sebaiknya hindari konsumsi minuman beralkohol. Pasalnya alkohol dapat memengaruhi pengurangan produksi hormon melatonin yang bisa menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur.

Buat Diri Lebih Rileks

Supaya masalah sulit tidur di malam hari bisa diatasi, kamu bisa memanfaatkan teknik relaksasi. Cara ini tergolong ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur dan kerap digunakan oleh banyak orang.

Agar diri menjadi lebih rileks bisa dilakukan dengan sejumlah cara, seperti mendengarkan musik, membaca buku, mandi air panas, bermeditasi, dan lainnya.

Atur Suhu Kamar Tidur

Salah satu cara agar kualitas tidur malam baik adalah dengan menjaga dan mengatur suhu udara di kamar. Misalnya dengan menggunakan Air Conditioning (AC) di kamar agar udara lebih sejuk.

insomn Foto: Polytron

Anda bisa memilih AC Smart Neuva Pro Polytron yang 40% lebih cepat dingin dari produk lainnya. Dengan fitur 4D auto swing juga membuat jangkauan udara lebih merata.

AC ini juga telah dilengkapi dengan High Density Dust Filter yang dapat menyaring 90% debu, Carbon Filter untuk hilangkan bau tidak sedap, dan HEPA Filter bisa mencegah penyebaran bakteri. Beragam teknologi tersebut membuat udara yang dihasilkan dari AC Smart Neuva Pro Polytron menjadi lebih sehat dan sejuk.

Tak hanya mampu menghadirkan udara sejuk, AC Polytron Smart Neuva Pro juga dilengkapi teknologi yang dapat menghemat konsumsi listrik di rumah.

(akn/ega)