Makin Asyik Bareng Keluarga, Ini 5 Tips Bikin Suasana Bioskop di Rumah

Erika Dyah Fitriani - wolipop Selasa, 12 Apr 2022 09:00 WIB
Nonton TV di rumah Foto: Shutterstock
Jakarta -

Situasi pandemi sering bikin kita was-was untuk bepergian ke luar rumah, termasuk untuk menikmati film kesukaan di bioskop. Namun, dengan sedikit sentuhan di rumah kamu bisa bikin ciptakan suasana baru bareng keluarga seasyik nonton di bioskop.

Adapun asyiknya kumpul bareng keluarga di rumah bisa kamu wujudkan dengan membuat bioskop ala rumahan. Selain aman dari kekhawatiran pandemi, langkah ini juga bisa mendekatkan keluarga dan menghilangkan kebosanan saat di rumah saja. Terlebih, di masa pandemi banyak film yang justru dirilis di layanan video streaming karena tertunda perilisannya di bioskop.

Untuk buat bioskop ala rumahan ini, kamu bisa ikuti lima langkah berikut yang dilansir dari homestolove dan collider.com.

1. Atur Tempat Duduk yang Nyaman

Umumnya, bioskop komersial memiliki susunan tempat duduk rapi berjejer berbentuk seperti tangga. Namun, di rumah yang memiliki ruang terbatas pengaturan ini mungkin akan sulit diwujudkan.

Meski demikian, kamu bisa kok membuat susunan pengaturan tempat duduk yang nyaman sesuai kebutuhan keluarga. Misalnya, jika kamu dan keluarga lebih nyaman menonton sambil duduk mungkin kamu bisa pertimbangkan penggunaan sofa empuk dengan sandaran tangan. Atau jika lebih suka nonton sambil bersantai bersama sanak saudara yang masih kecil, kamu bisa pasang karpet dan siapkan bean bag yang bikin nyaman.

2. Ciptakan Suasana Berbeda dengan Atur Cahaya

Nonton di bioskop biasanya identik dengan cahaya ruangan yang redup-cenderung gelap sehingga menghadirkan sensasi menonton yang khas. Kamu juga bisa bawa suasana menonton karya sinematik ini ke rumah dengan melakukan langkah sederhana.

Misalnya, meminimalkan masuknya cahaya dari luar jendela dengan menggunakan gorden gelap (blackout curtain) atau memasang dim light/lampu redup yang membuat suasana di ruangan jadi makin hangat.

3. Pilih Layar Lebar yang Punya Spektrum Warna Luas

Salah satu yang paling penting untuk ciptakan suasana nonton bioskop ala rumahan adalah layar lebar yang punya kualitas gambar mumpuni. Baik dengan televisi ataupun layar proyektor yang dipasang di salah satu sudut ruangan.

Pastikan posisi layar sesuai dengan pengaturan tempat duduk, sehingga para penontonnya akan nyaman tanpa kelelahan saat menonton. Atur juga penempatan layar di dinding pada ketinggian yang bisa meminimalkan pantulan cahaya dari lampu ruangan.

Jika kamu masih bingung memilih layar yang tepat untuk bioskop ala rumahan-mu, kamu bisa pilih Smart TV Polytron yaitu QLED 4K Ultra HD Smart TV. Smart TV satu ini memiliki Quantum Technology yang menghasilkan spektrum warna lebih luas, sehingga tampilan gambar di televisi jadi lebih hidup dan berikan pengalaman menonton yang menakjubkan meski di rumah saja.

Tak hanya itu, TV Polytron dengan ukuran 75 inci ini juga didesain khusus dengan teknologi bezel-less dengan metal frame yang bikin desainnya makin elegan. Tampilan elegan ini bisa memaksimalkan area menonton kamu bersama keluarga dan bikin pengalaman menonton di rumah jadi seru layaknya nonton di bioskop favorit.

4. Pastikan Kualitas Suara

Selain layar lebar, kualitas suara saat menonton di bioskop juga jadi salah satu yang incaran para movie enthusiast. Sebab, hal ini dapat menciptakan sensasi tersendiri apalagi jika kamu menggemari film-film horor mencekam atau musikal penuh lantunan lagu.

Untuk memastikan dukungan suara yang berkualitas, kamu bisa siapkan speaker tambahan atau soundbar yang memberi kedalaman suara ekstra. Jika kamu ingin menghindari bising suara dari luar rumah, kamu juga bisa pasang peredam suara agar pengalaman menonton di rumah jadi makin asyik.

5. Siapkan Camilan Lezat

Nonton sendiri ataupun beramai-ramai, camilan tak boleh dilewatkan. Apalagi, snack seperti popcorn, soda, hot dog, dan segala jenis keripik favorit. Agar nonton di rumah lebih menyenangkan, kamu juga bisa siapkan berbagai camilan ini.

Jika ingin lebih mudah, kamu bisa membeli camilan-camilan siap santap atau memesannya dari layanan delivery. Namun, jika punya waktu luang kamu pun bisa memasak terlebih dahulu di rumah bersama keluarga.

Itu dia 5 tips sederhana untuk bikin bioskop ala rumahan biar waktu sama keluarga makin menyenangkan. Yuk pilih juga Polytron QLED 4K Ultra HD Smart TV untuk ciptakan suasana asyik nonton bioskop meski di rumah saja.



Simak Video "Melihat Konsep Jawa Klasik untuk Pernikahan Ketua MK-Adik Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)