7 Menu Buka Puasa untuk Diet yang Sehat dan Mengenyangkan

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 07 Apr 2022 10:02 WIB
Menu buka puasa untuk diet. Foto: Getty Images/AsiaVision Menu buka puasa untuk diet. Foto: Getty Images/AsiaVision
Jakarta -

Bagi kamu yang berencana tetap menjalani diet sehat penurunan berat badan selama Ramadhan maka harus pintar memilih makanan. Bagaimana dengan menu buka puasa untuk diet?

Banyak orang makan berlebihan saat buka puasa sehingga berat badan malah naik ketika Ramadhan. Hal ini bisa kamu antisipasi dengan memilih menu buka puasa untuk diet.

Cari menu buka puasa untuk diet yang sehat dan mengenyangkan. Tidak hanya itu, beberapa menu buka puasa untuk diet juga bagus buat menjaga kesehatan selama Ramadhan.

Masih bingung dalam menyiapkan menu buka puasa untuk diet? Berikut pilihan menu buka puasa untuk diet yang sehat dan kenyang:

1. Kurma

Mengutip dari Health24, kurma sangat dianjurkan sebagai menu buka puasa untuk diet. Cukup konsumsi kurma dan air sebagai menu buka puasa untuk diet yang akan membantumu mengembalikan kadar gula serta garam dalam tubuh.

Manfaat kurma dalam menu buka puasa untuk diet:

- Mudah dicerna;
- Mengurangi rasa lapar sehingga tidak makan berlebihan;
- Persiapan perut untuk menerima makanan setelah berpuasa seharian;
- Kaya akan gula dan energi untuk memulihkan nutrisi dalam tubuh;
- Mencegah sembelit karena perubahan waktu makan.

2. Jus Segar

Dibanding kamu mencicipi gorengan atau tergoda dengan makanan manis yang berlebihan, coba lebih banyak mengonsumsi cairan. Selain air putih dan teh sebagai menu buka puasa untuk diet, siapkan jus segar atau susu.

Menambahkan minuman seperti jus segar dan susu ke dalam menu buka puasa untuk diet akan membantu mencegah dehidrasi dan memberikan cairan penting yang dibutuhkan tubuh. Air merupakan sumber hidrasi terbaik.

Minum sekitar 1 - 2 gelas air sebelum makan. Hindari minuman yang banyak gula dan kalori selama Ramadhan. Ganti saja dengan smoothies yang segar.

3. Sup

Hindari banyak mengonsumsi makanan yang digoreng sebagai menu buka puasa untuk diet. Sup bisa menjadi pilihan terbaik dalam menu buka puasa untuk diet.

Dilansir dari Alarabia News, kamu bisa membuat sup sayuran, tomat, yang berkuah bening. Hindari sup yang menggunakan susu atau santan. Sup dalam menu buka puasa untuk diet juga membantu menghangatkan perutmu.

4. Salad Sayur

Salad sayur juga bisa menjadi menu buka puasa untuk diet. Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat dan menyediakan begitu banyak nutrisi dengan kalori yang sangat sedikit.

Semakin berwarna saladmu maka semakin banyak manfaat kesehatan yang dimilikinya. Salad sayur menjadi menu buka puasa untuk diet yang memberikan rasa kenyang dan membuatmu makan lebih sedikit nantinya.

Apalagi menu buka puasa untuk diet yang sehat? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2