ADVERTISEMENT

5 Manfaat Plank Sebelum Tidur, Untuk Diet, Bisa Bikin Cepat Kurus

Arina Yulistara - wolipop Senin, 28 Mar 2022 09:30 WIB
Manfaat plank sebelum tidur. Foto: Getty Images/Cecilie_Arcurs Manfaat plank sebelum tidur. Foto: Getty Images/Cecilie_Arcurs
Jakarta -

Banyak orang berasumsi bahwa olahraga sebelum tidur bisa membuatmu terjaga pada malam hari. Namun faktanya, olahraga sebelum tidur bisa membantumu tidur lebih nyenyak hingga memperbaiki postur tubuh.

Salah satu olahraga sebelum tidur yang dianjurkan adalah plank. Apa manfaat plank sebelum tidur?

Personal trainer bersertifikat SJ McShane memiliki saran untuk melakukan plank sebelum tidur. Salah satu manfaat plank sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas istirahat malam hari hingga membakar lemak.

Dengan demikian, jika kamu melakukan plank sebelum tidur maka bisa mendapatkan beberapa keuntungkan. Tentu selain tidur lebih berkualitas, manfaat plank sebelum tidur lainnya bisa membuat perut cepat rata.

Menurut American Council on Science and Health, kualitas tidur memainkan peran besar dalam mengatur berat badan. Dilansir dari Live Strong, tidur tak hanya mempengaruhi berat badanmu secara keseluruhan tapi juga persentase lemak tubuh. Untuk itu, kamu bisa melakukan plank sebelum tidur.

Apa saja manfaat plank sebelum tidur sebenarnya? Simak ulasan mengenai manfaat plank sebelum tidur yang bisa kamu rasakan sendiri jika melakukannya setiap hari.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu manfaat plank sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidurmu setiap malam. Para peneliti menemukan bahwa olahraga seperti plank sebelum tidur bisa meningkatkan rapid eye movement (REM), siklus tidur ternyenyak, menurut National Sleep Foundation.

Meski manfaat plank sebelum tidur bisa membuatmu istirahat lebih nyenyak namun disarankan menghindari olahraga kurang dari satu jam sebelum tidur. Kamu bisa mendapatkan manfaat plank sebelum tidur ini dengan melakukannya sekitar dua jam sebelum waktu istirahat malam setiap hari.

2. Membakar Lemak

McShane menyarankan untuk melakukan plank sebelum tidur. Salah satu manfaat plank sebelum tidur tentu bisa membantu membakar lemak sehingga kamu cepat kurus.

Ini terjadi karena manfaat plank sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak. Berdasarkan sebuah studi, mereka yang memiliki tidur berkualitas akan kehilangan lebih banyak lemak. Sementara mereka yang kurang tidur kehilangan lebih banyak otot.

3. Manfaat Plank Sebelum Tidur Bisa Mengecilkan Perut

Manfaat plank sebelum tidur lainnya tidak hanya membantu membakar lemak tapi juga membentuk perutmu. Latihan plank mengandalkan otot perut maka jika dilakukan secara rutin bisa membentuk dan mengecilkan perut secara signifikan.

LANJUT DI HALAMAN BERIKUTNYA YA.

Selanjutnya
Halaman
1 2