15 Cara Mengecilkan Lengan Besar yang Efektif Agar Hasilnya Maksimal

Hestianingsih - wolipop Selasa, 14 Jan 2020 06:30 WIB
Ilustrasi cara mengecilkan lengan. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Lengan berlemak dan menggelambir bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengecilkan lengan asalkan dijalani dengan konsisten dan disiplin.

Cara mengecilkan lengan yang mudah dan efektif mulai dari olahraga ringan, olahraga intensitas tinggi hingga menjaga pola makan. Berikut ini 15 cara mengecilkan lengan yang bisa kamu coba.

1. Lompat Tali

15 Cara Mengecilkan Lengan Besar yang Efektif Agar Hasilnya MaksimalCara mengecilkan lengan bisa dilakukan dengan lompat tali. Foto: thinkstock


Jika tak punya banyak waktu, kamu bisa mencoba olahraga lompat tali. Cara mengecilkan lengan secara alami bisa dilakukan lewat olahraga ringan ini. Manfaat rutin melakukan olahraga lompat tali adalah dapat mengecilkan lengan dan paha. Sebab tak hanya tangan yang bergerak intens tapi juga kaki. Usahakan intensitasnya meningkat agar lengan lebih cepat mengecil. Kamu bisa melakukan lompat tali setiap hari di pagi dan sore hari.

2. Renang

15 Cara Mengecilkan Lengan Besar yang Efektif Agar Hasilnya MaksimalRenang salah satu cara mengecilkan lengan. Foto: Thinkstock


Berenang tidak hanya membuat tubuh semakin bugar dan sehat. Tetapi bonusnya juga mengecilkan lengan dan perut. Supaya optimal, lakukan olahraga berenang setidaknya 2 kali dalam seminggu.


3. Push Up

15 Cara Mengecilkan Lengan Besar yang Efektif Agar Hasilnya MaksimalPush up bisa membantu mengecilkan lengan yang besar. Foto: thinkstock


Push up merupakan olahraga yang bertujuan membentuk otot perut dan bahu. Rutin push up juga cara mengecilkan lengan yang efektif. Olahraga ini termasuk aktivitas ringan dan sederhana, karena tidak memerlukan alat apapun. Sehingga push up bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

4. Pull Up

15 Cara Mengecilkan Lengan Besar yang Efektif Agar Hasilnya MaksimalCara mengecilkan lengan yang bisa dicoba juga adalah dengan pull up. Foto: iStock


Pull up dilakukan dengan berdiri di bawah tiang horizontal lalu menggenggamnya dengan kedua tangan serta mengangkat seluruh tubuh ke atas hingga ke bagian kepala melewati tiang. Cara mengecilkan lengan ini bisa dilakukan dengan intensitas sebanyak 10-15 kali.

5. Angkat Beban

15 Cara Mengecilkan Lengan Besar yang Efektif Agar Hasilnya MaksimalAngkat beban juga bisa jadi cara mengecilkan lengan. Foto: Thinkstock


Cara mengecilkan lengan dengan barbel bisa jadi salah satu pilihan. Bagi kamu yang pemula, angkat beban ini bisa dilakukan dengan barbel berukuran kecil. Pegang barbel dengan kedua tangan, angkat kedua tangan ke atas kepala sampai otot perut dan lengan terasa tertarik. Tahan sebentar sebelum kembali ke posisi awal. Olahraga angkat beban ini dapat membantu mengecilkan lengan atas secara optimal.

6. Boxing

15 Cara Mengecilkan Lengan Besar yang Efektif Agar Hasilnya MaksimalTinju atau boxing bisa dilakukan sebagai cara mengecilkan lengan. Foto: Thinkstock


Olahraga yang menggabungkan seni bela diri ini bisa jadi salah satu cara mengecilkan lengan atas wanita. Boxing bisa melatih tubuh bagian atas sekaligus membantu mengencangkan lengan. Olahraga boxing juga lebih banyak menggunakkan gerakan-gerakan tangan yang nantinya dapat membakar lemak di bagian tangan, termasuk lengan.


7. Yoga

15 Cara Mengecilkan Lengan Besar yang Efektif Agar Hasilnya MaksimalYoga bisa bakar banyak kalori sehingga bisa jadi salah satu cara mengecilkan lengan. Foto: iStock


Beberapa pose dalam olahraga yoga seperti crow stand, side plank, upward hingga chaturang bisa dipertimbangkan sebagai cara mengecilkan lengan. Pose yoga side plank standar juga bisa membantu menguatkan lengan. Cara pose side plank untuk mengecilkan lengan ini kamu perlu mengangkat sisi tubuh bagian kanan ke atas dan biarkan telapak tangan kiri dan ujung kaki kirimu menjadi penyanggahnya.

Rapatkan kedua kaki hingga menyatu dan pastikan pinggang, pinggul, paha dan betis tidak menyentuh lantai. Lalu letakkan tangan kananmu di pinggang atau meluruskannya ke atas. Tahan sekitar 15 menit sebelum kembali ke posisi awal.

8. Perbanyak Makan Serat

15 Cara Mengecilkan Lengan Besar yang Efektif Agar Hasilnya MaksimalKonsumsi banyak serat adalah cara mengecilkan lengan lewat diet sehat. Foto: Thinkstock


Cara mengecilkan lengan jangan hanya dengan olahraga. Agar mengecilkan lengan lebih efektif, kamu juga harus memperhatikan diet. Salah satunya dengan menambah konsumsi serat.

Memperbanyak makan serat tidak hanya bisa membantu mengecilkan lengan tapi juga mendapatkan berat badan ideal. Serat perlu waktu lama diproses dalam tubuh sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Dengan begitu kamu tidak makan berlebihan dan diet lebih terkontrol. Otomatis usaha kamu mengecilkan lengan pun bisa tercapai.

Agar cara mengecilkan lengan ini bisa berhasil, konsumsilah serat dari sayur dan buah minimal 14 gram. Makanan lain yang juga mengandung serat tinggi di antaranya biji-bijian dan kacang-kacangan.

9. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

15 Cara Mengecilkan Lengan Besar yang Efektif Agar Hasilnya MaksimalKonsumsi makanan tinggi protein juga termasuk dalam cara mengecilkan lengan. Foto: iStock


Menyantap protein tinggi juga menjadi salah satu cara mengecilkan lengan. Protein sehat akan lama dicerna tubuh dan juga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Berdasarkan studi yang dilakukan terhadap 20 wanita, mereka yang sarapan dengan menu berprotein tinggi rasa laparnya berkurang ketika menjelang makan siang.

Beberapa makanan untuk mengecilkan lengan yang mengandung protein tinggi di antaranya daging merah, ikan, ayam, makanan laut, telur juga susu. Rajin mengonsumsi makanan tersebut ditambah memperbanyak asupan serat akan membantu kamu mengecilkan lengan lebih cepat.


10. Kurangi Konsumsi Karbohidrat

15 Cara Mengecilkan Lengan Besar yang Efektif Agar Hasilnya MaksimalKurangi karbohidrat jadi salah satu cara mengecilkan lengan. Foto: iStock


Karbohidrat putih sangat minim nutrisi dan bisa membuat tubuh, termasuk lengan, menggemuk jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka cara mengecilkan lengan berikutnya adalah memangkas asupan karbohidrat. Hindari makanan yang bisa membuat kamu sulit mengecilkan lengan seperti seperti nasi putih, pasta, mie ayam, gorengan dan roti tawar.

11. Tidur yang Cukup

15 Cara Mengecilkan Lengan Besar yang Efektif Agar Hasilnya MaksimalTidur yang cukup membantu proses mengecilkan lengan. Foto: iStock


Cara mengecilkan tangan selanjutnya terbilang cukup mudah. Kamu hanya harus tidur. Dengan catatan, tidur kamu harus berkualitas di malam selama lebih kurang 7-8 jam.

Tidur yang cukup bisa membantu kamu mengontrol nafsu makan sehingga berat badan pun turun. Hasilnya, usaha mengecilkan tangan bisa berhasil.

Sebuah studi menunjukkan partisipan yang tidur di malam hari lebih dari 5,5 jam berat badannya bisa berkurang hingga 55 persen. Lebih dari itu, 60 persen partisipan indeks massa tubuhnya juga mengecil ketika mereka tidur berkualitas selama 8 jam.

12. Banyak Asup Cairan

15 Cara Mengecilkan Lengan Besar yang Efektif Agar Hasilnya MaksimalMinum banyak air putih membantu mengecilkan lengan. Foto: Thinkstock


Sebagian dari tubuh kita mengandung air. Oleh sebab itu konsumsi air sangat dibutuhkan. Cara mengecilkan lengan ini juga terbilang mudah dan bisa kamu praktikkan di mana saja.

Tidak hanya dengan minum air putih, kamu juga bisa mengonsumsi makan-makanan yang kaya akan air. Makanan untuk mengecilkan lengan ini bisa dijumpai pada semangka, anggur, nanas, dan lain-lain.

13. Memperbanyak Jalan Kaki

Jalan kaki membantu pembakaran kalori yang juga bisa jadi salah satu cara mengecilkan lengan. Foto: Thinkstock


Cara mengecilkan lengan secara alami selanjutnya adalah memperbanyak jalan kaki. Hanya berjalan kaki juga bisa memberikan dampak yang cukup besar bagi tubuh.

Jalan kaki sebenarnya baik dilakukan kapan saja, namun melakukan aktivitas fisik di malam hari dapat meningkatkan tingkat metabolisme. Selain itu, jalan kaki akan membantu kamu menjadi lebih relaks setelah makan sehingga kamu tidak akan tergoda untuk makan lagi.

14. Catat Makanan yang Dimakan

Membuat jurnal makanan adalah salah satu cara untuk mengecilkan lengan. Foto: Istock


Orang-orang yang memiliki catatan atau jurnal tentang apa yang dimakannya cenderung bisa menurunkan berat badannya lebih cepat. Hal ini juga bisa menjadi cara mengecilkan lengan. Apa alasannya?

Sebab mereka jadi tahu berapa banyak kalori yang sudah diasup, sehingga mereka akan menyesuaikan jumlah kalori tersebut dengan yang seharusnya. Dengan begitu makan jadi tidak berlebihan.

Cara mengecilkan lengan satu ini bisa dilakukan dengan mencatat secara manual menggunakan buku tulis setiap harinya. Tapi agar lebih praktis bisa menggunakan aplikasi smartphone untuk mengontrol kalori.

15. Hindari Minuman Mengandung Banyak Gula

Hindari terlalu banyak konsumsi gula jika ingin mengecilkan perut. Foto: iStock


Cara mengecilkan lengan satu ini mungkin sedikit sulit bagi yang sangat suka makanan atau minuman manis. Namun jika kamu berhasil melakukan cara menghilangkan lengan yang satu ini, maka bukan tidak mungkin kamu bisa berhasil.

Minuman yang tinggi gula seperti jus buah dalam kemasan, kopi karamel, soda, teh manis, dan minuman beralkohol tidak akan mengenyangkanmu. Akan jauh lebih mengenyangkan jika kamu mengonsumsi makanan berupa sayuran dan protein. Mengonsumsi minuman mengandung gula pada siang hari hanya akan membuat jumlah kalori bertambah sebanyak 800 kalori pada malam harinya. Jadi jika masih suka minum minuman manis, bye bye, lengan kecil.


Itulah 15 cara mengecilkan lengan yang patut kamu ketahui, jika memang ingin lengan tampak ramping dan ideal. Cara mengecilkan lengan ini harus dijalani secara konsisten agar hasilnya maksimal.



Simak Video "Jalani Diet, Berat Badan Ivan Gunawan Turun 25 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)