Miss Universe 2021 Mengidap Penyakit Celiac, Masuk RS Jelang Malam Final

Hestianingsih - wolipop Senin, 21 Mar 2022 05:30 WIB
Newly crowned Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu poses during a press conference following the 70th Miss Universe pageant, Monday, Dec. 13, 2021, in Eilat, Israel. (AP Photo/Ariel Schalit) Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu. Foto: Dok. AP
Jakarta -

Harnaaz Sandhu mengungkap sempat masuk rumah sakit sebelum mengikuti final Miss Universe 2021. Penyakit autoimun yang jadi penyebabnya.

Saat berbincang dengan reporter TV Sachin Kumbhar, juara Miss Universe 2021 ini mengatakan bahwa dia harus dirawat selama tiga hari menjelang keikutsertaannya di Miss Universe 2021. Setelah dirawat, wanita 22 tahun ini baru tahu kalau dia menderita penyakit celiac, sebuah kondisi autoimon yang dipicu konsumsi makanan mengandung gluten.

Selama bertahun-tahun, Harnaaz Sandhu baru mengetahui kalau ia alergi gluten dan harus menghindari makanan seperti gandum, jagung, quinoa serta biji-bijian.

Penyakit celiac merupakan reaksi sistem imun tubuh yang berlebihan saat penderitanya mengonsumsi makanan mengandung gluten. Reaksi ini membuat kerusakan pada dinding usus sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Adapun beberapa gejala yang timbul akibat alergi gluten antara lain anemia, gangguan fungsi limfa, pembengkakan tubuh akibat penumpukan cairan di jaringan tubuh, nyeri sendi hingga berkurangnya kepadatan tulang. Karena penyakit celiac adalah kondisi autoimun layaknya alergi, maka yang bisa dilakukan penderitanya adalah dengan menghindari konsumsi makanan bergluten.

Diet ini sering kali dikenal dengan sebutan diet bebas gluten. Hanya saja diingatkan bagi orang-orang yang ingin mencoba diet bebas gluten agar berhati-hati terhadap masalah kurangnya nutrisi vitamin dan mineral.

Seperti dikutip dari detikHealth, diet bebas gluten umumnya berpotensi menyebabkan kekurangan vitamin B, vitamin C, zat besi dan serat. Oleh karena itu perlu pengawasan ketat dari dokter atau ahli gizi sebelum memulainya.



Simak Video "Sejarah India Juarai Miss Universe 2021 Setelah 21 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)