ADVERTISEMENT

7 Aktivitas yang Bikin Kamu Bahagia Dalam 30 Detik

Hestianingsih - wolipop Minggu, 16 Jan 2022 11:05 WIB
ilustrasi tertawa Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Ada banyak cara bisa dilakukan untuk bahagia. Tak perlu harus liburan, menyantap makanan enak atau beli barang mahal.

Tujuh kegiatan sederhana dan mudah ini pun bisa memberi kamu kebahagiaan. Cukup lakukan dalam keseharian dan kamu bisa bahagia dalam 30 detik.

1. Makan Pisang

Ilustrasi makan pisangIlustrasi makan pisang. Foto: iStock

Pisang kaya akan zat yang membantu meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan. Dalam satu buah pisang mengandung asam amino tryptophan, vitamin A dan vitamin B yang mampu meningkatkan serotonin, hormon pemicu rasa bahagia.

2. Minum Teh

cara minum teh untuk kecilkan perut yang tepat.Ilustrasi minum teh. Foto: Getty Images/iStockphoto

Secangkir teh bisa membuat mood kamu positif dalam waktu 30 detik. Teh tinggi kandungan theanine dan dibantu kafein, bisa meningkatkan aktivitas otak, mood lebih bagus dan memberi sensasi relaksasi.

3. Menghirup Aroma Kopi

5 Waktu Terbaik Minum Kopi, Jangan Langsung Ngopi Saat Bangun TidurIlustrasi minum kopi. Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem

Suka ngopi? Kebiasaan ini ternyata baik untuk kesehatan mental. Hanya dengan menghirup aromanya bisa mengubah mood yang tadinya negatif jadi positif. Sebuah studi menunjukkan ruangan yang beraroma kopi bisa meningkatkan emosi positif 90 persen orang yang ada di dalamnya.

4. Menyalakan Lilin

Ilustrasi LilinIlustrasi Lilin. Foto: iStock

Cahaya lilin bisa mengirimkan sinyal relaksasi ke otak. Jika lilin dilengkapi dengan aromaterapi, efeknya bisa dua kali lipat menimbulkan rasa bahagia.

"Apapun yang mempunyai sensori kenikmatan, seperti aroma harum, menghubungkan kita pada nostalgia. (Menyalakan lilin) adalah kegiatan ritual dan membuat kita merasa senang sesaat, meningkatkan mood," ujar psikolog Emma Kenny.

5. Mengunyah Permen Karet

Woman holding model of human intestines in front of body on white background. Female hands showing artificial model of lower human tissue and organs in front of body. The plastic model is isolated on shirt as white background. This model shows the real size of this part of the body, it is used in high school to teach teens biology and science.Permen karet. Foto: Thinkstock

Sebuah studi di Jepang menemukan bahwa mengunyah permen karet secara rutin bisa mengurangi kcemasan dan meningkatkan mood pada orang dewasa. Aktivitas mengunyah ini melancarkan peredaran darah ke otak dan melepaskan kegelisahan dengan mengurangi hormon stres kortisol.

6. Menyanyikan Bagian Chorus Lagu

ilustrasi menyanyiiIustrasi menyanyi. Foto: ilustrasi/thinkstock

Menyanyi bisa menstimulasi organ kecil di telinga yang dinamakan sacculus. Organ ini terkoneksi dengan bagian otak yang bertugas menciptakan rasa senang.

Menyanyikan bagian chorus dari lagu favorit kamu akan membantu mengaktifkan sacculus. Sementara napas panjang yang dilakukan dengan bernyanyi memperlambat detak jantung, meningkatkan level oksigen dan menenangkan otak.

7. Membelai Hewan

Lovely couple with a cute dog at the park - outdoors Foto: Thinkstock

Punya hewan peliharaan? Sering-seringlah membelainya dengan lembut. Selain membuat hewan merasa disayang, juga memberi rahasia bahagia pada pemiliknya.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang memelihara hewan berisiko lebih rendah mengalami depresi. Membelai, mengelus atau memeluk hewan bahkan bisa meredakan stres.

"Saling memberi kasih sayang antara anjing, kucing dan pemiliknya, membantu menenangkan dan juga mencegah otak selalu tegang," tutur psikolog Emma Kenny.



Simak Video "Sikap Meghan Markle dan Kate Middleton Disorot Ahli Bahasa Tubuh"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)