ADVERTISEMENT

5 Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan, Bisa Pakai Gula

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 30 Nov 2021 11:00 WIB
ilustrasi stretch mark Cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Stretch mark menjadi salah satu masalah bagi wanita, terutama setelah melahirkan. Tak heran bila banyak wanita yang mencari berbagai cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

Cara menghilangkan stretch mark yang paling ampuh tentu melalui prosedur medis, seperti laser hingga operasi plastik. Namun ada beberapa cara menghilangkan stretch mark yang alami, mungkin bisa dicoba di rumah.

Stretch mark sebenarnya berupa garis berwarna yang muncul di kulit karena penambahan berat badan. Pada dasarnya memang merobek kulit tapi bukan indikasi masalah kesehatan.

Cara menghilangkan stretch mark mark berwarna merah atau ungu mungkin lebih mudah dibanding ketika sudah berubah menjadi putih. Cara menghilangkan stretch mark berwarna merah lebih responsif ketika dilakukan pengobatan.

Berbeda dengan cara menghilangkan stretch mark yang sudah berwarna putih akan sulit dihilangkan. Cara menghilangkan stretch mark putih lebih sulit karena seiring bertambahnya waktu, pembuluh darah menyempit sehingga sulit merangsang produksi kolagen.

Meski demikian, ada beberapa cara menghilangkan stretch mark alami yang bisa dicoba di rumah. Mengutip Healthline, berikut cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan secara alami, bisa dengan bantuan gula hingga minyak kelapa:

1. Vitamin A

Salah satu cara menghilangkan stretch mark yang alami dengan menggunakan vitamin A. Vitamin A disebut sebagai retinoid.

Retinoid sendiri akan membuat kulit tampak lebih halus dan awet muda. Tak heran bila sering digunakan dalam berbagai kosmetik yang dijual bebas.

Vitamin A dianggap bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stretch mark. Cukup menggunakan ekstrak vitamin A atau mengonsumsinya secara oral bisa berkontribusi pada kesehatan kulit dan membantu menghilangkan stretch mark.

Selain sebagai cara menghilangkan stretch mark, vitamin A juga akan mempengaruhi penampilan secara keseluruhan. Diet kaya makanan tertentu, seperti wortel dan ubi jalar, mungkin bisa membantumu meningkatkan kadar vitamin A dalam tubuh yang meningkatkan peluang untuk menghilangkan stretch mark.

2. Cara Menghilangkan Stretch Mark Pakai Gula

Saat diet harus menjauhi gula mengapa butuh bahan makanan ini sebagai salah satu cara menghilangkan stretch mark? Beberapa orang menggunakan metode mikrodermabrasi naturopati dengan gula untuk membantu menghilangkan stretch mark.

Mikrodermabrasi juga sering dilakukan oleh dokter kulit. Bahkan menjadi salah satu cara menghilangkan stretch mark yang terbukti secara klinis. Dalam beberapa kasus stretch mark bisa memudah

Jadi gula dapat menjadi pilihan cara menghilangkan stretch mark rumahan yang patut dicoba. Menggosok scrub gula pada kulit akan membantu mengelupasi area stretch mark.

Cara membuat scrub gula:

- Campur satu cangkir gula dengan 1/4 cangkir bahan pelembut, seperti minyak almond atau minyak kelapa.
- Tambahkan sedikit perasan lemon.
- Gosokkan campuran tersebut pada bagian tubuh yang terdapat stretch mark.
- Ulangi beberapa kali seminggu saat mandi, pastikan untuk menggosok campuran selama 8 sampai 10 menit jika ingin hasil maksimal.

3. Cara Menghilangkan Stretch Mark Pakai Lidah Buaya

Beberapa uji klinis juga membuktikan kalau lidah buaya menjadi salah satu cara menghilangkan stretch mark secara alami. Lidah buaya murni menjadi agen penyembuhan alami dan melembutkan kulit.

Tentu akan menjadi bahan rumahan yang ideal untuk menghilangkan stretch mark. Oleskan lidah buaya murni dari tanaman ke area stretch mark setiap hari setelah mandi. Lihat perubahannya seiring berjalannya waktu.

4. Hyaluronic Acid

Satu lagi cara menghilangkan stretch mark secara alami dengan menggunakan hyaluronic acid. Larutan ini bisa membantu merangsang produksi kolagen.

Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk kapsul atau ekstrak hyaluronic acid sebaga alternatif cara menghilangkan stretch mark. Kolagen adalah protein di kulit yang membantu menjaga bentuknya agar selalu sehat.

5. Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Minyak Kelapa

Bagaimana dengan cara menghilangkan stretch mark secara alami menggunakan minyak kelapa? Tak ada salahnya dicoba.

Stretch mark merupakan jaringan parut akibat kerusakan kulit, minyak kelapa dapat membantu menyembuhkan penampilan dengan cepat. Menerapkan minyak kelapa murni ke stretch marksetiap hari mungkin bisa membantu memudarkannya.

Akan tetapi, tidak berlaku bagi kamu yang alergi terhadap kelapa, minyak ini tentu tak disarankan sebagai cara menghilangkan stretch mark secara alami.

Mana cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan di atas yang tertarik kamu coba?



Simak Video "Progres Dekorasi Tasyakuran Pernikahan Kaesang-Erina Capai 85 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)