11 Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Alami dan Efektif

Virgina Maulita Putri - wolipop Jumat, 04 Okt 2019 18:23 WIB
11 Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Alami dan Efektif Foto: iStock 11 Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Alami dan Efektif Foto: iStock

Jakarta - Stretch mark merupakan masalah yang umum pada wanita terutama mereka yang baru saja melahirkan. Kondisi ini disebabkan oleh badan yang tiba-tiba bertumbuh besar dalam waktu singkat tapi kulit tidak bisa meregang dengan cukup cepat untuk mengikutinya.

Stretch mark biasanya muncul di bawah perut, paha, pinggul, bahu dan payudara. Kondisi ini bisa dihilangkan dengan cepat dengan melakukan prosedur khusus seperti terapi laser, tapi tentu tindakan seperti ini akan membutuhkan biaya tidak sedikit.



Tapi jangan khawatir, karena ada banyak cara alami untuk menghilangkan stretch mark membandel. Berikut 11 cara menghilangkan stretch mark dengan alami dan efektif seperti dirangkum Wolipop:

1. Gula

Gula memiliki tekstur kasar yang cocok untuk digunakan sebagai exfoliator untuk menghilangkan stretch mark secara alami. Cara menggunakannya mudah saja, campur satu cangkir gula dengan 1/4 cangkir minyak kelapa dan tambahkan perasan lemon.

Oleskan campuran tersebut di bagian tubuh yang memiliki stretch mark dan gosok selama 8-10 menit. Ulangi beberapa kali seminggu saat mandi.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya murni merupakan agen penyembuh alami dan bisa melembutkan kulit, sehingga cocok digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Caranya oleskan lidah buaya langsung dari tanamannya ke stretch mark setiap hari setelah mandi.

3. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid adalah bahan yang bisa menstimulasi produksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan protein yang bisa membuat kulit terlihat sehat. Untuk bisa mendapatkan asupan hyaluronbic acid kalian bisa mengonsumsi kapsul atau ekstrak.

4. Vitamin A

Vitamin A yang dimaksud di sini adalah retinoid. Retinoid sendiri bisa membuat kulit terlihat lebih mulus dan awet muda.

Saat ini telah banyak krim dan produk skincare lainnya yang mengandung retinoid. Kalian juga bisa mengonsumsi kapsul vitamin A atau makanan yang mengandung vitamin A dalam jumlah besar.

11 Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Alami dan Efektif11 Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Alami dan Efektif Foto: Thinkstock


5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat menghilangkan stretch mark dengan cukup cepat karena memiliki sifat menyembuhkan. Caranya oleskan minyak kelapa murni langsung di stretch mark untuk memudarkan penampilannya.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa digunakan untuk menghilangkan stretch mark membandel karena mengandung antioksidan dan vitamin E. Caranya oleskan minyak zaitun ke stretch mark dan diamkan hingga menyerap.

Setelah 20-30 menit, bilas dengan air hangat. Jangan lupa untuk hangatkan minyak zaitun sebelumnya agar bisa meningkatkan sirkulasi darah.

7. Kopi

Kopi merupakan exfoliator alami selain gula yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan stretch mark. Tidak hanya itu kandungan kafein di kopi bisa mendorong sirkulasi darah dan membantu perbaikan sel.

Saat ini sudah tersedia banyak scrub dari bahan dasar kopi yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan stretch mark.

8. Perasan Lemon

Air perasan lemon bisa memudarkan penampilan stretch mark kalian. Caranya rendam kapas di air perasan lemon dan tempelkan di kulit selama 10 menit. Lakukan secara rutin dan kandungan asam di lemon bisa memudarkan stretch mark di kulit.



9. Putih Telur

Putih telur mengandung asam amino dan protein yang bisa meregenerasi kulit. Caranya kocok dua putih telur dengan garpu hingga terlihat seperti busa. Usapkan ke kulit, diamkan hingga mengering dan bilas.

Untuk menjaga kelembaban kulit, oleskan pelembab atau minyak zaitun. Lakukan metode ini secara rutin agar semakin cepat melihat hasilnya.

10. Minyak Argan

Minyak argan mengandung vitamin E, vitamin A, asam lemak dan nutrisi lainnya yang bisa membuat kulit menjadi lebih kenyal dan sehat. Sehingga cocok digunakan untuk menghilangkan penampilan stretch mark di kulit.

Caranya, oleskan minyak argan di kulit dan pijat beberapa saat. Gunakan setelah mandi saat sudah bersih.

11. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang berguna untuk merawat stretch mark di kulit. Cara menggunakannya campurkan bubuk kunyit atau kunyit yang sudah ditumbuk dengan air, perasan lemon atau minyak kelapa hingga mengental.

Oleskan campuran ini ke bagian kulit yang memiliki stretch mark satu atau dua kali sehari.

Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)