Mengenal Diet Pegan, Tren Diet Sehat di 2021

Hestianingsih - wolipop Rabu, 24 Mar 2021 08:04 WIB
Female And Her Salad Choice Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev
Jakarta -

Diet pegan atau peganism digadang-gadang akan jadi tren diet yang banyak diikuti tahun ini. Pola makan ini dinilai sehat dan bisa dijalani sebagai gaya hidup dalam waktu lama.

Esensi dari diet pegan adalah menghindari makanan dengan zat aditif, pengawet dan pemanis buatan. Maka junk food dan makanan olahan pabrik sudah pasti harus dicoret dalam daftar.

Seperti dikutip dari Daily Star, peganism mendorong pelaku diet untuk hanya mengonsumsi bahan makanan organik, segar dan berasal dari petani lokal. Menu diet juga harus menyertakan lebih banyak sayur dan buah.

Cara Melakukan Diet Paleo yang Meniru Pola Makan Manusia PurbaCara Melakukan Diet Paleo yang Meniru Pola Makan Manusia Purba. Foto: iStock

Asal muasal istilah diet pegan

Pegan berasal dari gabungan kata paleo dan vegan. Paleo sendiri sudah dikenal sebagai salah satu diet paling sehat karena tidak menghilangkan unsur nutrisi penting seperti karbohidrat, protein dan lemak.

Adalah Dr Mark Hyman, yang pertama kali mengenalkan istilah diet paleo dan kini menulis buku diet tentang peganism. Menurutnya diet pegan memberikan banyak manfaat bagi tubuh dalam jangka panjang.

Dalam tulisannya 'Why I'm a Pegan - or Paleo-Vegan - and Why You Should Be Too!' Mark menjelaskan bahwa diet pegan diciptakan berdasarkan data-data kesehatan ilmiah.

"Diet pegan mengadaptasi ilmu mutakhir tentang makanan sebagai pengobatan dan mencoba mengubahnya jadi pola makan yang lebih praktis diterapkan di kehidupan," jelasnya.

Kebanyakan pola diet yang dijalani untuk penurunan berat badan gagal karena aturannya terlalu ketat, membingungkan dan membuat orang merasa bersalah atau malu ketika melanggarnya. Tapi lain dengan diet pegan yang diklaim tidak membuat pelakunya kelaparan atau jadi kurang nutrisi.

"Diet pegan bisa dijalani berkepanjangan karena diet ini tidak mendorong kita untuk jadi sempurna, melainkan memberi asupan tubuh dengan 90 persen makanan padat bernutrisi sedangkan sisa 10 persennya diisi dengan makanan rekreasional dan camilan, tapi tetap sehat," terang Mark.

Cara Melakukan Diet Paleo yang Meniru Pola Makan Manusia PurbaCara Melakukan Diet Paleo yang Meniru Pola Makan Manusia Purba. Foto: iStock

Cara mengikuti diet pegan

Pertama-tama adalah mulai melatih diri untuk memperbanyak sayur dan buah-buahan dalam diet harian. Setidaknya makanan berserat harus memenuhi 75 persen dari isi piring.

"Penuhi 75 persen isi piring Anda dengan makanan beraneka warna. Tambahkan dua cangkir sayuran hijau seperti brokoli, bok choi, paprika, tomat, dan sebagainya," sarannya.

Kedua tambahkan lemak di setiap sajian. Lemak sehat bisa berasal dari minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan atau biji-bijian.

"Satu sajian bisa ditambahkan lemak sehat dari satu sendok makan minyak zaitun atau setengah potong alpukat," kata Mark.

Ketiga adalah menambahkan protein. Misalnya dada ayam, daging sapi, ikan, tahu atau tempe.

"Protein penting untuk pembentukan otot dan menyeimbangkan gula darah, terutama seiring dengan bertambahnya usia," tuturnya.

Bagaimana, tertarik mengikuti diet pegan yang sedang tren ini?

(hst/hst)