Ibu Menyusui Boleh Diet? Ini Tipsnya dari Dokter Cissie Nugraha

Tim Haibunda - wolipop Selasa, 12 Okt 2021 13:15 WIB
Young Mom Breastfeeding Baby While Working Remotely On Laptop At Home and eating Apakah ibu menyusui boleh diet? Foto: Getty Images/filadendron
Jakarta -

Sedang menyusui buah hati namun ingin mencoba diet menurunkan berat badan? Apakah ibu menyusui boleh diet? Berikut penjelasan dokter.

Dokter Cissie Nugraha yang populer membantu sederet artis Indonesia menurunkan berat badannya berbagi tips diet ibu menyusui. Menurut dr. Cissie Nugraha, MSc., MARS, idealnya berat badan seseorang itu turun 0,5 sampai 1 kilogram (kg) per bulan.

"Tidak boleh berat badan turun secara drastis. Idealnya 0-5 sampai 1 kg per bulan. Namun, setiap orang berbeda ya. Pada orang yang lemaknya banyak pasti akan lebih banyak turunnya," kata Cissie kepada HaiBunda, belum lama ini.

Ibu yang sedang menyusui dikatakan dr. Cissie memerlukan tambahan makanan. Sebab mulai dari kalori hingga porsi makan akan mengalami peningkatan selama menyusui.

"Ibu menyusui memerlukan makanan yang lebih banyak, yakni sekitar 500 kalori sehari. Jadi, tentu pola nya berbeda, ya kurang lebih dengan menambah satu porsi makan sehat sudah cukup," ujarnya.

Lebih lanjut menurut dr. Cissie, ibu menyusui memerlukan asupan makanan yang baik, seimbang, dan beragam agar bayi bisa tumbuh optimal. Asupan yang tepat juga bisa menjaga suplai ASI agar lebih berkualitas.

Apakah ibu menyusui boleh diet? Pastinya menurut dr. Cissie, selama menyusui, ibu tidak boleh mengurangi salah satu kebutuhan nutrisi. Alih-alih mengurangi, ibu menyusui bisa memilih beragam jenis makanan yang sehat.

"Jadi tidak boleh men-stop salah satu unsur makronutrien baik, seperti karbohidrat, protein, maupun lemak," ujarnya.

Sumber karbohidrat untuk menu makan selama menyusui bisa berasal dari carb dengan indeks glikemik yang rendah, seperti nasi merah, nasi hitam, ubi, oat atau whole wheat. Sementara protein kualitas baik, bisa memilih wild fish dibandingkan farm fish atau ayam kampung dibandingkan ayam negeri.

Sedangkan, pilih lemak yang baik dapat berasal dari olive oil, alpukat, atau kacang-kacangan. Jangan lupa untuk menambahkan sayur dan buah dalam menu makan ya.

"Niscaya dengan asupan yang baik si bayi tidak akan kekurangan nutrisi, dan sang ibu dapat perlahan perlahan balik ke berat badan sebelum hamil," ungkap Cissie.

Setelah mengetahui apakah ibu menyusui boleh diet, sekarang bagaimana degan porsi makan yang tepat selama menyusui? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "Jalani Diet, Berat Badan Ivan Gunawan Turun 25 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)