10 Tips Diet Saat Menyusui, Langsing Tanpa Mengurangi Produksi ASI

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 16 Nov 2020 12:00 WIB
A generic can of diet cola on a wooden table. Original design with release. Tips diet sehat saat menyusui. Foto: iStock
Jakarta -

Menurunkan berat badan jadi keinginan sebagian ibu setelah melahirkan. Berbagai cara pun dilakukan demi bisa mengurangi angka di timbangan, mulai dari diet saat menyusui hingga olahraga.

Namun tak sedikit ibu yang khawatir saat mereka menjalani diet untuk menurunkan berat badan ini. Karena setelah melahirkan ibu biasanya memberikan ASI eksklusif untuk bayi. Jika sedang menyusui ini, apakah diet bisa mengurangi prodiksi ASI?

Ahli Gizi Winda Ekayanti dari Universitas Sydney mengatakan, tak masalah bagi ibu menyusui untuk menjalani diet menurunkan berat badan. Hanya saja perlu diingat para ibu, diet yang dijalai haruslah diet sehat. Lantas seperti apa diet yang tidak sehat?


"Diet sehat tidak menggunakan produk-produk tertentu, entah obat-obatan atau herbal yang tujuannya untuk melangsingkan tubuh," kata Winda seperti dikutip Wolipop dari HaiBunda.

Cara Diet Sehat Saat Menyusui

Bagi kamu para ibu menyusui yang ingin menurunkan berat badan setelah melahirkan, berikut tips diet sehat yang bisa dilakukan:

1. Asupan makanan

Ibu menyusui masih membutuhkan energi lebih untuk produksi air susu ibu (ASI). Untuk itu, asupan makannya harus diperhatikan, terutama pada ibu yang ingin melangsingkan tubuh.

Sebenarnya, dengan membatasi asupan makan saja, ibu menyusui bisa menurunkan berat badan. Ini terjadi karena ASI diproduksi menggunakan lemak dari asupan makanan ibu.

"Dengan menyusui eksklusif, ibu bisa menurunkan berat badan sendiri, karena asupan lemak di tubuh dipakai untuk produksi ASI," ujar Winda.

2. Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi

Cara diet saat menyusui bisa dengan memilih jenis makanan yang sehat. Konsep paling penting bukan diet ketat, tapi mengontrol dan melihat jenis makanan yang baik untuk ibu dan ASI-nya.

Ibu yang memilih jenis makanan yang tepat tak perlu lagi mengonsumsi obat pelangsing tubuh. Jenis makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari bisa didapatkan dengan mudah.

"Porsi makan harus lengkap, ada sumber karbohidrat kompleks, sayur, buah-buahan, dan protein. Misalnya, makanan sumber protein yang bagus, seperti ikan, daging, ayam, dan kacang-kacangan. Selain itu, banyak sayur hijau mengandung vitamin dan asam folat," kata Winda.

3. Jadwal makan

Jadwal makan ibu menyusui juga harus teratur ya. Jadwal meliputi, tiga kali makan besar (pagi, siang, malam) dan maksimal tiga kali makan camilan.

Kalori satu kali makan besar sekitar 350 sampai 500 kalori. Semantara, satu kali makan camilan sekitar 150 kalori.

Bagi ibu yang ingin melangsingkan tubuh, jadwal makan tanpa camilan sudah termasuk mengontrol asupan makan. Artinya, dengan tiga kali makan besar tanpa camilan, berat badan ibu bisa turun dengan sendirinya.

Langkah-langkah selanjutnya cara diet saat menyusui agar berat badan bisa turun bisa dibaca di sini.



Simak Video "Menyusui Massal Demi Masa Depan Si Buah Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)