9 Tanda-tanda Melahirkan Sudah Dekat yang Harus Diwaspadai

Anggi Mayasari - wolipop Senin, 20 Sep 2021 09:15 WIB
Tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Foto: Getty Images/iStockphoto Tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Mengetahui tanda-tanda melahirkan yang harus diwaspadai akan membantu memberikan petunjuk bahwa sudah hampir waktunya untuk bertemu bayi. Apa saja tanda-tanda melahirkan?

Saat ibu hamil semakin dekat dengan tanggal jatuh tempo, kamu mungkin mulai memperhatikan beberapa tanda fisik halus bahwa persalinan akan segera datang. Tanda-tanda melahirkan sudah dekat salah satunya adalah munculnya kontraksi.

Berikut selengkapnya tanda-tanda melahirkan sudah dekat yang diberikan tubuhmu sebagai sinyal untuk segera bertemu bayi:


1. Kontraksi yang Kuat dan Sering

Kontraksi melahirkan yang sebenarnya dapat dinilai dari frekuensi, intensitas, dan lokasi nyeri. Kontraksi persalinan yang sebenarnya berjarak pada interval yang teratur dan menjadi lebih sering seiring berjalannya waktu.

Kontraksi melahirkan yang sebenarnya berlangsung masing-masing selama 30 hingga 70 detik. Tanda-tanda melahirkan dengan datangnya kontraksi yang sebenarnya ini menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu dan tidak mereda, bahkan ketika kamu mengubah posisi.

2. Pendarahan

Tanda-tanda melahirkan lainnya adalah pendarahan yang mirip dengan lendir keluar dalam satu bagian besar atau banyak yang kecil. Namun, beberapa wanita hamil ada yang tak menunjukkan pendarahan sebagai tanda-tanda melahirkan.

Pada hari-hari terakhir sebelum persalinan, ibu hamil mungkin akan melihat keputihan yang meningkat dan atau menebal. Keputihan yang kental dan berwarna merah muda ini disebut pendarahan dan merupakan indikasi yang baik bahwa persalinan sudah dekat.

3. Sakit Perut dan Punggung Bawah

Sakit perut dan punggung bawah ini rasanya seperti mengalami kram menstruasi yang kuat. Ibu hamil yang akan segera melahirkan juga bisa merasakan sakit di punggung bawah yang menjalar ke kaki. Rasa sakit ini tidak akan hilang jika kamu mengubah posisi.

4. Pecah Ketuban

Pecah ketuban sebenarnya adalah tanda-tanda akhir persalinan yang dialami sebagian besar wanita. Pecah ketuban terjadi secara alami hanya sekitar 15 persen kelahiran atau kurang.

5. Serviks Mulai Melebar

Serviks juga sedang bersiap untuk melahirkan dengan mulai melebar (terbuka) dan menipis dalam beberapa hari atau minggu sebelum persalinan. Pada pemeriksaan mingguan, dokter kandungan dapat mengukur dan melacak pelebaran serta penipisan melalui pemeriksaan internal.

6. Kram dan Nyeri Punggung Meningkat

Kamu mungkin merasakan kram dan nyeri di punggung bagian bawah dan selangkangan saat persalinan semakin dekat. Otot dan persendian ibu hamil meregang dan bergeser sebagai persiapan untuk kelahiran.


Diare juga menjadi tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Seperti apa? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2