Ini 8 Tanda-Tanda Melahirkan, Siapkan Diri Ibu dan Bayi

Tri Suharyati - wolipop Minggu, 01 Mar 2020 10:17 WIB
seorang wanita sedang kontraksi atau akan melahirkan Tanda-tanda melahirkan. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Melahirkan adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu bagi pasangan suami istri. Ada perasaan cemas, khawatir, takut dan tentunya rasa bahagia saat menanti kehadiran sang buah hati.

Proses melahirkan membutuhkan waktu yang panjang dan sangat melelahkan untuk calon Ibu. Namun, tidak semua ibu merasakan tanda-tanda melahirkan yang serupa.

Untuk mempersiapkan diri dan siaga dalam menghadapi persalinan, tentunya kamu harus tahu juga tanda-tanda ingin melahirkan. Biasanya tanda-tanda melahirkan terjadi beberapa minggu atau beberapa hari sebelum persalinan.

Tanda-tanda Ibu ingin melahirkan

1. Janin Turun Kebagian Panggul

Saat ingin melahirkan, janin dalam perut akan turun ke bagian panggul dan mendekati bibir rahim, hal ini juga menandakan kepala bayi sudah berada diposisi bawah. Siap-siap ya karena ini tandanya bayi akan segera lahir.

2. Serviks Melebar

Untuk kamu yang baru pertama kali melahirkan, serviks kamu akan menjadi elastis dan melebar. Hal ini terjadi agar mempermudah bayi keluar dari perut. Namun, jika kamu sudah melahirkan serviks akan lebih mudah melebar sekitar satu atau dua sentimeter sebelum persalinan dimulai.

3. Kram Pada Perut dan Nyeri Punggung

Saat ingin melahirkan, biasanya tanda-tanda ini akan sering kamu alami. Kamu akan merasakan nyeri pada bagian selangkangan dan bagian punggung seperti sedang menstruasi namun lebih menyakitkan.

Tanda-tanda melahirkan.Tanda-tanda melahirkan. Foto: istock

4. Keluar Lendir dari Vagina

Selama hamil akan ada semacam sumbat tebal berupa lendir yang melindungi pembukaan serviks agar bakteri tidak gampang masuk ke rahim. Menjelang persalinan, leher rahim mulai rileks sehingga cairan tersebut akan keluar melalui vagina. Cairan tersebut bisa berwarna bening, merah muda bahkan serupa darah. Tanda ini terjadi saat proses melahirkan sudah dekat.

5. Kontraksi

Tanda-tanda ini tentu tidak asing lagi jika proses melahirkan sudah dekat. Umumnya kontraksi aktif menjelang persalinan rasanya mulas karena otot-otot di rahim mengencang, kontraksinya terjadi lebih sering kadang ada kadang hilang. Tanda ini akan terasa sangat menyakitkan.

Tanda-tanda melahirkan.Tanda-tanda melahirkan. Foto: dok. Facebook

6. Air Ketuban Pecah

Pecah ketuban juga merupakan tanda umum menjelang persalinan. Hal ini kadang membuat Ibu panik, apalagi jika air ketuban keluar seperti semburan yang sulit ditahan. Air ketuban adalah cairan amniotik yang mengelilingi bayi selama kehamilan. Saat melahirkan tiba, kantung ketuban pecah dan airnya akan keluar melalui vagina. Pada saat ketuban pecah, kamu perlu berhati-hati terhadap bahaya infeksi. Jaga kebersihan area vagina dan hubungi dokter untuk memastikan apa sudah saatnya kamu melahirkan.

7. Sering Buang Air Kecil

Beberapa hari atau jam sebelum melahirkan, kamu akan lebih sering membuang air kecil. Hal ini terjadi karena janin akan turun ke rongga panggul kamu, sehingga membuat rahim menekan kandung kemih dan akan sering membuang air kecil.

Tanda-tanda melahirkan.Tanda-tanda melahirkan. Foto: Thinkstock

8. Sulit Tidur

Jelang melahirkan kamu akan kesulitan untuk tidur pada malam hari karena gelisah dan khawatir yang mengganggu. Ini merupakan tanda-tanpa kamu akan melahirkan. Usahakan kamu bisa tidur pada siang hari, karena kamu membutuhkan tenaga ketika persalinan berlangsung.

Tanda-tanda Ibu ingin melahirkan di atas dirangkum detikcom dari sejumlah sumber. Jika bunda sudah merasakan tanda-tanda seperti di atas, langsung lakukan pengecekan ke dokter agar tahu apakah kamu sudah saatnya melahirkan atau belum.



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)