5 Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Wanita dan Pria

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 17 Sep 2021 12:45 WIB
Cara mengecilkan perut buncit pada wanita dan pria. Foto: iStock Cara mengecilkan perut buncit pada wanita dan pria. Foto: iStock
Jakarta -

Perut buncit bukan hanya mengganggu penampilan tapi juga bisa menjadi masalah kesehatan. Bagaimana cara mengecilkan perut buncit pada wanita dan pria?

Perut buncit terjadi akibat penumpukan lemak di perut dan sekitarnya. Ada dua jenis lemak penyebab perut buncit, yang pertama visceral yakni lemak yang mengelilingi organ tubuh dan subkutan, lemak yang berada di bawah kulit.

Penumpukan lemak pada perut sehingga mengakibatkan buncit ini bisa memunculkan gangguan kesehatan. Riset yang dilakukan tim Drexel University College of Medicine mengungkapkan bahwa orang yang memiliki lemak berlebih pada perutnya memiliki kemungkinan terkena migrain lebih mudah ketimbang mereka yang berperut rata.

Agar hidup lebih sehat, berikut cara mengecilkan perut buncit pada wanita dan pria:

1. Angkat Beban sebagai Cara Mengecilkan Perut

Latihan ketahanan, juga dikenal sebagai angkat beban atau latihan kekuatan, penting untuk menjaga dan mendapatkan massa otot. Berdasarkan penelitian yang melibatkan orang dengan pradiabetes, diabetes tipe 2, dan penyakit hati berlemak, latihan ketahanan juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan lemak perut.

Faktanya, satu penelitian yang melibatkan remaja dengan kelebihan berat badan menunjukkan bahwa kombinasi latihan kekuatan dan latihan aerobik menyebabkan penurunan lemak visceral terbesar. Jika kamu memutuskan untuk mulai mengangkat beban, ada baiknya untuk mendapatkan saran dari pelatih pribadi bersertifikat.

2. Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Tidur Nyenyak

Tidur penting untuk banyak aspek kesehatan, termasuk berat badan. Studi menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur cenderung menambah berat badan, yang mungkin termasuk lemak perut.

Sebuah studi 16 tahun yang melibatkan lebih dari 68.000 wanita menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 5 jam per malam secara signifikan lebih mungkin untuk menambah berat badan daripada mereka yang tidur 7 jam atau lebih per malam. Selain tidur minimal 7 jam per malam, pastikan kamu mendapatkan kualitas tidur yang cukup.

3. Makan Makanan Probiotik atau Minum Suplemen Probiotik

Probiotik adalah bakteri yang ditemukan di beberapa makanan dan suplemen. Mereka memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Para peneliti telah menemukan bahwa berbagai jenis bakteri berperan dalam pengaturan berat badan dan memiliki keseimbangan yang tepat dapat membantu menurunkan berat badan, termasuk menghilangkan lemak perut. Mereka yang terbukti mengurangi lemak perut termasuk anggota keluarga Lactobacillus, seperti Lactobacillus fermentum, Lactobacillus amylovorus dan terutama Lactobacillus gasseri.

Suplemen probiotik biasanya mengandung beberapa jenis bakteri, jadi pastikan kamu membeli satu yang menyediakan satu atau lebih dari jenis bakteri ini.

Cara mengecilkan perut buncit bisa dengan puasa dan...KLIK HALAMAN SELANJUTNYA

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kim Seon Ho Resmi Dicoret dari 2 Proyek Film"
[Gambas:Video 20detik]