5 Manfaat Santan yang Jarang Diketahui, Nggak Selalu Buruk

Hestianingsih - wolipop Minggu, 29 Agu 2021 17:00 WIB
saus dari santan kelapa dan gula aren Manfaat santan. Foto: iStock
Jakarta -

Santan selama ini dianggap sebagai biang keladi masalah kolesterol dan kenaikan berat badan. Nyatanya santan tak selalu buruk. Apa saja manfaat santan?

Santan adalah bahan masakan yang dihasilkan dari parutan daging kelapa. Setelah diparut, daging kelapa disaring, jadilah cairan putih yang dikenal sebagai santan.

Berikut manfaat santan yang jarang diketahui:

1. Mengandung Nutrisi

Santan memiliki banyak kandungan nutrisi, mulai dari vitamin, mineral dan elektrolit. Manfaat santan kaya akan zat besi, 22% dari kebutuhan harian. Selain itu santan juga mengandung magnesium, pospor, potassiun, tembaga, selenium, seng, folat dan vitamin C. Juga sejumlah vitamin lainnya; vitamin E, K, thiamin, B16, niacin, kolin, asam pantothenic dan kalsium.

2. Mengandung Kalori

Santan sering disebut sebagai penyebab kolesterol seseorang naik. Kenyataannya santan tidak mengantung kolesterol. Santan mengandung kalori, karbohidrat, sodium, protein, lemak tidak jenuh ganda, lemak tidak jenuh tunggal dan lemak jenuh. Kandungan kalori dalam santan ini selama tidak dikonsumsi berlebihan bisa diubah menjadi energi.

3. Asam Laurat

Setengan dari asam lemak rantai sedang yang ada pada santan mengandung asam laurat. Asam laurat berguna sebagai anti-virus, anti bakteri, anti mikroba dan anti jamur. Santan juga dipercaya bisa meningkatkan sistem imun.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Santan yang kerap dihindari demi mendapatkan berat badan ideal mengandung lemak sehat yaitu medium-chain triglycerides (MCTs). Jenis lemak ini menurut riset dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Jadi manfaat santan sebenarnya dapat menjaga berat badan tetap ideal selama mengonsumsinya tidak berlebihan.

5. Perawatan kulit

Selain dikonsumsi, santan ternyata baik untuk melembapkan kulit yang kering dan keriput. Selain itu, manfaat santan lainnya adalah untuk mendapatkan rambut indah. Gunakan santan untuk keramas secara rutin jika ingin memiliki rambut halus dan mudah diatur. Santan juga bisa digunakan untuk mandi berendam.



Simak Video "Deretan Kontroversi yang Iringi Kesuksesan Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)