Ini Aturan Jam Makan Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Lukita Wardhani - wolipop Selasa, 10 Agu 2021 11:02 WIB
Shall We Eat Dinner Together? Aturan jam makan untuk diet menurunkan berat badan. Foto: Getty Images/iStockphoto/frantic00
Jakarta -

Mengatur jam makan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin menurunkan berat badan. Bagaimana aturan jam makan untuk diet?

Biasanya mereka yang sedang menjalankan program diet selalu makan tepat waktu dengan porsi makan mencukupi semua gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika selama ini kebanyakan orang berfokus dengan apa yang dimakan, coba sekarang kita bahas aturan jam makan untuk diet menurunkan berat badan.

Jurnal nutrisi yang dikeluarkan oleh MDPI mengungkapkan bahwa mengatur waktu makan memiliki pengaruh besar terhadap penurunan berat badan.

Berikut aturan jam makan untuk diet:



Sarapan Pagi

Salah satu Jurnal Nutrisi dari MDPI (Molecular Diversity Preservation International) tersebut menerangkan jika kamu ingin menurunkan berat badan, waktu terbaik sarapan pagi sekitar setelah jam 7.00 atau 7.11 dan jangan sampai lewat dari pukul 10.00 pagi. Namun perlu diketahui sebelumnya bahwa sarapan pagi merupakan bagian terpenting dan tidak boleh kamu lewatkan.

Saat sarapan pagi kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Hal tersebut membantu mengurangkan risiko penimbunan lemak dalam tubuh yang bisa membuat kamu merasa lapar sepanjang hari.

Ahli gizi Niti Desai juga merekomendasikan untuk sarapan di pagi hari. Dia mengatakan bahwa melewatkan sarapan adalah tindakan yang buruk. Sesuai data dari National Weight Control Registry, sekitar 80 persen orang yang melakukan sarapan pagi mampu menurunkan berat badan 15 kilogram lebih banyak daripada yang tidak sarapan.

Person experiencing overeating side effects at lunchAturan jam makan untuk diet menurunkan berat badan. Foto: iStock



Snack Time atau Waktu 'Ngemil' Siang

Menjalankan diet, juga butuh ngemil loh. Mengonsumsi makanan ringan dalam rentang waktu antara sarapan pagi dan makan siang juga dianjurkan. Biasanya kamu disarankan untuk ngemil pada saat dua hingga empat jam setelah sarapan. Agar menjaga perut kam tetap kenyang. Namun perlu diingat konsumsi makanan yang rendah kalori dan sehat seperti buah, atau snack diet lainnya. Biasanya waktu yang tepat itu snack saat jam 11 siang.



Makan Siang

Aturan jam makan siang untuk diet menurunkan berat badan adalah kamu sebaiknya jangan menyantap makanan sebelum pukul 12.00 atau setelah pukul 15.00 Kamu harus mengatur waktu makan siang antara jam 12.30 hingga 13.00. Sesuai penelitian yang dikeluarkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti memeriksa 300 pelaku diet yang mencoba menurunkan berat badan dan ditemukan bahwa orang yang makan siang lebih awal mampu menurunkan berat badan lebih banyak.



Snack Sore atau Waktu 'Ngemil' Sore

Sama seperti cemilan pagi, kamu harus mengonsumsi cemilan sore 2 hingga 4 jam setelah makan siang atau sekitar jam 3.14 sore. Ngemil di antara waktu makan siang dan malam mencegah kamu makan berlebihan.

Cobalah untuk mengonsumsi kacang-kacangan, buah-buahan, smoothies sebagai makanan ringan kamu. Makanan atau minuman tersebut bisa meningkatkan asupan buah dan sayuran sehingga mempercepat proses penurunan berat badan.



Makan Malam

Aturan jam makan malam untuk diet menurunkan berat badan adalah sebelum pukul 07.00 malam. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Brigham Young, Utah, Amerika Serikat, melakukan riset pada 29 pria. Mereka diminta untuk tidak makan apa pun setelah jam 7 malam selama sekitar minggu dan kemudian meminta mereka untuk mengonsumsi apa pun yang mereka inginkan selama dua minggu lagi. Ditemukan orang-orang yang makan malam sebelum jam 7 malam mengonsumsi 244 kalori lebih sedikit, yang pada akhirnya membantu mereka menurunkan berat badan. Sangat disarankan tidak mengonsumsi makanan dua jam sebelum tidur.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Forza Supplements kepada 1.000 pelaku diet mengungkap juga aturan jam makan untuk diet. Sebanyak 76% responden mengatakan bahwa sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari untuk menurunkan berat badan. 84% menyatakan bahwa mengatur waktu makan sangat penting untuk menurunkan berat badan.



72% mengatakan tidak melebihi kalori yang mereka miliki saat makan siang atau makan malam. Dua pertiga dari mereka yang disurvei merekomendasikan makan malam sebelum pukul 19.00. Responden mengaku makan malam lebih awal memaksimalkan penurunan berat badan.

Itulah aturan jam makan untuk diet menurunkan berat badan. Bagaimana apakah kamu tertarik mencoba?



Simak Video "Jalani Diet, Berat Badan Ivan Gunawan Turun 25 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)