10 Cara Agar Bisa Tidur Saat Insomnia, Bisa Dicoba Buat yang Coronasomnia

Lukita Wardhani - wolipop Sabtu, 24 Jul 2021 19:00 WIB
ilustrasi tidur Cara agar bisa tidur saat insomnia. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Insomnia merupakan masalah gangguan tidur yang kerap dialami oleh sebagian orang dewasa. Biasanya seseorang mengalami insomnia karena isi kepala yang penuh sehingga mengakibatkan stres. Bagaimana cara agar bisa tidur saat insomnia?

Saat insomnia melanda kamu pun jadi gelisah. Dan berakhir tidur hanya sekejap. Sehingga di pagi harinya kamu akan merasakan pusing karena kurang tidur.

Pada masa pandemi COVID-19 ini, insomnia semakin banyak diderita oleh masyarakat. Selama pandemi COVID-19, sejumlah studi seperti dilansir Sleep Foundation mencatat adanya peningkatan kasus insomnia dan gangguan kesehatan mental. Sebelum pandemi, sekitar 24 persen orang mengalami insomnia, namun setelah pandemi melanda meningkat jadi 40 persen. Gangguan tidur di masa pandemi virus Corona ini disebut dengan istilah coronasomnia.

Berikut cara agar bisa tidur saat mengalami insomnia:

young beautiful hispanic woman at home bedroom lying in bed late at night trying to sleep suffering insomnia sleeping disorder or scared on nightmares looking sad worried and stressedCara agar bisa tidur saat insomnia Foto: Ilustrasi/thinkstock

1. Buat Rutinitas Tidur

Tidur dan bangun pada waktu yang hampir sama setiap hari akan memprogram tubuh kamu untuk tidur lebih nyenyak. Pilih waktu ketika kamu cenderung merasa lelah dan mengantuk.

Kamu juga bisa tetapkan rutinitas waktu tidur yang tenang dan santai. Misalnya, minum segelas susu hangat, mandi air hangat atau mendengarkan musik yang menenangkan. Hindari penggunaan gadget dalam waktu lama, seperti laptop, smartphone, dan ebook sebelum tidur. Minimal satu jam sebelum tidur, jauhkan gadget dari matamu.

2. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyenyak

Cara mengatasi insomnia, kamu harus menjadikan kamar tidur sebagai tempat istirahat yang nyaman dan tenang. Dari mulai suhu, pencahayaan dan kebisingan harus dikontrol sehingga dapat membantu kamu untuk tidur lebih cepat dan lelap.

3. Pastikan Tempat Tidur kamu nyaman

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan nyaman kamu perlu memastikan tempat tidur kamu nyaman. Jik terlalu empuk atau keras pastinya akan sulit mendapatkan kenyamanan tersebut.

4. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga ringan secara teratur, seperti berenang atau berjalan kaki, dapat membantu meredakan ketegangan yang menumpuk sepanjang hari. Namun pastikan kamu tidak melakukan olahraga berat, seperti lari atau gym dalam waktu yang dekat dengan jam tidur kamu, karena itu bisa membuat kamu tetap terjaga.

portrait fitness training athletic sporty woman doing plank exercise inOlahraga teratur, cara agar bisa tidur saat insomnia Foto: thinkstock

5. Cara Agar Bisa Tidur Saat Insomnia: Kurangi kafein

Kurangi konsumsi kafein dalam teh, kopi, minuman energi atau cola, terutama di malam hari. Kafein mengganggu proses tertidur, dan juga mencegah tidur nyenyak. Sebagai gantinya, minumlah minuman hangat seperti susu atau teh herbal.

6. Jangan Tidur Dalam Keadaan Perut Terlalu Kenyang

Terlalu banyak makanan atau minum alkohol saat larut malam, dapat mengganggu pola tidur kamu. Alkohol dapat membantu kamu tertidur pada awalnya, tetapi akan mengganggu tidur di malam hari.

7. Cara Agar Bisa Tidur Saat Insomnia: Jangan merokok

Nikotin adalah stimulan. Orang yang merokok membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur, lebih sering bangun, dan lebih sering mengalami gangguan tidur.

8. Cobalah Bersantai Tanpa Gadget Sebelum Tidur

Cara agar bisa tidur saat insomnia, cobalah mandi air hangat, dengarkan musik yang tenang atau lakukan yoga sederhana untuk menenangkan pikiran dan tubuh kamu. Dokter mungkin dapat merekomendasikan CD relaksasi yang bermanfaat.

9. Hapus Kekhawatiran Kamu dengan Menulis

Jika kamu cenderung memikirkan semua yang harus dilakukan pada esok hari saat sudah di tempat tidur, maka coba sisihkan waktu sebelum tidur untuk menulis dan membuat rencana untuk hari berikutnya. Tujuannya adalah menghindari kamu melakukan hal lain selain mencoba untuk tidur.

10. Jika Kamu Tidak Bisa Tidur, Bangunlah

Jika kamu tidak bisa tidur, jangan berbaring di sana dan mengkhawatirkannya. Bangun dan lakukan sesuatu yang menurut kamu santai sampai merasa mengantuk lagi, lalu kembali tidur.

Dan jika kamu bangun dan tidak bisa kembali tidur dalam waktu 20 menit atau lebih, bangunlah dari tempat tidur. Pergi ke ruangan lain dan membaca atau melakukan aktivitas tenang lainnya sampai merasa mengantuk.

Itulah 10 cara agar bisa tidur saat insomnia. Semoga bermanfaat.



Simak Video "Deretan Kontroversi yang Iringi Kesuksesan Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)