Cara Pakai Masker Dobel yang Benar, Simpel dan Efektif Cegah Corona

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 29 Jun 2021 05:30 WIB
Asian Woman wears a facial mask and she look you Cara pakai masker dobel. Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999
Jakarta -

Menggunakan masker dobel menciptakan penghalang yang kuat terhadap virus corona. Bagaimana cara pakai masker dobel yang benar?

Masker ganda untuk mencegah COVID-19 adalah tindakan perlindungan lain yang dapat digunakan untuk mengurangi peluang terinfeksi. Masker dobel mengacu pada praktik memakai dua masker sehingga membantu menciptakan penghalang yang lebih kuat terhadap COVID-19.

Studi yang dilakukan oleh US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa masker ganda dapat mengurangi paparan terhadap virus COVID-19 hingga 95%. Seperti dikutip dari Business Insider, menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh CDC AS, masker dobel terbukti sangat efektif dalam mencegah penyebaran COVID-19. Namun, ini hanya berlaku jika kamu memakai masker dobel dengan benar.

Menggunakan Masker Bedah dengan Masker Kain

Cara pakai masker dobel yang benar untuk perlindungan dari COVID-19 dengan mengkombinasikan masker bedah dengan masker kain. Menurut US CDC masker kain saja tidak disarankan, tetapi memasangkannya dengan masker bedah secara drastis meningkatkan efektivitasnya.

Cara pakai masker dobel ini juga sangat sederhana. Pertama, kenakan masker bedah dan kemudian masker kain di atasnya.

CDC menyarankan bahwa masker kain harus mendorong tepi masker bedah ke wajah Anda. Dengan kata sederhana, masker kain harus pas.

Aspek penting lainnya yang perlu dipertimbangkan saat memilih masker adalah harus memiliki kawat hidung. Masker dengan kawat hidung menawarkan kenyamanan yang pas. Masker bedah berkualitas baik dilengkapi dengan kawat hidung tertanam di satu sisi.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Pakai Masker Dobel

CDC AS mengungkapkan bahwa dalam pemakaian masker dobel jangan lakukan ini:

1. Jangan Gabungkan Dua Masker Bedah

Cara pakai masker dobel dengan menggabungkan dua masker bedah tidak benar. Dua masker bedah yang digabungkan tidak dirancang agar pas. Selain pemakaian masker dobel dengan menggabungkan masker bedah membuat tak nyaman, ini juga tak efektif sebagai perlindungan COVID-19.

2. Jangan Kombinasikan Masker N95 dengan Masker Lainnya

Masker N95 sudah menawarkan efektivitas 95%. Masker N95 juga tak cocok dikombinasikan dengan masker lainnya. Jadi, Anda tidak boleh menggabungkan masker N95 dengan masker lain.



Simak Video "KuTips: Memilih Masker Organik yang Aman"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)