Waktu Tidur Siang yang Tepat dan Manfaatnya saat Puasa

Vina Oktiani - wolipop Senin, 19 Apr 2021 03:37 WIB
Serene calm young woman sleeping well on orthopedic soft pillow under warm duvet in comfortable cozy fresh bed having good night peaceful healthy sleep enjoying nap dreams resting enough concept Ilustrasi waktu tidur siang yang tepat saat puasa. Foto: iStock
Jakarta -

Saat menjalani puasa, tubuh pasti akan terasa lemas dan letih. Hal tersebut sangat wajar dirasakan karena saat puasa kamu tidak maka maupun minum. Kamu hanya makan dan minum saat sahur dan berbuka puasa. Tidak heran mengapa saat berpuasa kamu lebih mudah mengantuk dan pada akhirnya memutuskan untuk tidur siang sejenak.

Seprti dikutip dari Mayo Clinic, tidur siang sebenarnya bisa memberikanmu beberapa manfaat positif jika kamu melakukannya secara tepat. Tidur siang kurang tepat misalya yang terlalu lama dapat menjadi bumerang bagi tubuhmu. Oleh karena itu kamu perlu memahami kapan waktu tidur siang yang tepat saat puasa dan berapa lama sebaiknya.

Dampak Positif dan Negatif dari Tidur Siang

Jika dilakukan dengan benar, tidur siang dapat memberikan beragam manfaat kesehatan, seperti, relaksasi, mengurangi rasa lelah, meningkatkan kewaspadaan dan kinerja, memperbaiki suasana hati, serta daya ingat yang lebih baik. Namun sayangnya tidak semua orang bisa melakukan tidur siang. Bagi beberapa orang, tidur siang bukanlah hal yang mudah. Mereka mungkin akan mengalami kesulitan untuk melakukan tidur siang walaupun terkadag mereka membutuhkannya.

Selain dampak positif di atas, tidur siang saat puasa juga dapat memberikan dampak negatif, seperti inersia tidur. Kamu mungkin akan merasa pusing dan bingung setelah melakukan tidur siang. Tidur siang juga dapat memberikanmu masalah tidur di malam hari. Jika kamu tidur siang dalam jangka waktu yang pendek maka hal itu mungkin tidak akan mempengaruhi tidur malammu. Namun jika kamu memiliki isomnia atau kualitas tidur yang buruk di malam hari maka melakukan tidur siang sangat tidak disarankan. Tidur siang dalam jangka waktu yang panjang dapat mengganggu tidurmu di malam hari.

Waktu Tidur Siang yang Tepat

Kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan tidur siang jika mengalami kelelahan atau kantuk yang tak terduga. Biasanya ini dirasakan oleh orang-orang yang sedang berpuasa atau saat kurang tidur. Misalnya karena kamu memiliki terlalu banyak pekerjaan untuk dilakukan sehingga membuat waktu tidur malammu hanya sedikit.

Jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal bagi kesehatan tubuhmu maka kamu bisa mengikuti beberapa tips-tips di bawah ini:

1. Tidur Siang Cukup 10 - 20 Menit

Tidur siang selama 10 hingga 20 menit saja sudah cukup. Semakin lama kamu tidur maka semakin besar risiko untuk merasa pusing setelahnya. Namun orang dewasa yang masih muda mugkin dapat mentolerir tidur siang yang lebih lama.

2. Waktu Tidur Siang

Tidur siang di atas jam 3 sore dapat berisiko mengganggu tidurmu di malam hari. Selai itu, faktor-faktor lain seperti usia dan obat-obatan yang kamu gunakan juga dapat berperan dalam menentukan waktu tidur siang terbaik bagimu.

3. Ciptakan Kondisi Lingkungan yang Tenang

Tidur siang di kondisi lingkungan yang tenang, gelap, dan suhu kamar yang pas akan membuatmu merasa lebih nyaman dan bisa tidur tanpa adanya gangguan. Setelah tidur siang, beri waktu sejenak bagi dirimu untuk bangun, sebelum kembali beraktivitas.

Selama puasa ini kamu mungkin akan mengalami peningkatan tidur siang karena rasa lemas dan letih yang kamu rasakan. Tetapi jika kamu mengalami peningkatan kebutuhan tidur siang tanpa penyebab yang jelas maka kamu bisa mengonsultasikannya ke dokter.



Simak Video "KuTips: Cara Baca Al-Qur'an dengan Tanda Waqaf"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)