5 Menu Sahur yang Bisa Bikin Tubuh Tidak Lemas Saat Puasa

Hestianingsih - wolipop Senin, 11 Mei 2020 03:30 WIB
Silhoutte of muslim woman praying during fasting holy month of ramadan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Rasa lemas, haus dan lapar pasti akan dialami setiap orang yang berpuasa. Tapi kamu bisa tetap segar dan semangat menjalani aktivitas, bila mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur. Ini jenis menu sahur yang baik dikonsumsi, agar tubuh tak lemas dan lesu saat beraktivitas seharian.

1. Air Lemon
Menurut pakar food combining Erikar Lebang dalam bukunya 'Food Combining di Bulan Ramadhan', meminum segelas air hangat yang diberi sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis saat sahur baik untuk tubuh. Gunanya sebagai tonik untuk liver yang telah bekerja semalaman sebagai katalisator serap saat tidur.

2. Buah
Buah kaya vitamin dan mineral dan memiliki efek 'listrik' yang berfungsi mengubah cadangan makanan sebagai sumber energi serta membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi tiga porsi buah seperti melon, jeruk atau pir sedikitnya 15 menit sebelum makan nasi.



3. Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks energi levelnya stabil dan meningkatkan gula darah secara perlahan sehingga tubuh tidak kaget atau shock. Peningkatan gula darah yang perlahan, penurunannya juga perlahan sehingga tubuh tidak mudah lemas. Karbohidrat kompleks juga lebih lama dicerna tubuh sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Jenis karbohidrat ini bisa didapat dari nasi merah, sayuran dan umbi-umbian.

4. Pilih Air Putih Ketimbang Teh Manis
Menyeruput teh manis hangat saat santap sahur memang nikmat. Kombinasi teh dan gula juga cepat memberi tambahan energi. Namun energi yang dihasilkan dari gula pasir juga akan hilang dengan cepat. Tubuh pun akan terasa lebih lemas. Saat sahur, lebih sehat meminum air putih untuk menyediakan cadangan cairan selama berpuasa. Hindari kopi dan teh terlalu banyak karena bisa menyebabkan dehidrasi.



5. Suplemen Makanan
Jika Anda akan beraktivitas lebih banyak dan intens dari biasanya, disarankan untuk mengonsumsi suplemen makanan sebagai tambahan energi. Pilih suplemen yang lengkap kandungan vitamin, mineral dan omega-3 agar energi tetap terjaga hingga menjelang buka puasa.



Simak Video "LDR sama Keluarga, Bikin Hampers Sendiri Yuk! "
[Gambas:Video 20detik]
(hst/eny)