7 Kesalahan Berpuasa yang Justru Bikin Berat Badan Naik

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 09 Mei 2020 07:00 WIB
Concept cheat day. Let us dally off hard diet. Close up . Kesalahan Puasa yang Bikin Berat Badan Naik. Foto: iStock
Jakarta -

Bulan Ramadhan adalah waktu untuk berpuasa menahan lapar dan haus serta hawa nafsu. Puasa tentu saja membuat jam makanmu menjadi terbatas. Sebenarnya, puasa jika dilakukan dengan benar dapat memberikan dampak yang positif bagi tubuh, salah satunya adalah penurunan berat badan.

Tapi jika kamu sudah berpuasa dan justru mengalami peningkatan berat badan maka kemungkinan besar ada yang salah dari caramu berpuasa. Seperti dilansir dari Al Arabiya, berikut ini 7 kesalahan saat berpuasa yang justru bikin berat badan naik yang perlu kamu tahu.

1. Tidak Memiliki Rencana Diet

Selama bulan Ramadhan, penting juga bagimu untuk mengatur rencana diet atau pola makan, seperti dengan merencanakan makanan apa yang akan kamu makan saat sahur dan berbuka puasa. Apakah kamu akan mengonsumsi makanan yang seimbang, bergizi, dan sehat? Termasuk makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan serat seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-sayuran, serta daging, ayam, ikan, atau susu yang rendah lemak.

Selain itu, kamu juga perlu membuat rencana untuk berolahraga sebelum ataupun setelah berbuka puasa. Pastikan juga kamu memiliki waktu tidur yang cukup selama di bulan Ramadhan. Pertimbangkan apakah kamu perlu tidur lebih awal untuk bangun sahur atau tidur larut dan tidur siang sebelum berbuka puasa.

2. Hanya Minum Sedikit saat Berbuka Puasa

Membiarkan tubuhmu tetap terhidrasi adalah kunci utama untuk penurunan berat badan selama puasa. Caranya adalah dengan minum setidaknya delapan gelas air saat kamu sahur atau berbuka puasa. Misalnya, dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas di antara iftar dan sahur, dan dua gelas saat sahur.

Minum cukup cairan tidak hanya mencegah kamu mengalami dehidrasi selama puasa, tetapi juga dapat membantu mengendalikan keinginan gula setelah berbuka puasa. Kamu juga perlu membatasi konsumsi kopi atau teh hitam karena itu akan membuat tubuh justru menjadii lebih dehidrasi. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba mengonsumsi teh herbal.

3. Makan Berlebihan

Walaupun kamu sudah berpuasa seharian namun sangat tidak disarankan untuk makan berlebihan ketika berbuka puasa karena itu justru bisa meningkatkan berat badanmu saat puasa. Jangan melebihi porsi makan yang biasanya kamu konsumsi saat siang atau malam hari.

Kamu bisa memilih makanan-makanan yang bisa menurunkan berat badan, seperti yang tinggi serat, air, dan protein. Cobalah memulai santapan buka puasa dengan sup dan salad rendah kalori. Lalu setelahnya konsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti ikan, dada ayam, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, atau susu rendah lemak. Jangan lupa sertakan karbohidrat seperti nasi merah dalam hidangan buka puasamu.

4. Konsumsi Gula Berlebih

Terlalu banyak asupan gula di bulan Ramadhan juga bisa menjadi alasan mengapa kamu mengalami peningkatan berat badan saat berpuasa. Agar berat badan tetap terjaga, cobalah untuk hanya mengonsumsi gula alami yang terdapat dari buah-buahan, molasses atau tetes tebu, dan madu.

5. Makan Makanan Tinggi Lemak

Jika kamu tidak ingin berat badanmu menjadi naik saat kamu tengah berpuasa, maka hindari untuk mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi lemak. Kamu bisa membuat makanan-makanan yang lebih sehat tanpa menggoreng. Sebagai gantinya, kamu bisa mengurangi lemak dalam makananmu dengan cara merebus, memanggang, atau mengukusnya. Namun kamu juga tetap memerlukan lemak baik untuk tubuhmu. Cobalah untuk mencampurkan alpukat dengan salad yang akan kamu konsumsi.

6. Tidak Aktif Bergerak

Berpuasa bukan berarti kamu harus mengisi waktu dengan hanya bermalas-malasan. Hal itu justru yang dapat menjadi penyebab peningkatan berat badanmu. Cobalah untuk menyisihkan sebagian waktumu untuk berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup olahraga ringan seperti berjalan atau membersihkan rumah. Olahraga akan membantumu untuk mencegah hilangnya kekuatan otot dan membuatmu menjadi lebih sehat.

7. Melewatkan Sahur

Puasa memang membuat jam makanmu menjadi terbatas, tetapi hal itu bukan alasan untuk melewatkan sahur. Melewatkan sahur justru akan berdampak pada puasamu di hari-hari selanjutnya. Kamu akan merasa lebih lapar saat berbuka puasa dan pada akhirnya membuatmu makan berlebihan. Saat kamu memilih makanan sahur, cobalah untuk menghindari garam agar kamu tidak merasa lebih haus saat berpuasa. Sahur seimbang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan protein dari keju atau telur.



Simak Video "LDR sama Keluarga, Bikin Hampers Sendiri Yuk! "
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)