10 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami, Kamu Harus Tahu

Annissa Kamila - wolipop Selasa, 30 Mar 2021 11:33 WIB
Stinky. Closeup portrait headshot woman pinches nose with fingers hands looks with disgust something stinks bad smell situation isolated on gray wall background. Face expression body language reaction Cara menghilangkan bau badan secara alami. Foto: iStock
Jakarta -

Bau badan tidak sedap bukan hanya mengundang rasa risih pada diri sendiri, namun juga bisa mengganggu orang-orang yang berada di sekitar kamu. Bagaimana cara menghilangkan bau badan secara alami?

Bau badan disebabkan oleh produksi keringat. Ketika keringat terlalu lama didiamkan sehingga menempel pada kulit dapat memicu bakteri-bakteri di sekitar kulit berkembang biak dengan cepat dan inilah yang memicu bau badan.

Selain karena produksi keringat dan malasnya membersihkan tubuh, bau badan juga dapat disebabkan hal lainnya. Seperti di antaranya, makanan dan obat-obatan tertentu dan kondisi medis.

Dalam beberapa kondisi, seperti pasien penderita diabetes, penyakit ginjal dan penyakit hati memungkinkan untuk memiliki bau badan yang lebih buruk. Selain itu, seiring bertambahnya usia seseorang juga akan mempengaruhi bau badannya.

Berikut cara menghilangkan bau badan secara alami:

tidur telanjang - showerMenjaga kebersihan tubuh dengan mandi, cara menghilangkan bau badan secara alami. Foto: thinkstock

1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Mandi dapat membantu menjaga kebersihan tubuh, seperti menghilangkan beberapa bakteri yang menempel pada lapisan kulit. Secara medis keringat tidak memiliki bau, namun bakteri mengubahnya menjadi asam. Sehingga hal inilah yang menimbulkan bau badan.

Ketika mandi, kamu harus membersihkan seluruh tubuhmu dengan menggosokkan tubuh secara menyeluruh, terutama di area yang memproduksi keringat. Pastikan kamu menggunakan sabun mandi yang tepat untuk membantu proses pembersihan bakteri dari tubuh.

2. Mengeringkan Tubuh dengan Baik

Pastikan kamu mengeringkan tubuhmu dengan baik dan benar. Jangan biarkan ada tubuh yang lembab, terutama pada daerah-daerah yang memproduksi keringat berlebih. Karena tubuh yang lembab akan menjadi lokasi bakteri untuk menetap dan akhirnya bau badan akan kembali. Pilih handuk yang menyerap air saat mengeringkan tubuh.

3. Mengenakan Pakaian Bersih

Kenakan pakaian yang menyerap dan gantilah pakaian apabila berkeringat muncul berlebih. Pakaian yang bersih dapat membantu mengontrol bakteri. Kamu harus memastikan setiap pakaian yang kamu gunakan bersih dan tidak bau.

4. Memakai Baju yang Longgar

High Fashion Clothing. Beautiful Sexy Woman Wearing Fashionable Spring Or Fall Clothes (beige trench coat, blue bag, jeans, accessories) Outdoors. Female Model In Stylish Elegant Outfit walking Street. Autumn trend 2018.Cara menghilangkan bau badan alami, dengan memakai baju yang longgar. Foto: iStock

Pakaian yang longgar dapat membantu kulit untuk bernafas sehingga membantu untuk mencegah produksi keringat berlebih dan menghindari bau badan. Pemilihan jenis kain yang tepat dapat membantu pengendapan keringat di kulit.

5. Memperhatikan Makanan

Dengan memperhatikan makanan yang kamu makan akan mempengaruhi bau badan. Memakan makanan pedas dan berkafein, dapat membuat produksi keringat menjadi berlebih sehingga akan meningkatkan bau badan. Makanan olahan atau makanan yang menggunakan bawang putih dan bawang merah berlebihan juga dapat meningkatkan faktor bau badan.

6. Membersihkan Rambut Tubuh

Rambut tubuh bisa menjadi lokasi produksi keringat berlebih sehingga membuat bakteri berkembang pesat dan meningkatkan bau badan. Cukur rambut tubuh secara teratur, terutama bagian di bawah lengan dan di area kewanitaan. Ini dapat membantu untuk menghentikan bakteri yang tersembunyi dan berkembang serta dapat mengurangi bau badan.

Menghilangkan bau badan secara alami juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Berikut pilihan makanan yang bisa jadi cara menghilangkan bau badan secara alami:

Healthy lifestyle. Good life. Organic food. Vegetables. Close up portrait of happy cute beautiful young woman while she try tasty vegan salad in the kitchen at home.Makan sayuran hijau, cara menghilangkan bau badan secara alami. Foto: iStock

1. Makan Sayuran Hijau

Seperti dikutip dari Newsweek, sayuran hijau adalah salah satu sumber makanan yang dapat mengatasi bau badan, khususnya daerah bawah tubuh. Kandungan klorofil di dalam sayuran hijau berfungsi untuk menetralkan bau badan.

2. Makanan Berserat

Makanan dengan serat tinggi seperti gandum, kacang-kacangan, kacang polong dan lainya dapat memproses senyawa bau apapun dalam makanan dan membantu proses detoksifikasi alami dalam tubuh.

Peeled OrangesMakan buah jeruk, cara menghilangkan bau badan secara alami. Foto: Istimewa

3. Makan Buah Jeruk

Buah jeruk dapat meminimalisir racun dan mendorong aroma tubuh menjadi lebih segar dengan mendorong aliran air ke seluruh tubuh. Kamu dapat memodifikasinya dengan menjadikan buah jeruk sebagai jus segar yang dapat dikonsumsi setiap hari terutama di pagi hari.

4. Minum Teh Herbal

Beberapa produk teh herbal dapat membantu mengurangi bau badan. Teh herbal memiliki kandungan yang menjadi sumber antioksidan. Selain itu mengonsumsi teh herbal seperti peppermint dapat membantu meningkatkan proses pencernaan pada tubuh. Pilihan lainnya adalah teh bunga melati yang dapat kamu nikmati aromanya.

Demikianlah cara menghilangkan bau badan. Dengan melakukan cara-cara tersebut secara teratur dapat membantu kamu mengatasi bau badan.



Simak Video "GISELLE aespa Minta Maaf Usai Tersandung Kontroversi Rasisme"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)