10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Tanpa Deodoran

Tim Wolipop - wolipop Minggu, 02 Agu 2020 07:01 WIB
Stinky. Closeup portrait headshot woman pinches nose with fingers hands looks with disgust something stinks bad smell situation isolated on gray wall background. Face expression body language reaction Foto: iStock/10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Tanpa Deodoran
Jakarta -

Bau ketek membuat kita tidak nyaman dan percaya diri untuk bersosialisasi. Karena itu kita memerlukan cara untuk menghilangkan bau ketek tersebut.

Sebenarnya keringat yang tidak tercampur bakteri tidak menimbulkan bau. Namun untuk keringat yang tercampur bakteri akan menyebabkan bau terutama pada ketek.

Selain mengikuti cara-cara efektif di bawah ini, Anda juga harus menjaga pola makan yang sehat. Hal ini tidak hanya akan menghilangkan bau badan namun membuat Anda merasa lebih percaya diri.

Berikut cara menghilangkan bau ketiak dikutip dari doctor ndtv dan stylecraze:

1. Jaga Kebersihan Diri

Gunakan air hangat untuk mandi dan idealnya mandi dua kali sehari. Jangan lupa mandi setelah olahraga dan selalu pastikan untuk menggunakan handuk segar dan bersih.

2. Pakai Baju Menyerap Keringat

Pakailah baju yang menyerap keringat. Pakai baju yang berbahan katun. Penelitian telah menunjukkan bahwa katun memiliki kapasitas yang lebih baik untuk menyerap keringat dan bau dibandingkan dengan pakaian poliester dan sintetis. Bau badan lebih banyak tumbuh pada tekstil sintetis. Jadi, mengenakan pakaian dari bahan katun tidak hanya akan membuat kulit Anda bernafas, tetapi juga akan membantu menjaga keringat Anda.

3. Hindari Daging Merah

alasan kurangi konsumsi daging merahalasan kurangi konsumsi daging merah Foto: GettyImages

Penelitian menunjukkan bahwa makan daging merah membantu menghilangkan bau ketiak. Jadi, yang terbaik adalah menghindari daging merah atau meminimalkan mengonsumsinya. Anda bisa menggantinya dengan makan ikan dan unggas.

4. Cukur Rambut Ketiak Anda

Bakteri cenderung tumbuh di batang rambut di ketiak Anda dan ini menyebabkan ketiak Anda lebih berbau. Cukur dan singkirkan rambut ketiak Anda untuk meminimalkan bau.

5. Gunakan Lemon

lemonlemon Foto: iStock

Lemon adalah salah satu solusi terbaik yang secara efektif membunuh bakteri. Potong lemon segar menjadi dua bagian dan gosokkan setengah dari lemon pada ketiak dan biarkan air lemon menempel di kulit ketiak Anda. Kemudian mandi setelah dibiarkan kering selama beberapa lama. Lakukan hal ini setiap hari dan bau badan Anda akan berkurang.

6. Baking Soda

Baking soda dapat membantu menjaga ketiak Anda kering dan bebas keringat. Sifat antibakterinya dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan bau keringat.

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau ketiak yakni campurkan 1 sendok makan baking soda dan 1 sendok makan jeruk lemon. Lalu Oleskan langsung ke ketiak Anda dan biarkan selama sekitar 2 hingga 3 menit. Kemudian mandilah dan bau badan langsung hilang.


7. Garam Epsom

Garam epsom atau garam mandi biasanya meningkatkan keringat untuk membantu tubuh melepaskan racun apa pun yang bisa menyebabkan bau badan tidak sedap. Garam itu juga akan membantu menghilangkan bau ketiak Anda.

Cara menggunakan garam epsom untuk menghilangkan bau ketiak yakni tambahkan secangkir garam epsom ke air mandi Anda. Rendam dalam air selama 15 hingga 20 menit. Lakukan ini sehari sekali selama beberapa minggu.

8. Lidah Buaya

an aloe vera plantan aloe vera plant Foto: iStock

Lidah buaya adalah sumber antioksidan yang kaya dan memiliki sifat antibakteri. Hal ini dapat menjadi salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan bau ketiak.

Lidah buaya dapat membantu mendetoksifikasi tubuh Anda dan mengurangi bau tidak sedap, serta dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau ketiak.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bau ketiak yakni ambil sedikit gel lidah buaya di jari Anda. Kemudian oleskan langsung ke ketiak Anda. Biarkan semalaman dan bersihkan keesokan paginya. Anda juga bisa minum sekitar seperempat cangkir jus lidah buaya setiap hari. Lakukan ini sekali sehari.

9. Kentang

Raw PotatoRaw Potato Foto: iStock

Kentang dapat membantu mengendalikan keringat dan membunuh bakteri yang ada di ketiak Anda dengan menurunkan pH kulit Anda. Hal ini karena kentang mengandung sedikit asam dan memiliki sifat antimikroba.

Cara menggunakan kentang untuk menghilangkan bau ketiak yakni ambil kentang dan potong menjadi irisan tipis. Lalu gosokkan irisan langsung ke ketiak Anda dan biarkan mengering. Anda dapat melakukan ini 1 hingga 2 kali sehari.

10. Cuka Sari Apel

cuka sari apelcuka sari apel Foto: Thinkstock

Cuka sari apel mengandung sifat antimikroba. Cuka sari apel dapat menetralkan lingkungan di area ketiak dan membantu dalam menghancurkan bakteri penyebab bau ketiak. Penggunaan cuka sari apel secara teratur juga dapat membantu mencegah penumpukan bakteri.

Cara menggunakan cuka sari apel untuk menghilangkan bau ketiak (https://www.detik.com/tag/cara-menghilangkan-bau-ketiak) yakni ambil cuka sari apel dalam mangkuk kecil. Celupkan kapas ke dalam cuka sari apel dan oleskan langsung ke ketiak Anda. Lakukan ini dua kali sehari yakni setiap pagi setelah mandi dan setiap malam sebelum tidur.



Simak Video "Yuk Intip Proses Pembuatan Sepatu Rajut Lokal!"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)