9 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Efektif Atasi Gatal

Lukita Wardani - wolipop Sabtu, 06 Mar 2021 13:06 WIB
Cara menghilangkan ketombe secara alami. Foto: Getty Images/iStockphoto/Antonio_Diaz Cara menghilangkan ketombe secara alami. Foto: Getty Images/iStockphoto/Antonio_Diaz
Jakarta -

Ketombe menjadi permasalahan bagi banyak orang, baik pria maupun wanita. Bagi kamu yang bermasalah dengan ketombe mungkin sudah mencoba berbagai shampo. Tapi apakah kamu pernah mencari tahu cara menghilangkan ketombe secara alami?

Efek dari ketombe ini memang membuat tidak nyaman, kulit kepala kamu bisa menjadi gatal dan mengelupas. Tidak jarang ketombe menimbulkan gejala lain seperti kulit kepala berminyak dan mudah kesemutan.

Pada dasarnya penyebab ketombe adalah kulit kepala yang kering, dermatitis seboroik, dan menggunakan shampo yang tidak sesuai dengan jenis jamur tertentu yang hidup di kulit kepala kamu. Meskipun banyak produk yang menjual dengan klaim dapat membebaskan kulit kepala dari ketombe, tidak ada salahnya kamu mencoba cara alami untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala kamu.

Berikut sembilan cara menghilangkan ketombe secara alami:

Portrait of a beautiful young woman examining her scalp and hair in front of the mirror, hair roots, color, grey hair, hair loss or dry scalp problemCara menghilangkan ketombe secara alami. Foto: Getty Images/iStockphoto/triocean

1. Gunakan Minyak Pohon Teh

Secara historis, minyak pohon teh telah digunakan untuk mengobati penyakit mulai dari jerawat hingga psoriasis. Minyak pohon teh juga terbukti memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang kuat, sehingga dapat membantu meringankan gejala ketombe.

Menurut sebuah ulasan, minyak pohon teh efektif melawan strain spesifik jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe. Studi lainnya meneliti efek minyak pohon teh pada ketombe dengan merawat 126 orang setiap hari dengan shampo yang mengandung minyak pohon teh 5% atau plasebo. Hasilnya minyak pohon teh mengurangi keparahan gejala hingga 41% dan mengurangi rasa berminyak dan gatal.

Perlu diingat minyak pohon teh dapat menyebabkan iritasi pada mereka yang memiliki kulit sensitif. Jadi cara terbaik menggunakan minyak pohon teh adalah mengencerkannya dengan menambahkan beberapa tetes ke minyak pembawa seperti minyak kelapa sebelum mengoleskannya langsung ke kulit.

2. Gunakan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan ketombe secara alami bisa dengan minyak kelapa. Minyak kelapa terkenal dengan berbagai manfaat kesehatannya dan bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi ketombe.

Seperti dikutip dari Healthline, minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan yang dapat memperburuk ketombe. Sebuah penelitian kecil terhadap 34 orang menunjukkan bahwa minyak kelapa sama efektifnya dengan minyak mineral dalam meningkatkan hidrasi kulit.

Minyak kelapa dan senyawanya juga telah terbukti memiliki sifat antimikroba dalam beberapa penelitian. Meskipun efek pada strain spesifik jamur penyebab ketombe belum diteliti.

3. Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah sejenis sukulen yang sering ditambahkan ke salep kulit, kosmetik dan losion. Saat dioleskan ke kulit, lidah buaya dipercaya dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti luka bakar, psoriasis dan luka dingin serta bisa bermanfaat dalam pengobatan ketombe.

Sebuah studi mengungkapkan sifat antibakteri dan antijamur lidah buaya dapat membantu melindungi dari ketombe. Demikian pula, penelitian tabung reaksi menemukan bahwa lidah buaya efektif melawan beberapa spesies jamur dan dapat membantu mengendalikan infeksi jamur yang menyebabkan rambut rontok dari kulit kepala. Studi juga menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi peradangan, yang dapat meredakan gejala ketombe.

4. Meminimalisir Stres

Cara menghilangkan ketombe dengan alami dan mudah adalah meminilasiri stres. Stres diyakini memengaruhi banyak aspek kesehatan dan kesejahteraan. Meskipun stres itu sendiri tidak menyebabkan ketombe, tapi dapat memperburuk gejala seperti kulit kepala kering dan gatal-gatal.

Stres juga dapat melemahkan sistem kekebalan dan menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi penyebab ketombe. Stres sering mendahului episode dermatitis seboroik, salah satu penyebab ketombe yang paling umum.

Untuk menjaga tingkat stres tetap terkendali, cobalah beberapa teknik pengurangan stres, seperti meditasi, yoga, pernapasan, atau aromaterapi.

Portrait of a beautiful young woman examining her scalp and hair in front of the mirror, hair roots, color, grey hair, hair loss or dry scalp problemCara menghilangkan ketombe secara alami. Foto: Getty Images/iStockphoto/triocean

5. Konsumsi Cuka Sari Apel

Cuka sari apel telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Ini termasuk meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu penurunan berat badan. Cuka sari apel juga sering digunakan sebagai cara menghilangkan ketombo secara alami.

Keasaman pada cuka dipercaya membantu merangsang pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala. Cuka sari apel juga dikatakan dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan melawan ketombe.

6. Menggunakan Aspirin

Aspirin atau asam salisilat adalah salah satu senyawa utama yang ditemukan dalam aspirin yang bertanggung jawab atas sifat anti-inflamasi. Selain ditemukan di aspirin, asam salisilat juga ditemukan di banyak shampo anti ketombe.

Asam salisilat bekerja dengan membantu menghilangkan kulit bersisik dan melonggarkan serpihan ketombe. Untuk pengobatan ketombe yang mudah, coba hancurkan dua tablet aspirin dan tambahkan bedak ke shampo kamu sebelum mencuci rambut.

7. Tingkatkan Asupan Omega-3

Asam lemak omega-3 berperan penting dalam tubuh. Mereka tidak hanya membentuk membran sel yang mengelilingi sel, tetapi juga penting dalam fungsi jantung, sistem kekebalan, dan paru-paru.

Asam lemak omega-3 juga penting untuk kesehatan kulit. Mereka membantu mengelola produksi dan hidrasi minyak, meningkatkan penyembuhan luka dan mencegah penuaan dini.

Kekurangan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk rambut kering, kulit kering, dan bahkan ketombe. Asam lemak omega-3 juga dapat mengurangi peradangan, yang dapat membantu meredakan gejala iritasi dan ketombe.

Ikan berlemak seperti salmon, trout, dan mackerel merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Kamu juga dapat mengonsumsi suplemen minyak ikan atau menambah asupan makanan kaya omega-3 lainnya seperti biji rami, biji chia, dan kenari.

Apalagi cara menghilangkan ketombe secara alami? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2