Benarkah Keramas Pakai Garam Bermanfaat Untuk Rambut? Ini Kata Riset

Lukita Wardani - wolipop Rabu, 09 Sep 2020 11:17 WIB
natural organic cosmetics with pink Himalayan salt, soap and eucalyptus branch on a pink background. Aromatherapy and Spa treatments Manfaat keramas pakai garam. Foto: Getty Images/iStockphoto/Olga Buntovskih
Jakarta -

Ada banyak cara untuk membuat rambut lebih indah dan sehat. Salah satu cara yang diyakini itu adalah keramas pakai garam. Kenapa keramas pakai garam bermanfaat untuk rambut?

Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh air laut atau air garam pada orang yang memiliki kondisi rambut tidak baik atau serius karena keadaan kulit gatal, merah, dan terkadang bengkak, termasuk kulit kepala. Rasa gatal dapat menyebabkan rambut rontok terutama karena kulit kepala yang terus digaruk.

Sebanyak 33 pasien dengan usia rata-rata 26 tahun menjadi sasaran tes rambut. Seperti dikutip dari Hair Guard, setelah minum air laut (yang kondisinya tidak tercemar) selama enam bulan, kadar mineral esensial, termasuk kalium dan selenium, meningkat secara signifikan. Di saat yang sama, meminum air laut secara signifikan menurunkan kadar merkuri dan timbal yang dianggap berbahaya. Hasilnya 27 dari 33 pasien yang rambutnya bermasalah mengalami kondisi yang membaik.

Berdasarkan hasil penelitian di atas terungkap air asin memiliki konsentrasi mineral dan vitamin yang tinggi sehingga bersifat terapi. Air garam juga mengandung kalium dan selenium, yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut.

natural organic cosmetics with pink Himalayan salt, soap and eucalyptus branch on a pink background. Aromatherapy and Spa treatmentsBenarkah keramas pakai garam bermanfaat untuk rambut. Foto: Getty Images/iStockphoto/Olga Buntovskih

Mineral ini diserap ke dalam kulit dan kulit kepala, menghasilkan efek antibiotik yang dapat mengurangi masalah kulit kepala umum seperti eksim dan psoriasis. Keramas pakai garam juga bisa menghilangkan unsur-unsur yang berbahaya bagi rambut kamu, seperti merkuri. Manfaat lain dari keramas pakai garam adalah membantu menghilangkan minyak di kulit kepala karena menyerap minyak berlebih sehingga membuat halus.

Selain itu juga kristal garam dalam air menambah nutrisi ekstra pada rambut kamu sehingga menenangkan kulit kepala yang gatal dan kering. Vitamin dan mineral seperti magnesium, potasium, dan selenium yang ada di dalam air garam ini berkontribusi pada kesehatan rambut.

Keramas pakai garam bisa jadi eksfoliator yang baik dan merangsang aliran darah di kulit kepala. Cara ini memastikan lebih banyak nutrisi masuk ke folikel rambut sehingga rambut lebih sehat. Garam memiliki khasiat anti jamur dan membantu menghilangkan ketombe akibat jamur dengan mengurangi kelembaban.

Styled beauty corner, web banner. Skin cream, tonicum bottle, dry flowers, leaves, rose and Himalayan salt. White table background. Organic cosmetics, spa concept, empty space. Flat lay, top viewManfaat garam untuk rambut. Foto: iStock

Kamu bisa menggunakan garam laut tanpa mencampurnya dengan shampo, tapi tetap mendapatkan hasil terbaik. Begini caranya:

- Hangatkan air dalam panci

- Tambahkan tiga sendok makan garam laut ke dalam air.

- Setelah larutan dingin atau suhunya normal, bilas kulit kepala dengan larutan tersebut dan pijat selama 6-8 menit.

- Terakhir bilas rambut kamu dengan air dingin.

Cara ini dapat menghilangkan sel kulit mati pada rambut, serta penumpukan produk lama dan kotoran. Namun, pastikan untuk tidak mencuci rambut dengan larutan buatan sendiri ini lebih dari sekali dalam sebulan karena terlalu banyak keramas pakai garam terutama dengan bahan yang kasar (garam laut) dapat membuat folikel rambut terlalu terbuka.



Simak Video "Tips Rinni Wulandari yang Suka Gonta-ganti Warna Rambut"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)