Liputan Khusus Tren Glow Up

Glow Up Challenge Kini Jadi Tren, Ini Sebabnya Menurut Psikolog

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 07 Feb 2021 19:05 WIB
Woman. Asian Model Beauty Portrait. Beautiful Female Touches Her Shoulder And Looking At Camera. Tender Girl With Perfect Glowing Skin And Nude Natural Makeup Posing Against Beige Background. Foto: Getty Images/iStockphoto/puhhha
Jakarta -

Selama pandemi, tren glow up ramai di media sosial. Saat mengikuti glow up challenge ini, seseorang akan mengunggah foto mereka sebelum dan sesudah menjalani perawatan wajah dan tubuh atau diet menurunkan berat badan.

Pada video atau foto glow up challenge yang diunggah ke media sosial tersebut, seseorang akan menunjukkan penampilan masa lalu kemudian menceritakan segala perjuangan menuju glow up. Tantangan glow up ini banyak diikuti pengguna media sosial. Pada TikTok, video dengan hashtag glow up challenge sudah ditonton miliaran kali.

Apa yang membuat orang kini ramai-ramai ingin glow up? Menurut psikolog Meity Arianty STP., M. Psi wanita identik dengan sesuatu yang indah. Dan hampir semua wanita menginginkan dirinya terlihat menarik, cantik dan seksi.

"Karena wanita seringkali ingin diperhatikan dan diakui keberadaannya, wanita bahkan rela melakukan segala hal untuk mendapatkan pengakuan tersebut. Walau sebagian wanita sudah menyadari bahwa kecantikan itu bukan hanya sekedar fisik namun inner beauty, personality dan attitude yang paling utama. Bahkan sekarang sebagian wanita memiliki persepsi cantik itu harus cerdas sehingga bukan hanya fisik semata," kata Mei saat dihubungi Wolipop belum lama ini.

Selain itu Mei mengatakan jika standar kecantikan mempengaruhi psikologis seorang wanita. Biasanya saat seseorang melihat dirinya cantik dan diakui oleh orang lain, maka ia akan merasa diterima dan secara otomatis harga dirinya meningkat.

"Ini yang mempengaruhi psikologis wanita. Ketika orang lain memandang dirinya sebagai seseorang yang menarik dan cantik. Standar kecantikan bisa saja berbeda antara satu dengan yang lain," tuturnya.

Psikolog yang juga dosen di Universitas Gunadarma itu menyebutkan apa saja yang harus dipersiapkan jika kamu ingin glow up. "Hal yang paling sedehana adalah perawatan secara konsisten, karena kuncinya adalah bagaimana wanita itu merawat dirinya. Biasanya mereka akan menyiapkan dana sebanyak mungkin untuk berbagai produk kecantikan. Namun materi saja nggak cukup karena harus konsisten melakukan perawatan dan memiliki motivasi untuk terlihat cantik dan menarik sesuai persepsinya," tambah Mei.

Alasan lainnya mengapa wanita rela diet ketat atau olahraga rutin demi glow up, Mei mengungkapkan, karena bagi wanita, penerimaan adalah hal nomor satu. Wanita akan merasa diterima jika mereka cantik, mempunyai tubuh yang seksi, menarik dan dapat dilihat orang lain.

"Hal itu yang membuat wanita lebih percaya diri. Wanita merasa orang-orang akan lebih tertarik kepada wanita yang seksi dan cantik, persepsi ini sudah tertanam dan mengakar dalam pikiran wanita sejak zaman dahulu kala. Wanita sangat percaya bahwa wanita itu harus cantik, ini seakan menjadi dorongan alam bawah sadar yang menggerakkan wanita itu untuk melakukan segala cara untuk menjadi cantik," pungkasnya.

(gaf/eny)