7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Hingga Skincare

Chairini Putong - wolipop Minggu, 17 Jan 2021 11:00 WIB
Portrait of beautiful asian woman makeup of cosmetic, girl hand touch cheek and smile attractive, face of beauty perfect with wellness isolated on white background with skin healthcare concept. Ilustrasi manfaat minyak zaitun untuk kulit dan kesehatan. Foto: Getty Images/iStockphoto/narith_2527
Jakarta -

Kamu pasti sudah familiar dengan minyak zaitun. Minyak alami ini adalah lemak cair yang diperoleh langsung dari buahnya. Namun, tahukah kamu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan?

Minyak zaitun yang selama ini identik sebagai bahan memasak memiliki berbagai manfaat. Khasiat minyak zaitun untuk kecantikan misalnya dapat mengatasi masalah rambut hingga kulit berjerawat. Mau tahu apalagi manfaat minyak zaitun?

Berikut manfaat minyak zaitun untuk kulit, rambut, dan kesehatan serta cara penggunaannya:

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit

1. Melembabkan Kulit

Seperti dilansir dari Stylecraze, minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat melindungi kulit dari sinar UV. Cara penggunaannya mudah, cukup memijatkan minyak zaitun pada kulit setelah mandi lalu biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Olive oil bottle in the kitchenMnafaat minyak zaitun. Foto: Getty Images/iStockphoto/MileA

2. Atasi Kulit Berjerawat

Minyak zaitun juga dapat mengobati peradangan dan jerawat. Kamu dapat mencampurkan 2 sendok teh minyak zaitun, 1/4 cangkir madu, dan 1/3 cangkir yoghurt lalu oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Bilas bersih dengan air hangat.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

3. Menjaga Rambut Tetap Sehat

Kombinasi 1/2 cangkir minyak zaitun, 2 sendok makan madu, dan kuning telur dapat menjaga rambut tetap sehat. Campurkan semua bahan, oleskan pada rambut, dan biarkan selama 20 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat dan gunakan conditioner.

4. Membuat Rambut Berkilau

Siapkan secangkir minyak zaitun dan oleskan pada rambut, terutama di kulit kepala dan ujungnya. Biarkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air hangat. Minyak zaitun akan membuat rambut berkilau dan mengurangi iritasi kulit kepala.

Olive oil bottle in the kitchenManfaat minyak zaitun. Foto: Getty Images/iStockphoto/MileA

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

5. Membantu Mencegah Kanker Payudara

Sebuah penelitian di Spanyol menemukan, 62 persen wanita yang mengonsumsi makanan dengan kandungan minyak zaitun memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena kanker payudara. Untuk itu, minyak alami ini baik digunakan saat memasak.

6. Menurunkan Berat Badan

Jangan ragu gunakan minyak zaitun untuk dressing salad dan menumis makanan. Dalam studi yang diterbitkan Sekolah Medis Harvard, minyak zaitun terbukti membantu penurunan berat badan.

7. Mengontrol Kadar Kolestrol

Sebuah penelitian yang dilakukan Universidad Autonema de Madrid menemukan, diet kaya minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolestrol LDL dalam tubuh. Sebab, minyak zaitun mengandung lemak jenuh dan tak jenuh ganda dalam kadar minimum.

Itulah tujuh manfaat minyak zaitun mulai dari untuk kulit hingga kesehatan secara umum. Selamat mencoba dan merasakan manfaat minyak zaitun.

(eny/eny)