10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Rambut

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 12 Feb 2020 11:00 WIB
minyak zaitun Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Rambut / Foto: shutterstock
Jakarta -

Minyak zaitun dikenal memiliki segudang manfaat. Tidak hanya bagi kesehatan tubuh, minyak zaitun juga bermanfaat untuk wajah dan kulit. Kandungan Minyak zaitun sendiri di antaranya vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh). Agar lebih paham, berikut ini 10 manfaat minyak zaitun untuk wajah dan rambut.

Minyak Zaitun Bermanfaat Mengencangkan Kulit Wajah

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Rambut Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Rambut. Foto: iStock

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang pertama adalah mengencangkan kulit wajah. Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang dapat membantu menjaga kadar air pada kulit sehingga kulit akan terhindar dari keriput. Selain itu, minyak zaitun juga banyak mengandung polifenol. Polifenol adalah anti-oksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Oleh karena itu minyak zaitun dapat juga dijadikan sebagai cara mengencangkan wajah alami. Untuk memperoleh manfaat minyak zaitun untuk wajah caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok minyak zaitun dengan 1 sendok madu lalu gunakan sebagai masker wajah.

Minyak Zaitun Membantu Menghaluskan Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang kedua adalah menghaluskan wajah. Minyak zaitun dipercaya memiliki kandungan yang dapat membuat wajah terlihat dan terasa lebih halus. Jika ingin hasil yang maksimal kamu perlu melakukan cara ini dengan rutin.

Agar memperoleh manfaat minyak zaitun untuk wajah ini caranya adalah dengan mencampur minyak zaitun dengan buah pepaya dan menjadikannya sebagai masker wajah. Campurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan dua sendok makan minyak zaitun lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelahnya, bilas menggunakan air hangat. Pepaya memiliki kandungan enzim yang dapat membantu meregenerasi kulit. Selain itu, pepaya juga akan menjadi tabir surya alami bagi kulit.

Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah untuk mengecilkan pori-pori wajah. Zat linoleic yang terkandung pada minyak zaitun dipercaya selain dapat mengencangkan kulit juga mengecilkan pori-pori wajah. Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun yang satu ini kamu bisa menjadikannya sebagai masker wajah, sama seperti masker yang digunakan untuk mengencangkan kulit.

Memutihkan Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah lainnya yaitu untuk memutihkan wajah. Minyak zaitun memiliki kandungan polifenol yang dapat membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Kamu tidak perlu menggunakan produk-produk pemutih wajah, cukup dengan menggunakan minyak zaitun secara rutin setiap hari. Jika kamu rajin menggunakannya, secara perlahan kulit akan terlihat lebih cerah.

Mengatasi Kulit Kering

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Rambut Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Rambut. Foto: Thinkstock

Bagi pemiliki kuit kering, manfaat minyak zaitun untuk wajah yang satu ini akan sangat berguna dan penting. Minyak zaitun dapat menggantikan pelembab untuk mengatasi permasalahan kulit kering. Selain itu dengan menggunakan minyak zaitun kamu juga tidak perlu takut akan serangan radikal bebas. Minyak zaitun juga dapat berfungsi untuk mengurangi peradangan pada kulit wajah.

Menyembuhkan Jerawat

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yaitu sebagai salah satu bahan herbal alami untuk menyembuhkan jerawat. Minyak zaitun memiliki kandungan yang dapat mencegah jerawat, seperti antioksidan, anti bakteri, dan anti peradangan. Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun yang satu ini kamu perlu mengaplikasikan langsung minyak zaitun ke seluruh wajah sambil dipijat dengan lembut. Lakukan selama 4 hingga 5 menit dan setelahnya diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bersihkan wajah menggunakan kain lap bersih dan hangat.

Menghapus Makeup

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Rambut Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Rambut. Foto: iStock

Selain dapat dijadikan sebagai masker perawatan wajah, minyak zaitun juga dapat berfungsi untuk menghapus makeup pada wajah. Tidak heran banyak produk-produk cleansing oil yang terbuat dari minyak zaitun. Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah ini, kamu hanya perlu menjadikan minyak zaitun seperti layaknya cleansing oil yang biasa digunakan untuk menghapus makeup. Kandungan minyaknya tersebut dapat mengangkat makeup yang menempel pada wajah dengan baik.

Merawat Kesehatan Rambut

Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan rambut yang selanjutnya adalah untuk merawat kesehatan rambut. Rambut yang sering terkena proses styling atau kimia seperti pewarnaan, smoothing, atau pengeritingan biasanya akan mengalami kerusakan, misalnya patah-patah, mudah rontok, bercabang, kering, dan sebagainya. Oleh karena itu, rambut membutuhkan nutrisi untuk mengembalikan kesehatannya. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang dapat membuat rambut semakin tebal dan bersinar. Gunakan minyak zaitun secara rutin sebagai masker rambut untuk hasil yang maksimal.

Menebalkan Alis

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan RambutFoto: iStock

Selain rambut pada kepala, manfaat minyak zaitun untuk wajah dan rambut lainnya adalah untuk menebalkan alis. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang dapat membuat alis menjadi lebih tebal. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun sebelum tidur pada alis dan biarkan semalaman. Bersihkan keesokan harinya sambil mencuci muka.

Memanjangkan Bulu Mata

Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan rambut yang terakhir adalah untuk memanjangkan bulu mata. Bagi kamu yang menginginkan bulu mata yang panjang secara alami maka kamu bisa mencoba menggunakan minyak zaitun di rumah. Kamu bisa mengaplikasikan minyak zaitun pada bulu mata dengan menggunakan spoolie agar tidak berantakan, sesaat sebelum tidur. Lalu diamkan ssemalaman dan cuci keesokan harinya.



Simak Video "Tips Tampil Manis dengan Blush On Natural ala Jessica Iskandar"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)