5 Cara Meredakan Nyeri Haid Mudah dan Bisa Dijadikan Pertolongan Pertama

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 02 Jan 2021 08:00 WIB
Ilustrasi nyeri haid Ilustrasi Nyeri Haid / Foto: shutterstock
Jakarta -

Nyeri haid adalah salah satu hal yang biasa dirasakan oleh para wanita saat mengalami menstruasi. Tingkat keparahan nyeri haid bisa beragam, ada yang ringan hingga berat dan mengganggu aktivitas. Namun tak perlu takut karena ada beberapa cara meredakan nyeri haid yang mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Nyeri haid sendiri biasanya ditimbulkan karena dinding otot rahim mengalami kontraksi yang kuat. Hal itu yang kemudian menyebabkan tekanan pada pembuluh darah dan sekitarnya. Akibatnya, oksigen yang akan dibawa ke rahim jadi terhambat dan membuat bagian bawah perut jadi terasa nyeri.

Agar kamu bisa terhindar dari nyeri haid tersebut, kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini. Seperti dikutip dari Beautynesia.id, berikut ini 5 cara meredakan nyeri haid mudah dan bisa dijadikan pertolongan pertama.

Cara Meredakan Nyeri Haid

1. Kompres Perut

Kamu bisa meredakan nyeri haid dengan mengompres perut dengan air hangat. Caranya mudah, basahi handuk dengan air hangat atau dengan mengisi botol dengan air hangat, lalu tempelkan pada perut bagian bawah yang terasa nyeri. Hal ini dapat membantu otot rahim dan organ sekitarnya rileks yang otomatis dapat meredakan kram pada perut.

2. Olahraga Ringan

Jika kamu berpikir sebaiknya menghindari olahraga saat haid, maka kamu salah besar. Karena olahraga sangat membantu meredakan nyeri saat haid. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, yoga, atau bersepeda ringan.

Namun, jika nyeri haid yang kamu rasakan membuatmu sulit melakukan olahraga, sebaiknya jangan dipaksakan. Akan lebih baik lagi, jika kamu melakukan olahraga rutin. Karena dengan olahraga rutin akan mengurangi nyeri haid yang kamu rasakan setiap bulan, lho.

3. Pijat

Pijatan lembut pada bagian perut dapat membuat otot-otot panggul rileks dan mengurangi kram, lho. Sebelum melakukan pijat kamu bisa mengoleskan minyak pijat atau body lotion agar lebih mudah saat dipijat.

4. Menghindari Celana Ketat

Saat nyeri haid, usahakan tidak memakai celana yang ketat. Karena celana ketat dapat membuat perutmu semakin tertekan, sehingga dapat memperparah nyeri haid yang kamu rasakan. Menggunakan celana yang ketat memang tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu, kurangi menggunakan celana yang ketat mulai dari sekarang ya.

5. Minum Obat Pereda Nyeri

Hal ini dapat dilakukan, jika poin di atas sudah kamu lakukan tapi tidak juga dapat meredakan nyeri haidmu. Kamu bisa membeli obat Pereda nyeri di apotik terdekat, atau minta resepnya dari dokter.

Itulah beberapa cara meredakan nyeri haid yang bisa segera kamu lakukan di rumah. Jika nyeri haid yang kamu rasakan semakin parah atau terus berlanjut lebih dari 2-3 hari, maka kamu bisa memeriksakannya ke dokter.

(vio/vio)