6 Tips Awet Muda yang Aman dan Sehat, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Vina Oktiani - wolipop Senin, 14 Des 2020 19:30 WIB
Attractive smiling woman with a white towel on her head dressed in bathrobe looks at herself in the mirror in stylish bathroom after morning shower. Beauty concept. Foto: iStock
Jakarta -

Tips awet muda yang aman dan bisa dilakukan di rumah ini bisa menjadi solusi serta jawaban bagi kamu yang mendambakan penampilan yang lebih muda. Apakah kamu salah satunya?

Penampilan awet muda sendiri sebenarnya bisa disebabkan dari beragam faktor, salah satunya adalah faktor genetik atau keturunan. Beberapa orang memang terlahir dengan wajah yang terlihat lebih awet muda jika dibandingkan dengan orang-orang seusianya.

Selain itu, penampilan awet muda juga bisa didapatkan melalui beberapa cara, seperti dengan mengonsumsi makanan sehat serta tidur yang cukup. Dilansir dari Beautynesia.id, berikut ini 6 tips awet muda yang aman dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Tips Awet Muda

1. Rawat Kulit

Woman applying facial maskTips Awet Muda dengan Merawat Kulit. Foto: Thinkstock

Merawat kulit dengan cara selalu menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit kamu. Hindari paparan sinar matahari langsung dengan cara melindungi kulit dengan sunscreen serta menggunakan sunglasses apabila diperlukan. Ingat, selalu pakai sunscreen baik di dalam dan di luar rumah.

2. Perhatikan Asupan Makanan

Asupan makanan dengan nutrisi yang baik akan sangat berpengaruh pada kesehatan hingga kita tua nanti. Maka dari itu, perlu diperhatikan apa yang kamu masukkan ke dalam tubuh kamu. Hal paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah perbanyak konsumsi buah dan sayuran ke dalam makanan mu sehari-hari, terutama yang kaya akan antioksidan.

Konsumsi lah makanan yang mengandung protein, zat besi, lemak sehat, kalsium. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Karena prinsipnya adalah, you are what you eat.

3. Olahraga

Young sporty woman practicing yogaTips awet muda dengan rutin berolahraga. Foto: iStock

Rajin berolahraga bisa meningkatkan kualitas hidup. Olahraga dapat menurunkan resiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes yang dapat memicu proses penuaan lebih cepat. Kamu tidak perlu berolahraga yang berat, kamu bisa sesuaikan dengan hobi kamu. Seperti basket, berenang, gymnastic, ataupun yoga.

4. Perbanyak Istirahat

Ketika kamu banyak melakukan aktifitas, pastikan kamu memiliki pola tidur yang baik. Karena ketika tidur, tubuh dan otak beristirahat sehingga proses regenerasi lebih maksimal. Tidur minimal dalam waktu 8 jam ya.

5. Hindari Pemakaian Makeup Berlebih

Woman applying black mascara on eyelashes with makeup brush. Young beautiful woman applying mascara makeup on eyes at bathroom. Beautiful brunette girl applying makeup on eyes in the morning time.Tips awet muda dengan mengurangi pemakaian makeup. Foto: iStock

Hindari pemakaian makeup yang belerbihan. Karena terlalu banyak menggunakan makeup dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan dapat menimbulkan kerutan halus pada wajah. Gunakan makeup apabila ada acara-acara yang penting, seperti pesta atau acara lainnya. Selain itu, agar kulit dan pori-pori kita juga dapat bernapas. Jangan lupa sehabis menggunakan makeup, kalian harus membersihkannya dengan baik dan benar ya.

6. Kurangi Stress

Stress yang berlebih dapat membuat kulit kamu lebih cepat dalam pembentukan keriput. Selain itu dapat memicu penyakit yang lainnya seperti migrain, epilepsi, dan lainnya. Kunci awet muda adalah jiwa raga yang sehat serta suasana hati yang tenang.

Agar terhindar dari rasa stress yang berlebih, kamu bisa melakukan kegiatan yang lebih positif seperti mengikuti organisasi sosial, kegiatan bakti sosial, berkumpul dengan kerabat dan keluarga, serta melakukan kegiatan sesuai dengan hobi dan passion kamu. Jangan lupa untuk tertawa agar beban di hidup kamu sedikit terlepas!

Itulah 6 tips awet muda yang bisa kamu coba ikuti di rumah. Dengan mengikuti tips-tips di atas, selain bisa membantumu memperoleh penampilan awet muda, pastinya kamu juga akan menjadi lebih sehat. Selamat mencoba!

(vio/vio)