6 Aturan Memakai dan Melepas Masker, Cara Kamu Sudah Benar?

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 19 Nov 2020 07:00 WIB
Young woman wearing face mask because of air pollution in the city Foto: Istock
Jakarta -

Memakai masker menjadi hal yang wajib dilakukan ketika ke luar rumah dan bertemu dengan banyak orang. Meski sudah berbulan-bulan mengenakannya, apa kamu yakin cara memakai masker selama ini sudah benar? Memakai dan melepas masker dengan baik dan benar penting untuk menjaga diri dan orang sekitar dari virus dan penyakit menular lainnya.

Dilansir haibunda.com, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa masker digunakan sebagai strategi tindakan komprehensif untuk menekan penularan dan menyelamatkan nyawa manusia di masa pandemi. Masker juga bisa mengurangi potensi risiko pajanan orang yang terinfeksi, baik mereka yang memiliki gejala atau tidak. Karenanya, mengetahui cara memakai dan melepas masker yang benar penting diperhatikan.

"Jadikanlah kebiasaan menggunakan masker sebagai hal yang biasa, terutama saat berada bersama orang lain," tulis WHO, dalam laman resminya.

Dalam lingkungan yang lebih luas di mana virus menyebar masker harus dipakai jika menjaga jarak sulit dilakukan. Salah satu contoh saat berada di ruangan yang ramai dan memiliki ventilasi buruk, transportasi umum, dan tempat padat penduduk.

Penggunaan masker sebaiknya tidak dalam waktu lama. Masker bisa diganti setiap empat jam sekali atau ketika masker sudah basah.

Mengganti masker untuk melindungi diri dari COVID-19 enggak boleh sembarangan. Jika tidak, masker justru tidak efektif mengurangi risiko penularan.

Melansir dari Buku Saku Pencegahan Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19 oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, berikut 6 cara memakai masker dan melepasnya yang benar. Catat yuk!

1. Sebelum menyentuh masker, cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, atau bersihkan tangan menggunakan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol.

2. Ambil masker dan lakukan pemeriksaan untuk melihat ada atau tidak sobekan atau lubang. Perhatikan juga sisi luar dan atas masker (pada masker medis adalah tempat pita logam berada).

3. Tempatkan masker di wajah anda, jepit pita logam pada bagian atas masker sesuai hidung kemudian tarik masker ke bawah hingga menutupi dagu dan mulut.

4. Jangan menyentuh masker pada saat Anda memakainya sebagai perlindungan.

5. Setelah digunakan, lepas masker dengan tangan yang sudah dicuci bersih, dengan melepaskan tali dari belakang telinga sambil menjauhkan masker dari wajah dan pakaian Anda.

6. Gunting atau sobek sekali pakai yang telah digunakan, lalu langsung buang ke tempat sampah. Untuk masker kain, segera lakukan pencucian dengan sabun dan air bersih.

Penggunaan masker saja tidak efektif mengurangi risiko tertular COVID-19. Untuk itu, jangan pernah bosan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan lainnya. Sehingga jangan lupa selalu #ingatpesanbunda #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun, sesuai imbauan #satgascovid19.

Itu lah cara memakai masker dan melepasnya yang baik dan benar! Jika bisa, ingatlah enam aturan tersebut agar kamu dan orang-orang sekitar terjaga dari virus dan penyakit menular.

(ami/ami)