Rachel Maryam dan Artis-artis yang Pendarahan Setelah Melahirkan

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 03 Okt 2020 19:00 WIB
Artis Rachel Maryam barpose sebelum mengikuti pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Sebanyak 575 anggota DPR terpilih dan 136 orang anggota DPD terpilih diambil sumpahnya pada pelantikan tersebut. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pd. Rachel Maryam mengalami pendarahan setelah melahirkan. Foto: Antara Foto
Jakarta -

Rachel Maryam mengalami pendarahan hebat setelah melahirkan. Anggota Fraksi Gerindra DPR RI ini pun sempat kritis karena pendarahannya tak kunjung berhenti hingga sempat memerlukan donor darah.

Seperti dipaparkan Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Rachel Maryam melahirkan bayinya lewat operasi caesar. Setelah operasi ia terus mengalami pendarahan.

Ditutup pendarahannya, ditutup perutnya tiba-tiba pendarahan lagi, hebat pendarahannya," kata Dasco kepada detikcom, Sabtu (3/10/2020).

Berbeda dengan kabar yang banyak tersiar di media sosial kalau politikus 40 tahun ini koma, faktanya, ia harus istirahat total demi memulihkan kondisinya. Dasco menjelaskan Rachel Maryam kini ditidurkan oleh dokter.

"Jadi sekarang ini bukan koma, tapi lagi ditidurkan sama dokter. Sengaja ditidurin supaya pemulihannya cepat," terang Wakil Ketua DPR ini.

Selain Rachel Maryam, sejumlah selebriti juga pernah mengalami pendarahan pascamelahirkan. Siapa saja?

1. Alice Norin

Alice NorinAlice Norin Foto: Instagram @alicenorin

Alice Norin melahirkan anak keduanya, Alana, pada 9 September 2020. Mengalami kondisi langka yang disebut Placenta Previa Totalis Accreta (pembuluh darah plasenta tumbuh terlalu dalam di dinding rahim), wanita 33 tahun ini sempat pendarahan hebat setelah melahirkan.

Ibu dua anak ini harus dilarikan ke ICU jarena kehilangan hingga 3 liter darah. Ia pun dirawat di kamar perawatan intensif selama dua hari sebelum dipertemukan dengan putrinya yang baru lahir.

Alice Norin sudah mengetahui kondisinya itu sebelum melahirkan Alana. Dokter sudah memperingatkannya untuk menyiapkan mental jika risiko pendarahan tak terelakkan.

"Jadi lahiran dulu baru operasi dan blood lossnya sampai tiga liter dan itu sudah diprediksi persiapan kantong darah dan lainnya karena darahnya cepat banget, keluarnya cepat dan keluar pasti banyak. Dokternya harus benar-benar jago untuk berhentiin pendarahan itu," ungkapnya.

2. Siti Nurhaliza

Siti NurhalizaSiti Nurhaliza. Foto: Anggi Mayasari / Wolipop

Siti Nurhaliza melahirkan bayinya melalui operasi caesar pada 19 Maret 2018. Setelah persalinan, penyanyi asal Malaysia ini sempat mengalami pendarahan, sehingga ia harus dirawat di rumah sakit selama beberapa hari.

Siti Nurhaliza dan sang suami, Datuk Khalid Jiwa, dikaruniai anak pertama setelah 12 tahun menikah. Sang purti pun mereka beri nama Siti Aafiyah Binti Khalid.

3. Vivian Hsu

Aktris dan penyanyi Taiwan Vivian Hsu.Aktris dan penyanyi Taiwan Vivian Hsu. Foto: Instagram/@vivianhsu.ironv

Artis Taiwan Vivian Hsu juga mengalami pendarahan hebat saat melahirkan anak pertamanya. Penyanyi dan aktris 45 tahun ini dikaruniai bayi laki-laki pada 13 Agustus 2018.

Vivian Hsu melahirkan melalui operasi caesar dan berhasil membawa bayinya ke dunia yang diberi nama Dalton Lee. Kehamilan Vivian Hsu memang terbilang berisiko. Saat hamil dia harus istirahat total alias bedrest, namun tetap saja mengalami pendarahan.

4. Tori Spelling

WESTWOOD, CA - JUNE 30:  Tori Spelling attends the Columbia Pictures and Sony Pictures Animation's world premiere of 'Hotel Transylvania 3: Summer Vacation' at Regency Village Theatre on June 30, 2018 in Westwood, California.  (Photo by Christopher Polk/Getty Images)Tori Spelling. Christopher Polk/Getty Images

Mantan bintang Beverly Hills 90210 Tori Spelling pernah mengalami komplikasi setelah melahirkan anak ketiganya, Hattie. Kala itu, dia pendarahan hingga harus dirawat.

Namun hanya beberapa minggu setelah melahirkan, aktris dan penulis 47 tahun ini kembali dilarikan ke rumah sakit dan dirawat karena migrain. Pendarahan tak membuat Tori Spelling takut hamil lagi. Setelah Hattie lahir, ia kembali hamil lagi dan menambah dua anak di dalam pernikahannya bersama Dean McDermott.

Itulah sejumlah artis yang pernah mengalami pendarahan hebat setelah melahirkan. Termasuk Rachel Maryam yang kini harus istirahat total karena kondisinya.



Simak Video "Digaji Rp 367 Juta, Ini Fasilitas Jadi Asisten Magang Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)