Cara Aman Simpan Masker Kain Jika Harus Dilepas saat Keluar Rumah

Hestianingsih - wolipop Minggu, 20 Sep 2020 15:52 WIB
Masker Kain Tips memakai masker kain (Foto: iStock)
Jakarta -

Masker kain jadi salah satu protokol kesehatan yang harus diterapkan selama masa pandemi COVID-19. Meskipun tidak seefektif masker medis atau N95 yang sekali pakai, masker kain tetap menjadi alternatif yang lebih baik untuk mencegah penularan virus, ketimbang tidak memakai perlindungan sama sekali.

Namun tidak cukup hanya dengan memakai masker ketika ke luar rumah. Cara menyimpan masker juga tak kalah penting terutama jika seseorang sedang sakit.

Seperti diketahui, fungsi dari masker adalah menyaring droplet dan memerangkap partikel apapun yang ada di dalamnya. Hal ini membuat masker yang kamu pakai justru bisa jadi sumber penyebaran bakteri maupun virus Corona jika cara penyimpanannya tidak tepat.

Jika masker kain dipakai seharian tanpa dilepas mungkin tidak akan jadi masalah. Tapi mau tidak mau, masker harus dilepas saat minum, atau makan. Nah, di momen inilah timbul risiko penularan virus lewat masker apabila tidak disimpan dengan benar.

Lantas bagaimana cara menyimpan masker yang benar saat di luar rumah?

Ada dua alternatif. Pertama, selalu bawa kantong kertas kecil yang bisa muat dalam tas. Kamu bisa memasukkan masker kain ke kantong saat makan, minum, atau sekadar untuk menghirup napas lebih lega. Jangan pernah menaruh masker begitu saja tanpa kantong karena partikel virus yang mungkin menempel pada masker bisa tersebar ke semua barang di dalam tas.

Pilihan kedua menyimpannya dalam tas plastik zip-lock. Tas zip-lock memiliki pengunci kedap udara sehingga lebih aman ketika dimasukkan ke tas atau ditenteng dengan tangan.

"Pertimbangkan untuk membawa tas kecil yang bisa ditutup supaya masker tetap bersih, kering dan tidak rusak," saran Amanda Castel, profesor epidemiologi dari George Washington University, Milken Institute School of Public Health, seperti dikutip dari The Huffington Post.

Perhatikan juga posisi masker saat disimpan. Castel menyarankan agar selalu melepas masker dengan cara memegang bagian tali telinga. Selalu cuci tangan atau pakai hand sanitizer sebelum melepas masker.

Setelah dilepas, lipat masker jadi dua bagian. Pastikan area yang kontak langsung dengan mulut berada di lapisan dalam. Bersihkan kembali kedua tangan jika ingin minum atau makan.

"Selalu jaga masker tetap bersih dan cuci tangan sebelum dan setelah melepas masker untuk mengurangi risiko transmisi virus," tambah Amanda.



Simak Video " Wujud Masker Rp 22 Miliar Bikinan Israel Berlapis Emas dan Berlian"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)