9 Cara Menggemukkan Badan Secara Alami Tanpa Obat

Lukita - wolipop Selasa, 21 Jul 2020 13:56 WIB
Shot of a young woman weighing herself on a scale Cara menggemukkan badan. Foto: iStock
Jakarta -

Bagaimana cara menggemukkan badan? Buat kamu yang merasa memiliki tubuh terlalu kurus, perlu memerhatikan kondisi tubuhmu. Banyak riset memperlihatkan risiko kesehatan yang mengintai ketika tubuh seseorang terlalu kurus atau berada di bawah batas normal indeks massa tubuh.

Penelitian yang dilakukan Dr. Joel Ray asal Kanada mengungkapkan, mereka yang memiliki indeks masa tubuh kurang dari 18,5 berisiko meninggal lebih cepat ketimbang yang indeks massa tubuhnya normal yaitu antara 18,5 sampai 24,9.

Buat kamu yang sedang mencari cara menggemukkan badan, Wolipop telah merangkum beberapa tipsnya berikut ini:

1. Latihan Kardiovaskular

Beberapa orang cenderung berhenti melakukan kardiovaskular ketika mereka berusaha menambah berat badan. Padahal olahraga ini bagus untuk menjaga kesehatan jantung, paru-paru dan otak. Kamu bisa melakukan olahraga seperti lari, berenang dan bersepeda karena baik untuk melakukan latihan kardiovaskular selama 20 menit. Lakukan tiga kali seminggu daripada tidak melakukannya sama sekali.

2. Jangan Sampai Kekurangan Gizi

Selama ini sayur dianggap sebagai makanan diet. Padahal nyatanya sayur juga bisa jadi makanan yang bisa menggemukkan badan. Mengonsumsi sayuran rendah kalori tetap harus dilakukan ketika sedang proses menaikkan berat. Sayuran merupakan sumber penting vitamin dan mineral. Kalau tidak cukup makan sayur dapat menyebabkan kekurangan gizi.

3. Makan 3-5 Kali Per Hari

Cara ampuh menggemukkan badan adalah menambah porsi makan. Makan tiga hingga lima kali sehari dapat memudahkan kamu menambah asupan kalori per hari. Makan ringan atau ngemil di antara waktu makan juga dapat membantu meningkatkan jumlah kalori dalam makanan.

Para artis yang olahraga angkat beban.Latihan beban bisa menjadi cara menggemukkan badan. Foto: Instagram

4. Latihan Beban

Olahraga yang dapat menggemukkan badan salah satunya adalah latihan beban. Melakukan latihan beban setidaknya tiga kali seminggu sangat penting untuk menambah berat badan yang sehat. Karena olahraga ini akan membantu dalam mendapatkan massa otot tanpa lemak. Kamu perlu mengembangkan latihan beban dengan menambah repetisi atau set. Ini termasuk angkat berat yang melibatkan beberapa kelompok otot seperti deadlift, squat, dan bench press.

5. Makan Protein yang Cukup

Menjalankan program diet menambah berat badan dengan jumlah protein yang tepat akan mendukung pertumbuhan otot. Dikombinasikan dengan latihan beban teratur, mengonsumsi 0,8-2 gram protein akan meningkatkan massa otot seseorang. Makanan tinggi protein di antaranya telur dan kacang-kacangan.

6. Makan Dengan Karbohidrat Berserat dan Lemak Sehat

Memakan makanan yang kaya karbohidrat berserat dan lemak sehat setiap hari akan membantu meningkatkan jumlah kalori dan nutrisi dalam makanan. Makanan ini menyediakan sumber energi penting untuk mempertahankan rutinitas olahraga teratur yang mendukung pertumbuhan otot.

7. Minum Protein Shake

Bagi kamu yang ingin menggemukkan badan namun memiliki nafsu makan kecil dapat meminum shake atau kalori yang tinggi. Minuman shake dapat membantu memberikan nutrisi tanpa membuat kamu merasa terlalu kenyang.

8. Cari Bantuan Dari Profesional Kesehatan

Konsultasi dengan ahli diet dapat menjadi solusi bagi kamu yang ingin menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu atau target lainnya. Dokter gizi atau ahli diet bisa memberikan motivasi dan saran yang berguna. Kamu bisa mendapatkan kenaikan berat badan yang sehat dan daftar rencana makan untuk meningkatkan asupan kalori.

9. Jangan Cepat Menyerah

Menggemukkan badan hampir sama prosesnya dengan menurunkan berat badan, jadi kamu butuh kesabaran dan tekad yang kuat. Karena semua butuh waktu dan proses tidak mungkin hasilnya didapat dengan cepat, apalagi setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Mungkin ada yang butuh waktu lebih lama dalam menambah berat badan daripada lainnya.

Itulah sembilan cara menggemukkan badan tanpa obat yang dapat kamu lakukan. Semoga berhasil ya.



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)