Riset: Stres Bisa Berkurang 65% Saat Mendengarkan Lagu dari Band Ini

Lukita Wardani - wolipop Rabu, 15 Jul 2020 14:13 WIB
Portrait of a happy girl listening music on line with wireless headphones from a smartphone in the street in a summer sunny day Manfaat mendengarkan musik bisa mengurangi stres. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Musik memiliki dampak positif bagi otak dan membantu kamu menghadapi hari yang buruk sehingga suasana hati bisa kembali meningkat. Ahli saraf dari Inggris baru-baru ini menemukan bukti musik dapat menghilangkan stres hingga 65%.

Menurut penelitian dari ahli saraf di Inggris itu, lagu 'Weightless' dari band Marconi Union mampu mengurangi tingkat relaksasi yang lebih besar dibanding musik lainnya. Hal ini disebabkan komposisi indah dari gitar, piano dan suara alami yang dihasilkan secara elektronik.

Dalam studi tersebut, peserta diminta untuk memecahkan teka-teki rumit yang cenderung membuat stres. Mereka diberikan lagu yang berbeda untuk mengukur aktivitas otak. Para peneliti kemudian mencatat detak jantung, pernapasan dan tekanan darah peserta. Disimpulkan ketika peserta mendengarkan lagu Weightless darn Marconi Union tersebut kecemasannya berkurang hingga 65% dan tingkat istirahat fisiologis mereka biasa turun 35%.

Nada musik yang teratur dapat membantu memperlambat detak jantung pendengar, mengurangi tekanan darah dan mengurangi stres dalam tubuh. Dalam lagu tersebut mengandung banyak prinsip musik yang menggabungkan semuanya dengan sempurna sehingga memiliki efek menenangkan pada otak.

Musik tidak mengenal bahasa dan tidak memiliki batasan usia, sehingga memiliki dampak unik pada pikiran kamu yang membantu menghilangkan rasa sakit. Meskipun tidak jelas bagaimana musik dan rasa sakit terhubung secara tepat namun ini diyakini bahwa pelepasan dopamine mungkin memiliki beberapa peran untuk dimainkan di dalamnya.

Selain dapat mengatasi stres, mempelajari alat musik dapat meningkatkan keterampilan penalaran dan motorik seseorang. Penelitian menunjukan bahwa anak-anak yang dapat memainkan alat musik memiliki keterampilan kosakata dan penalaran nonverbal yang lebih baik.

Musik dapat dinikmati oleh semua umur, penelitian menunjukan bahwa mendengarkan musik klasik dapat membantu meningkatkan daya ingat pada pasien alzheimer dan demensia. Selain itu musik juga dapat meningkatkan perhatian visual seseorang.



Simak Video "Dengerin Musik Bertempo Lambat dan Nyanyi Bersama Bisa Minimalisasi Stres"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)